Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ETIKA LINGKUNGAN

ETIKA LINGKUNGAN

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,567 |Likes:
Published by Tasiwa Soendah

More info:

Published by: Tasiwa Soendah on Sep 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Krisis lingkungan hidup yang dihadapi manusia modernmerupakan akibat langsung dari pengelolaan lingkungan hidup yang“nir-etik”. Artinya, manusia melakukan pengelolaan sumber-sumberalam hampir tanpa peduli pada peran etika. Dengan demikian dapatdikatakan bahwa krisis ekologis yang dihadapi umat manusia berakardalam krisis etika atau krisis moral.Umat manusia kurang peduli pada norma-norma kehidupan ataumengganti norma-norma yang seharusnya dengan norma-normaciptaan dan kepentingannya sendiri. Manusia modern menghadapialam hampir tanpa menggunakan hati nurani. Alam begitu sajadieksploitasi dan dicemari tanpa merasa bersalah. Akibatnya terjadipenurunan secara drastis kualitas sumber daya alam seperti lenyapnyasebagian spesies dari muka bumi, yang diikuti pula penurunan kualitasalam. Pencemaran dan kerusakan alam pun akhirnya mencuat sebagaimasalah yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari manusia.Manusia merupakan sumber kelestarian dan kerusakanlingkungan. YB Mangunwijaya memandangnya sebagai oposisi ataukonflik antara manusia dan alam. Cara pandang dan sikap manusiaterhadap lingkungan hidupnya menyangkut mentalitas manusia itusendiri yang mempertanyakan eksistensinya di jaman modern inidalam kaitannya dengan waktu, tujuan hidup, arti materi dan yang ada”di atas” materi.Kenyataan bahwa manusia sedang berada dalam prosesperusakan lingkungan kehidupannya, lama-kelamaan mulai disadari diseluruh dunia. Hutan ditebang dengan akibat tanah longsor yangsemakin parah. Eropa dan Amerika Utara mengalami suatu kematianhutan-hutan yang semakin mengkhawatirkan. Hujan asam mematikankehidupan dalam danau-danau di Kanada. Kemampuan alam untukmembersihkan diri semakin digerogoti. Penggunaan pestisida secarabesar-besaran mengakibatkan merajalelanya hama seperti werengcoklat yang kebal terhadap obat pemberantasnya, penyakit malaria diseluruh dunia tropis dan lain-lainnya. (Franz Magnis Suseno).
Etika Lingkungan by Tria Sri Wahyuni
Page 1
 
Dengan demikian masalah lingkungan hidup tak lain adalah soalbagaimana mengembangkan falsafah hidup yang dapat mengatur danmengembangkan eksistensi manusia dalam hubungannya denganalam.
BAB IIISI
Isu-isu kerusakan lingkungan menghadirkan persoalan etikayang rumit. Karena meskipun pada dasarnya alam sendiri sudah diakuisungguh memiliki nilai dan berharga, tetapi kenyataannya terus terjadipencemaran dan perusakan. Keadaan ini memunculkan banyakpertanyaan. Apakah manusia sudah melupakan hal-hal ini ataumanusia sudah kehilangan rasa cinta pada alam? Bagaimanakahsesungguhnya manusia memahami alam dan bagaimana caramenggunakannya?Perhatian kita pada isu lingkungan ini juga memunculkanpertanyaan tentang bagaimana keterkaitan dan relasi kita dengangenerasi yang akan datang. Kita juga diajak berpikir kedepan.Bagaimana situasi alam atau lingkungan di masa yang akan datang?Kita akan menyadari bahwa relasi kita dengan generasi akan datang,yang memang tidak bisa timbal balik. Karenanya ada teori etikalingkungan yang secara khusus memberi bobot pertimbangan padakepentingan generasi mendatang dalam membahas isu lingkungan ini.Para penganut utilitirianisme, secara khusus, memandang generasiyang akan datang dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan sekarang.Apapun yang kita lakukan pada alam akan mempengaruhi mereka.Pernyataan ini turut memunculkan beberapa pandangan tentang etikalingkungan dengan kekhususannya dalam pendekatannya terhadapalam dan lingkungan.
A.PENGERTIAN ETIKA LINGKUNGAN
Etika lingkungan dapat diartikan sebagai dasar moralitas yangmemberikan pedoman bagi individu atau masyarakat dalamberperilaku atau memilih tindakan yang baik dalam menghadapi dan
Etika Lingkungan by Tria Sri Wahyuni
Page 2
 
menyikapi segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan sebagaikesatuan pendukung kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraanumat manusia serta makhluk hidup lainnya.Etika lingkungan yang baik akan dapat ikut menjadikan perilakukita semakin arif dan ramah terhadap lingkungan.
B.PAHAM ETIKA LINGKUNGAN
1.Etika EkologiEtika Lingkungan disebut juga Etika Ekologi. Etika Ekologiselanjutnya dibedakan menjadi dua yaitu
etika ekologi dalam
dan
etika ekologi dangkal 
. Selain itu etika lingkungan juga dibedakanlagi sebagai etika pelestarian dan etika pemeliharaan. Etika pelestarianadalah etika yang menekankan pada mengusahakan pelestarian alamuntuk kepentingan manusia, sedangkan etika pemeliharaandimaksudkan untuk mendukung usaha pemeliharaan lingkungan untukkepentingan semua mahluk.
a)Etika Ekologi Dalam
 Yang dimaksud Etika ekologi dalam adalah pendekatan terhadaplingkungan yang melihat pentingnya memahami lingkungan sebagaikeseluruhan kehidupan yang saling menopang, sehingga semua unsurmempunyai arti dan makna yang sama. Etika Ekologi ini memilikiprinsip yaitu bahwa semua bentuk kehidupan memiliki nilai bawaandan karena itu memiliki hak untuk menuntut penghargaan karenaharga diri, hak untuk hidup dan hak untuk berkembang. Premisnyaadalah bahwa lingkungan moral harus melampaui spesies manusiadengan memasukkan komunitas yang lebih luas. Komunitas yang lebihluas disini maksudnya adalah komunitas yang menyertakan binatangdan tumbuhan serta alam.Bagi etika ekologi dalam, alam memiliki fungsi sebagaipenopang kehidupan. Untuk itu lingkungan patut dihargai dandiperlakukan dengan cara yang baik. Etika ini juga disebut etikalingkungan ekstensionisme dan etika lingkungan preservasi. Etika ini
Etika Lingkungan by Tria Sri Wahyuni
Page 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->