Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sistem Alat Gerak Manusia

Makalah Sistem Alat Gerak Manusia

Ratings: (0)|Views: 4,933 |Likes:
Boleh di copas asal jangan lupa ucapin terima kasih... hehehe
Boleh di copas asal jangan lupa ucapin terima kasih... hehehe

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Sonna Cahyadi Nugraha on Sep 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN A.
 
LATAR BELAKANG
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atauseluruh bagian dari tubuh makhluk hidup. Makhluk hidup akan bergerak bila aka impuls atau rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruhbagian tubuhnya. Pada hewan dan manusia dapat mewakili pengertiangerak secara umum dan dapat dilihat dengan kasat mata/secara nyata.Gerak pada manusia dan hewan menggunakan alat gerak yang tersusundalam sistem gerak.Sedangkan untuk tumbuhan, gerak yang dilakukan tidak akan terlihat oleh kasat mata karena terjadi di dalam suatu organ atau sel tumbuhan.Dengan demikian tidak dapat disamakan arti gerak pada seluruhmakhluk hidup. Gerak pada tumbuhan juga melibatkan alat gerak, tetapialat gerak yang digunakan tergantung dari impuls atau rangsangan yangmengenai sel/jaringan/organ tumbuhan tersebut. Pembahasan gerak pada tumbuhan akan lebih rinci pada bab selanjutnya di semester yangakan datang.Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada 2 macamyaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakansehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat melakukanpergerakkannya sendiri. Tanpa adanya alat gerak aktif yang menempelpada tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diamdan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.
 
2
Walaupun merupakan alat gerak pasif tetapi tulang mempunyai perananyang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki senyawa kimia yaituprotein aktin dan myosin yang bergabung menjadi satu membentuk aktomiosin. Dengan aktomiosin inilah otot dapat bergerak. Sehinggapada saat otot menempel pada tulang dan bergerak dengan otomatistulang juga akan bergerak.Dengan memiliki aktomiosin ini maka otot mempunyai sifat yanglentur/fleksibel dan mempunyai kemampuan untuk memendekkanserabut ototnya (pada saat kontraksi) dan memanjangkan serabut ototnya (pada saat relaksasi/kembali pada posisi semula)
B.
 
Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini antara lain:1.
 
Untuk menambah wawasan siswa tentang sistem gerak yang tanpakita sadari kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.2.
 
Untuk memahami bagian-bagian sistem gerak pada manusia sertamengetahui fungsinya.3.
 
Untuk memahami pentingnya sistem gerak bagi kehidupan kita.4.
 
Untuk mengetahui penyakit apa saja yang biasanya menyerang bagiansistem gerak.
C.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa saja bagian-bagian dari sistem gerak?2.
 
Apa saja fungsi dari tiap bagian sistem gerak pada manusia?3.
 
Apa saja pentingnya sistem gerak bagi kehidupan manusia?4.
 
Penyakit apa saja yang biasanya menyerang sistem gerak padamanusia dan apa penyebabnya?
 
3
BAB IIPEMBAHASAN A.
 
SISTEM GERAK 
Manusia dalam kesehariannya banyak melakukan aktivitas seperti bekerja,berlari , berjalan, duduk dan berdiri. Untuk melakukan kegiatan tersebut tubuh manusia ditunjang dengan adanya rangka. Rangka terdapat di dalamtubuh manusia. Rangka manusia dewasa dibangun oleh 206 ruas tulangdengan bentuk dan ukuran yang bervariasi sesuai dengan fungsinya. Denganadanya rangka, maka manusia termasuk ke dalam kelompok vertebrata.Bentuk tubuh manusia tidak terlepas dari peran rangka. Tinggi badanseseorang dipengaruhi oleh panjang dan ukuran tulang-tulang penyusuntubuhnya. Tulang dibantu dengan adanya otot dan persendian, maka tubuhmanusia dapat bergerak. Sebagian besar pembentukan sel darah juga terjadidi dalam sumsum tulang. Tulang juga merupakan organ yang mengandungmineral kalsium paling banyak diantara organ tubuh lainnya.
 
Sistem rangka melakukan banyak fungsi penting diantaranya menyusunbentuk tubuh, perlindungan, gerakan tubuh, membentuk sel-sel darah, dantempat penyimpanan mineral.
B.
 
FUNGSI RANGKA
 
Rangka tubuh manusia dibentuk oleh tulang-tulang yang berjumlah 206buah, membentuk kerangka yang kaku dengan jaringan-jaringan danorgan-organ yang melekat padanya
 
Sistem rangka melindungi organ-organ vital seperti otak yang dilindungioleh tulang tengkorak, paru-paru dan jantung dilindungi oleh tulangdada dan tulang rusuk.
 
Gerakan tubuh terbentuk dari kerjasama antara sistem rangka denganyaitu s
istem musculo-skeletal 

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Istmhy Al-aidid added this note
TERIMAH KASIH....
adambitor1713 liked this
Kinad Danik liked this
Riska Tampubolon liked this
Unique Maliu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->