Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
44Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEORI VIBRASI-OK

TEORI VIBRASI-OK

Ratings: (0)|Views: 3,745|Likes:
Published by Farudin Mohamad

More info:

Published by: Farudin Mohamad on Oct 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2014

pdf

text

original

 
1. DASAR-DASAR PLTG
PT PLN (PERSERO) JASA DIKLATUNIT PENDIDIKAN DAN PELATIHANSURALAYA
 
ANALISA VIBRASI
II
1.TEORI VIBRASI
Secara visual vibrasi adalah gerakan bolak balik dari suatu mesin, yng dapat dirasadengan tangan atau oleh seluruh tubuh kita, yang dikenal sebagai getaran.Sebagai ilustrasi lihat Gambar 1. Sebuah piringan yang sedang berputar padatepinya ditempeli sebuah pemberat hingga unbalance. Maka timbullah gayasentripetal oleh pemberat tersebut, yang berusaha menarik piringan itu keluar dariperputarannya secara radial.Gambar 1Pada posisi A dan C, gaya sentripetal menurut arah vertikal adalah nol. Padaposisi B dan D, gaya sentripetal adalah positif maximum (upper limit) dan negatif maximum (lower limit).Lihat Gambar 1. Akibat dari gaya-gaya ini jika kita pandang pada arah vertikal(posisi B dan D), maka titik putar piringan akan tergeser keatas dan kebawah karenaelastisitasnya, searah dengan gaya yang dideritanya.Pergeseran ini disebut displacement yang besarnya tergantung dari elastisitasmaterial dan bobot pemberat. Oleh karena piringan terus berputar, maka pergeseranini akan berlangsung terus menerus secara bolak balik yang disebut vibrasi.Secara matematis vibrasi mempunyai karakteristik yang disebut Parameter-parameter vibrasi.
SGS/MRG/UNJ/20101
 
1. DASAR-DASAR PLTG
PT PLN (PERSERO) JASA DIKLATUNIT PENDIDIKAN DAN PELATIHANSURALAYA
 
ANALISA VIBRASI
II
1.1.Parameter-Parameter Vibrasi.
Parameter-parameter vibrasi ada tiga yaitu :-Displacement-Velocity-Acceleration
1.1.1.Displacement (Jarak vibrasi),
Adalah jarak yang ditempuh oleh gerakan bolakbalik (getaran) padasuatu periode waktu tertentu.Hal ini jika menurut Gambar 1 adalah jarak pergeseran titik putapiringan karena gaya sent ri petal .Rumus : Displacement = A Sin ( 2πft )(micron)A = Panjang jarak radius pergeseran.(micron)f = Frekuensi gerakan bolak-balik.(Hertz)t = Waktu.(detik) Dalampengukuran vibrasi kita hanya dapat mengukur Peak to PeakDisplacement, yaitu jarak dari positif maximum ke negatif maximum atausama dengan 2 x A.
1.1.2.Velocity (Kecepatan vibrasi).
Adalah kecepatan gerakan bolak balik pada suatu periode waktutertentu.Kecepatan ini selalu berubah sepanjang jarak yang ditempuhnya,dimana pada posisi positif maximum dan negatif maximum kecepatanadalah nol. Pada posisi gerakan melewati daerah netral kecepatanadalah maximum.Rumus : Velocity = 2πfA Cos (2πft)(mm/s)Dalam pengukuran vibrasi kita hanya dapat mengukur kecepatanmaximum atau disebut Peak Velocity.
1.1.3.Acceleration (Percepatan vibrasi).
Adalah percepatan gerak bolak balik pada suatu periode waktutertentu.Percepatan selalu berubah sepanjang jarak yang ditempuhnya, dimanamaximum pada saat displacement mencapai positif maximum ataumendekati negatif maximum.Rumus :
SGS/MRG/UNJ/20102
 
1. DASAR-DASAR PLTG
PT PLN (PERSERO) JASA DIKLATUNIT PENDIDIKAN DAN PELATIHANSURALAYA
 
ANALISA VIBRASI
II
Acceleration = - (2πf)
2
A Sin (2πft)(mm/s
2
)Dalam pengukuran vibrasi kita hanya dapat mengukur percepatanvibrasi maximum atau disebut Peak Acceleration.
1.1.4.Hubungan ketiga parameter vibrasi.
Dalam kondisi suatu mesin yang sedang bervibrasi, ketiga parameter ini selalu ada dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Ketiganyamempunyai hubungan urutan diferensial mulai dari Displacement,Velocity dan Acceleration.Ketiga rumusan itu telah diuraikan diatas, dan jika digambarkan masing-masing adalah merupakan kurva sinusoidal seperti pada Gambar 2.Gambar 2
1.2.
Sudut Fase, Frekuensi dan Waktu
.Sudut Fase, Frekuensi dan Waktu adalah menunjukkan
.
kondisi dari masing -masingketiga parameter vibrasi. Ketiga kondisi ini dapat menentukan berapa besar suatuparameter terjadi.
1.2.1.Sudut Fase.
SGS/MRG/UNJ/20103

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hendrik Voice liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
pimpowimpi4667 liked this
Ingge S. Cahyadi liked this
Felly Anta liked this
tomkere liked this
Hikmah Miladiyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->