Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PENGAMATAN EKOSISTEM

LAPORAN PENGAMATAN EKOSISTEM

Ratings: (0)|Views: 1,741 |Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: khoirunnisa ratno atmo sukarso on Oct 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
I.LANDASAN TEORI
Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistemekologiyang terbentuk olehhubungan timbal balik tak terpisahkan antaramakhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatutatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenapunsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unitbiosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antaraorganismedanlingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatustrukturbiotiktertentu dan terjadi suatusiklus materiantara organisme dananorganisme. Matahari sebagai sumber dari semuaenergi yang ada.Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembangbersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem.Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknyaorganisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluanhidup. Pengertian ini didasarkan pada Hipotesis Gaia, yaitu:"organisme, khususnyamikroorganisme, bersama-sama denganlingkungan fisik menghasilkan suatu sistem kontrol yang menjagakeadaan di bumi cocok untuk kehidupan". Hal ini mengarah padakenyataan bahwa kandungan kimiaatmosferdanbumisangat terkendali dan sangat berbeda denganplanetlain dalamtata surya. Kehadiran, kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalamekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya sertakondisi faktor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaranyang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut, inilah yang disebut
 
dengan hukum toleransi. Misalnya: Panda memiliki toleransi yangluas terhadap suhu, namun memiliki toleransi yang sempit terhadapmakanannya, yaitu bambu. Dengan demikian, panda dapat hidup diekosistem dengan kondisi apapun asalkan dalam ekosistemtersebut terdapat bambu sebagai sumber makanannya. Berbedadengan makhluk hidup yang lain,manusiadapat memperlebarkisaran toleransinya karena kemampuannya untuk berpikir,mengembangkanteknologidan memanipulasialam.
KOMPONEN – KOMPONEN PEMBENTUK EKOSISTEM
Komponen-komponen pembentuk ekosistem adalah:
Abiotik 
Abiotik atau komponen tak hidup adalah komponenfisikdankimia  yang merupakanmediumatausubstrattempat berlangsungnya kehidupan, ataulingkungantempat hidup. Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktunya. Komponenabiotik dapat berupa bahan organik, senyawa anorganik, dan faktoryang memengaruhi distribusi organisme, yaitu:
1.
Suhu. Proses biologi dipengaruhi suhu.Mamaliadan unggasmembutuhkan energi untuk meregulasi temperaturdalam tubuhnya.
2.
Air. Ketersediaan air memengaruhi distribusi organisme.Organisme di gurun beradaptasi terhadap ketersediaan air digurun.
3.
Garam. Konsentrasi garam memengaruhi kesetimbanganair dalam organisme melaluiosmosis. Beberapa organismeterestrialberadaptasi dengan lingkungan dengan kandungangaram tinggi.
 
4.
Cahaya matahari . Intensitas dan kualitas cahayamemengaruhi prosesfotosintesis. Air dapat menyerap cahayasehingga pada lingkungan air, fotosintesis terjadi di sekitarpermukaan yang terjangkau cahaya matahari. Digurun,intensitas cahaya yang besar membuat peningkatan suhusehinggahewandantumbuhantertekan.
5.
 Tanahdanbatu. Beberapa karakteristik tanah yang meliputi struktur fisik, pH, dan komposisi mineral membatasipenyebaran organisme berdasarkan pada kandungan sumbermakanannya di tanah.
6.
Iklim. Iklim adalah kondisicuacadalam jangka waktu lama dalam suatu area. Iklim makro meliputi iklimglobal,regionaldan lokal. Iklim mikro meliputi iklim dalam suatu daerah yang dihunikomunitastertentu.
Biotik 
Biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebutsesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik adalah suatukomponen yang menyusun suatu ekosistem selain komponenabiotik (tidak bernyawa). Berdasarkan peran dan fungsinya,makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
Heterotrof / Konsumen
Komponen heterotrof terdiri dari organisme yang memanfaatkanbahan-bahanorganikyang disediakan olehorganismelain sebagai makanannya. Komponen heterotrof disebut juga konsumen makro(fagotrof ) karena makanan yang dimakan berukuran lebih kecil. Yang tergolong heterotrof adalahmanusia,hewan, jamur, dan mikroba.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
hechun liked this
Boby Alamsyah liked this
Erwin Kumbara liked this
Aan Tayiing liked this
Dwi liked this
Reny Riscute liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->