Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul 5 Aktivitas Ritmik Praktek 3

Modul 5 Aktivitas Ritmik Praktek 3

Ratings: (0)|Views: 320 |Likes:

More info:

Published by: Widia 'Diah' Firstbutreerd on Sep 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2013

pdf

text

original

 
 
Modul 5
Aktivitas Ritmik melalui Pola Langkahdan Langkah Terpola
Pendahuluan
Sumber belajar untuk pembelajaran aktivitas ritmik sungguh amat kaya. Di masyarakatsendiri telah hidup dan berkembang berbagai aktivitas dansa dan tarian yang dapatdimanfaatkan, termasuk di dalamnya dansa-dansa yang didasari langkah terpola sepertiirama walsa, cha-cha, hingga rhumba. Namun demikian, ada kecenderungan bahwa guruPenjas banyak yang tidak akrab dengan langkah-langkah terpola tersebut, sehinggapelajaran aktivitas ritmik di sekolah tidak pernah menghadirkan langkah-langkah terpolatersebut. Ini berakibat pada tidak dikenalnya aktivitas ritmik yang menyenangkantersebut oleh masyoritas anak sekolah di Indonesia.Untuk mengubah kondisi tersebut, modul 5 ini akan memperkenalkan beberapa langkahberpola, yaitu walsa dan cha-cha, dengan memberikan dasar-dasar pola langkah danirama yang paling dasar sebelumnya, yaitu pola langkah 1, pola langkah 2, pola langkah3, dan pola langkah 4, serta irama Mars.Dengan jalan pemikiran seperti itu, modul 5 ini dibagi ke dalam 3 kegiatan belajar.Kegiatan Belajar 1 mengupas tentang pola-pola langkah dan pembelajaran sertapenilaiannya. Kegiatan Belajar 2 menguraikan petunjuk tentang penggunaan pola-polalangkah yang dipelajari dalam kegiatan belajar 1 dalam rangkaian sebuah irama, yaituirama Mars. Dan Kegiatan Belajar 3 ditutup dengan pembelajaran tentang dansa yangdidasari oleh langkah terpola, yang diwakili oleh langkah terpola walsa dan cha cha.Setelah mempelajari modul 1 ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuandalam:1. Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup pembelajaran pola langkah dan langkah-langkah terpola dalam aktivitas ritmik di sekolah dasar.2. Menjelaskan tujuan, manfaat, dan cara-cara pembelajaran pola langkah dan langkah-langkah terpola dalam aktivitas ritmik di sekolah dasar.3. Menjelaskan cara-cara mengevaluasi pembelajaran aktivitas ritmik dalam pola-polalangkah dan langkah terpola yang bersifat otentik dan berbasis kompetensi.Agar penguasaan Anda terhadap materi modul ini cukup komprehensif, disarankanagar Anda dapat mengikuti petunjuk belajar di bawah ini:1)
 
Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Anda memahami betulapa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari modul ini.2)
 
Baca sepintas bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci atau konsep yangAnda anggap penting. Tandai kata-kata atau konsep tersebut, dan pahamilah denganbaik dengan cara membacanya berulang-ulang, sampai dipahami maknanya.
 
 
3)
 
Pelajari setiap kegiatan belajar sebaik-baiknya. Jika perlu baca berulang-ulang sampaiAnda menguasai betul, terutama yang berkaitan dengan aturan serta gerakan yangdideskripsikan. Kalau perlu Anda harus mempraktekkan langsung aturan dan gerakantersebut, agar diketahui maksudnya.4)
 
Untuk memperoleh pemahaman lebih dalam, bertukar pikiranlah dengan sesamateman mahasiswa, guru, atau dengan tutor anda.Selamat mencoba, semoga sukses.
 
  Kegiatan Belajar 1
 Pembelajaran Pola Langkah
 
Pola langkah adalah langkah-langkah yang dipolakan secara mendasar, sehingga bersifatmenetap dalam polanya, dan mempunyai ciri yang mudah dikenali. Dalam irama langkahmanusia, pola langkah ini dapat dibedakan menjadi empat macam pola langkah, yaitu:a.
 
Pola langkah 1b.
 
Pola Langkah 2c.
 
Pola Langkah 3d.
 
Pola langkah 4Mengingat sifatnya yang sangat fungsional dalam berbagai gerak tari dan dansa, pola-pola langkah ini dapat digunakan guru untuk memperkenalkan irama kepada anak-anak.
B. Tujuan Pembelajaran Pola Langkah
Mengajarkan tepukan nampaknya hanya kegiatan yang remeh temeh. Tetapi jika
dilakukan dengan tepat, pembelajaran yang nampaknya tidak “luar 
-
 biasa” ini akan
menjadi pembelajaran yang berguna bagi anak-anak.Pembelajaran aktivitas ritmik secara umum dapat diarahkan untuk meningkatkankepekaan rasa irama anak. Dimilikinya kepekaan irama akan menjadikan segala aktivitasgeraknya menjadi lebih teratur, sehingga tidak menimbulkan kejanggalan.Betapa banyak orang tua yang tidak memiliki kepekaan irama merana dalam hidupnya.Seluruh gerakannya kurang terkoordinasi, sehingga hampir-hampir tidak memilikiketerampilan berolahraga yang memadai sama sekali. Demikian juga dalam hal gerakantari, orang yang tidak memiliki kepekaan irama hampir-hampir tidak bisa mengikutiirama musik, sehingga gerakannya kaku dan tidak ekspresif. Bahkan, ketika dirinya harusbernyanyi, suaranya tidak mampu mengikuti ketukan, sehingga berjalan lebih dulu atau jauh di belakang iringan musik.Nah, pembelajaran aktivitas ritmik bagi anak-anak adalah sebuah upaya untuk membantuanak berkembang secara normal, tanpa harus mengalami kesulitan-kesulitan di atas.Kepekaan irama anak menjadi sasaran utama dari pembelajaran aktivitas ritmik, disamping turut membantu mengembangkan kemampuan koordinasi geraknya secaramemadai pula. Bahkan lebih jauh, aktivitas ini akan membantu anak menjadi orang yangmemiliki apresiasi yang baik terhadap nilai-nilai estetis gerak manusia.
C. Pembelajaran Pola Langkah
Pola Langkah 1

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
SoeBa DjoeGi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->