Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi Antar Pribadi

Komunikasi Antar Pribadi

Ratings: (0)|Views: 87 |Likes:
Published by Ferry_Handu

More info:

Published by: Ferry_Handu on Sep 25, 2011
Copyright:Attribution Share Alike

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2012

pdf

text

original

 
Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal Communication)
Definisi KAP
 KAP adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih,baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang (Wiryanto, 2004).Komunikasi Interpersonal (KIP) adalah interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan nonverbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antarindividu di dalam kelompok kecil (Febrina, 2008).KIP Antara Dua Orang adalah komunikasi dari seseorang ke orang lain, dua arah interaksi verbaldan nonverbal yang menyangkut saling berbagi informasi dan perasaan.KIP Antara Tiga Orang/ lebih, menyangkut komunikasi dari orang ke beberapa oarng lain(kelompok kecil). Masing-masing anggota menyadari keberadaan anggota lain, memiliki minatyang sama dan/atau bekerja untuk suatu tujuan.
Pendekatan KAP
 Tiga pendekatan utama tentang pemikiran KAP berdasarkan:1.
 
Komponen-komponen utama.2.
 
Hubungan diadik.3.
 
PengembanganFaktor-faktor yang mem pengaruhi individu dalam KAPSebagaimana telah disinggung di atas bahwa komunikasi antarpribadi dimulai dari diriindividu. Tampilan komunikasi yang muncul dalam setiap kita berkomunikasi mencerminkankepribadian dari setiap individu yang berkomunikasi. Pemahaman terhadap proses pembentukankeperibadian setiap pihak yang terlibat dalam komunikasi menjadi penting dan mempengaruhikeberhasilan komunikasi. Dalam modul ini realita komunikasi antarpribadi dianalogikan sepertifenomena gunung es (the communication iceberg).Analogi ini menjelaskan bahwa ada berbagai hal yang mempengaruhi atau yang memberkontribusi pada bagaimana bentuk setiap tampilan komunikasi. Gunung es yang tampak,dianalogikan sebagai bentuk komunikasi yang teramati atau terlihat (visible/observable aspect)yaitu:1.
 
interactant, yaitu orang yang terlibat dalam interaksi komunikasi seperti pembicara, penulis,pendengar, pembaca dengan berbagai situasi yang berbeda.2.
 
symbol. Terdiri dari symbols (huruf, angka, kata-kata, tindakan) dan symbolic languagebahasa Indonesia, bahasa Inggris, dll)3.
 
media, saluran yang digunakan dalam setiap situasi komunikasi.
 
 Komponen-Komponen Utama
 Bittner (1985:10) menerangkan KAP berlangsung, bila pengirim menyampaikan informasiberupa kata-kata kepada penerima dengan menggunakan medium suara manusia
(human voice)
.Menurut Barnlund (dikutip dalam Alo Liliweri: 1991), ciri-ciri mengenali KAP sebagai berikut:1.
 
Bersifat spontan.2.
 
Tidak berstruktur.3.
 
Kebetulan.4.
 
Tidak mengejar tujuan yang direncanakan.5.
 
Identitas keanggotaan tidak jelas.6.
 
Terjadi sambil lalu.
 Hubungan Diadik
 Hubungan diadik mengartikan KAP sebagai komunikasi yang berlangsung antara dua orangyang mempunyai hubungan mantap dan jelas.Untuk memahami perilaku seseorang, harus mengikutsertakan paling tidak dua orang pesertadalam situasi bersama (Laing, Phillipson, dan Lee (1991:117).Trenholm dan Jensen (1995:26) mendefinisikan KAP sebagai komunikasi antara dua orang yangberlangsung secara tatap muka (komunikasi diadik). Sifat komunikasi ini adalah:1.
 
Spontan dan informal.2.
 
Saling menerima feedback secara maksimal.3.
 
Partisipan berperan fleksibel.Trenholm dan Jensen (1995:227-228) mengatakan tipikal pola interaksi dalam keluargamenunjukkan jaringan komunikasi.
 Pengembangan
 KAP dapat dilihat dari dua sisi sebagai perkembangan dari komunikasi impersonal dankomunikasi pribadi atau intim. Oleh karena itu, derajat KAP berpengaruh terhadap keluasan dankedalaman informasi sehingga merubah sikap.Pendapat Berald Miller dan M. Steinberg (1998: 274), pandangan developmental tentangsemakin banyak komunikator mengetahui satu sama lain, maka semakin banyak karakter antarpribadi yang terbawa dalam komunikasi tersebut.Edna Rogers (2002: 1), mengemukakan pendekatan hubungan dalam menganalisis proses KAPmengasumsikan bahwa KAP membentuk struktur sosial yang diciptakan melaluiproseskomunikasi. 
 
Ciri-ciri KAP menurut Rogers adalah:1.
 
Arus pesan dua arah.2.
 
Konteks komunikasi dua arah.3.
 
Tingkat umpan balik tinggi.4.
 
Kemampuan mengatasi selektivitas tinggi.5.
 
Kecepatan jangkauan terhadap khalayak relatif lambat.6.
 
Efek yang terjadi perubahan sikap.
Efektifitas KAP
 KAP merupakan komunikasi paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat atau perilakuseseorang.Menurut Kumar (2000: 121-122), lima ciri efektifitas KAP sebagai berikut:1.
 
Keterbukaan
(openess).
 2.
 
Empati
(empathy).
 3.
 
Dukungan
(supportiveness).
 4.
 
Rasa positif 
(positiveness).
 5.
 
Kesetaraan
(equality).
 Feedback yang diperoleh dalam KAP berupa feedback positif, negatif dan netral. Prinsipmendasar dalam komunikasi manusia berupa penerusan gagasan.David Berlo (1997:172) mengembangkan konsep empati menjadi teori komunikasi. Empattingkat ketergantungan komunikasi adalah:1.
 
Peserta komunikasi memilih pasangan sesuai dirinya.2.
 
Tanggapan yang diharapkan berupa umpan balik.3.
 
Individu mempunyai kemampuan untuk menanggapi, mengantisipasi bagaimanamerespon informasi, serta mengembangkan harapan-harapan tingkah laku partisipankomunikasi.4.
 
Terjadi pergantian peran untuk mencapai kesamaan pengalaman dalam perilaku empati.Berlo membagi teori empati menjadi dua:1.
 
Teori Penyimpulan
(inference theory),
orang dapat mengamati atau mengidentifikasiperilakunya sendiri.2.
 
Teori Pengambilan Peran
(role taking theory)
, seseorang harus lebih dulu mengenal danmengerti perilaku orang lain.Tahapan proses empati :1.
 
Kelayakan
(decentering).
 2.
 
Pengambilan peran
(role taking).
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->