Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya

Ratings: (0)|Views: 3,195 |Likes:

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Muhammad Yusuf Awaludin on Sep 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
 
Kelas XII IPS 2SMAN 1 Cianjur2011
Disusun Oleh
Khairul RizkiM. iqbal AbdurrahmanM. Yusuf AwaludinRisang Gelar G
 
Tugas Sejarah
1.
 
Carilah faktor yang melatarbelakangi terjadinya Pertempuran Surabaya! 2.
 
Carilah tokoh yang terlibat dalam Pertempuran Surabaya! 3.
 
Upaya yang dilakukan belanda untuk memenangkan Pertempuran Surabaya? 4.
 
Upaya pasukan indonesia untuk memenangkan Pertempuran Surabaya? 5.
 
Jelaskan proses terjadinya pertempuran surabaya! 6.
 
Jelaskan dampak Pertempuran Surabaya terhadap perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI secara militer! 7.
 
Jelaskan dampak Pertempuran Surabaya terhadap perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI secara Politik! 
Jawab :
1.
 
Kedatangan Tentara Inggris & Belanda
 Tentara Inggris datang ke Indonesia tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) yg dipimpin Brigjen Mallaby atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu,dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan perang yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Namun selain itu tentara Inggris yang datang juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada administrasi  pemerintahan Belanda sebagai negeri jajahan Hindia Belanda. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) ikut membonceng bersama rombongan tentara Inggris untuk tujuan tersebut. selain itu sekutu juga melakukan serangan ke penjara kalisosok dan membebaskan 
 AL Belanda “Kol. Huijer”, Pangkalan Udara, Pelabuhan Tj. Perak, Kantor Pos Besar dan 
Gedung Bank Internito. Hal ini memicu gejolak rakyat Indonesia dan memunculkan  pergerakan perlawanan rakyat Indonesia di mana-mana melawan tentara AFNEI dan  pemerintahan NICA.
Insiden di Hotel Yamato, Tunjungan, Surabaya
 Sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.Ch. Ploegman pada sore hari tanggal  18 September 1945, tepatnya pukul 21.00, mengibarkan bendera Belanda (Merah-Putih- Biru), tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya, di tiang pada tingkat teratas Hotel Yamato, sisi sebelah utara. Keesokan harinya para pemuda Surabaya melihatnya dan menjadi marah karena mereka menganggap Belanda telah menghina kedaulatan Indonesia,hendak mengembalikan kekuasan kembali di Indonesia, dan melecehkan gerakan pengibaran bendera Merah Putih yang sedang berlangsung di Surabaya.
Selain itu penyebab terjadinya Pertempuran Surabaya juga dikarenakan:
 
sekutu menyebar pamphlet yang berisi perintah agar rakyat Surabaya menyerahkan senjatanya dalam waktu 48 jam. 
 
Sekutu menduduki pangkalan udara dan gedung-gedung penting. 
 
9 Nomber 1945 sekutu mengeluarkan peringatan (ultimatum) : peringatan berisi agar  para pemimpin dan rakyat Indonesia yang bersenjata melapor dan menyerashkan senjata, apabila tidak dihiraukan Surabaya akan diserang. 
2.
 
Tokoh yang terlibat dalam Pertempuran Surabaya
 
Sekutu:
Brigjen Mallaby, Letnan Jendral Christison (Panglima Sekutu di Indonesia), Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh (yang mengeluarkan ultimatum 9 nov.), W.V.Ch.Ploegman (yang mengibarkan bendera Belanda di Hotel Oranye), D.C. Hawthorn, Brigadir Jendral Robert Guy Loder-Symonds, Kapten R.C. Smith.
Indonesia:
Residen Soedirman, Hariyono, Koesno Wibowo (orang yg merobek warna biru bendera Belanda,. KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah, Sutomo (Bung Tomo).
3.
 
Upaya yang Dilakukan Belanda dalam Pertempuran Surabaya
 
Letjen Sir Philip Christison mengerahkan 24000 pasukan tambahan untuk menguasai Surabaya ketika mendengar kabar kematian Brigjen Mallaby dan Ia meminta kepada pemerintah Indonesia menyerahkan orang-orang yang dicurigai membunuh Jendral Mallaby.
 
 
Mengeluarkan Ultimatum yang isinya:
“agar rakyat surabaya menyerahkan senjata 
dengan tangan diatas kepala dan menandatangani surat penyerahan dan ditahan 
sekutu paling lambat pukul 6 sore tgl 9 Nov 1945”.
 
 
Tanggal 10 November 1945 pukul 06.00, tentara Sekutu menggempur Surabaya dari darat, laut maupun udara sebagai tindak lanjut dari tidak diindahkanya Ultimatum tanggal 9 November 1945.
 4.
 
Upaya yang Dilakukan Indonesia dalam Pertempuran Surabaya
 
Pada saat terajadi ultimatum, Gubernur Suryo, diberi wewenang oleh pemerintah  pusat untuk menentukan kebijaksanaannya. Beliau bermusyawarah dengan  pimpinan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan para pemimpin perjuangan rakyat di Surabaya. Hasil musyawarah tersebut adalah rakyat Surabaya menolak ultimatum dan siap melawan ancaman Sekutu.
 
Di bawah pimpinan Gubernur Suryo dan Sutomo (Bung Tomo) rakyat Surabaya tidak mau menyerahkan sejengkal tanah pun kepada tentara Sekutu. Dengan pekik  Allahu Akbar, Bung Tomo membakar semangat rakyat. Dalam pertempuran yang berlangsung sampai awal Desember itu gugur beribu-ribu pejuang Indonesia.Pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan untuk memperingati jasa para pahlawan.
 
Pada atanggal 10 November Dua pesawat Inggris ditembak jatuh pasukan RI dan salah seorang penumpang Brigadir Jendral Robert Guy Loder-Symonds terluka parah dan meninggal keesokan harinya.5.
 
Tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu mendarat di Tanjung Perak, Surabaya. Tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Jendral Mallaby. Kedatangan tentara tersebut diikuti oleh NICA. Mula-mula tentara NICA melancarkan hasutan sehingga menimbulkan kekacauan di Surabaya. Hal tersebut menimbulkan bentrokan antara rakyat Surabaya dengan tentara Sekutu.26 Oktober 1945, tercapai persetujuan antara Bapak Suryo, Gubernur Jawa Timur dengan Brigjen Mallaby bahwa pasukan Indonesia dan milisi tidak harus menyerahkan senjata mereka. Sayangnya terjadi salah pengertian antara pasukan Inggris di Surabaya 

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Intan Gianita liked this
Aut Sutarsa liked this
Yusuf Bagus liked this
Umi Kholisya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->