Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MATERI KESEHATAN OLAHRAGA

MATERI KESEHATAN OLAHRAGA

Ratings: (0)|Views: 1,352|Likes:
Published by RolandPnjsorkes

More info:

Published by: RolandPnjsorkes on Oct 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Sangatlah penting bagi kita untuk memilih apa yang kita makan setiap hari.Makanan tidak hanya berfungsi sebagai pengganjal perut tetapi lebih dari itu makananadalah sebagai penghasil energi, penting untuk pertumbuhan juga mengatur metabolismetubuh. Oleh karena itu sangat perlu bagi masyarakat untuk memahami perilaku yang baik untuk memilih bahan makanan yang akan dimakan yang sesuai dengan kebutuhan giziyang seimbang.Keadaan sosial ekonomi suatu keluarga sangat mempengaruhi permasalahan giziyang timbul. Pada masyarakat yang kaya dan tinggal di daerah perkotaan, masalah yangada adalah kelebihan gizi atau gizi lebih dimana akan memunculkan masalah kegemukanatau bahkan penyakit jantung, darah tinggi, kanker, stroke atau diabetes. Apabila ke duamasalah gizi tersebut dalam jumlah yang besar, akan menjadi masalah masyarakat danselanjutnya menjadi masalah bangsa. Masyarakat yang terdiri dari keluarga yangmenyandang masalah gizi, akan menyandang masalah sumber daya manusia (SDM) yangberkualitas rendah. Rendahnya kualitas sumber daya manusia merupakan tantangan beratdalam menghadapi persaingan bebas di era globalisasi.Upaya menanggulangi masalah gizi ganda yaitu gizi kurang dari gizi lebih, adalahmembiasakan mengonsumsi hidangan sehari-hari dengan susunan zat gizi yang seimbang.Untuk maksud tersebut, ada 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang yang perlu diikuti.
B.
 
Rumusan Msalah
Adapun Rumusan Masalah dalam makalah ini adalah :1.
 
Apa Pengertian dari Gizi?
 
22.
 
Apa Saja Fungsi Gizi?3.
 
Macam-macam Zat Gizi?
C.
 
Tujuan Penulisan
Adapun Tujuan Penulisan dalam makalah ini adalah :1.
 
Untuk Mengetahui Pengertian dari Gizi.2.
 
Untuk mengetahui dan memahami Fungsi Gizi.3.
 
Untuk Mengetahui Macam-macam Zat Gizi.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN MATERIA.
 
Pengertian Gizi
Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsisecara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolismedan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan,pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.Tak satu pun jenis makanan yang mengandung semua zatgizi, yang mampumembuat seseorang untuk hidup sehat, tumbuh kembang dan produktif. Oleh karena itu,setiap orang perlu mengkonsumsi anekaragam makanan; kecuali bayi umur 0-4 bulanyang cukup mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) saja. Bagi bayi 0-4 bulan, ASI adalahsatu-satunya makanan tunggal yang penting dalam proses tumbuh kembang dirinya secarawajar dan sehat.Makan makanan yang beranekaragam sangat bermanfaat bagi kesehatan.Makanan yang beraneka ragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat giziyang diperlukan tubuh baik kualitas maupun kuantintasnya, dalam pelajaran ilmugizibiasa disebut triguna makanan yaitu, makanan yang mengandung zat tenaga,pembangun dan zat pengatur. Apabila terjadi kekurangan atas kelengkapan salah satuzatgizi tertentu pada satu jenis makanan, akan dilengkapi oleh zatgizi serupa darimakanan yang lain. Jadi makan makanan yang beraneka ragam akan menjaminterpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur.Makanan sumber zat tenaga antara lain: beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti dan mi. Minyak, margarin dan santan yang mengandung lemak  juga dapat menghasilkan tenaga. Makanan sumber zat tenaga menunjang aktivitas sehari-hari.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->