Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
539Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Daftar Menu Bayi Usia 7-12 Bulan

Daftar Menu Bayi Usia 7-12 Bulan

Ratings:

4.33

(6)
|Views: 110,250 |Likes:
Published by api-25889068

More info:

Published by: api-25889068 on Oct 15, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as XLS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2014

pdf

text

original

 
8788726.xls.XLS -10/14/2008tahap bayi1 of 21
24 BULAN PERTAMA DALAM KEHIDUPAN ANAK 
UMURBAYI SENANG :OLEH KARENANYA, BERI ANAK ANDA :1 bulan
-Menghisap, tidur dan mendengarkan suara anda.-Tempat tidur yg lembut & nyaman.-Memandangi wajah, terutama bagian mata.--Digendong dan dibuai.-Pelukan & buaian yang disertai kata-kata yg lembut.
2 bulan
-Mendengarkan suara-suara.-Mainan yg lembut untuk dipegang & digenggam.-Memandangi tangannya.---Sering-seringlah berbicara & tersenyum padanya.-Tersenyum & diberi senyuman. 
3 bulan
-Memandangi & melambaikan tangannya.--Memasukkan benda ke dalam mulutnya untuk dieskplorasi.-Mainan yang bisa berbunyi.-Mendengarkan suaranya sendiri.---Kesempatan mendengarkan musik yang lembut.
4 bulan
----Berbagai benda pada saat ia tengkurap.-Menggigit benda-benda yang dapat dmasukkan kemulutnya.-Mainan yang digantung dan dapat diraih.-Memukul-mukul air dg tangan & kakinya ketika dimandikan-Lebih sering mengajaknya ke luar rumah.
5 bulan
--Sebuah mainan untuk ditendang-tendang.-Berguling.-Kerincingan untuk dimainkan.-Duduk dengan bantuan.----Menggigit segala sesuatu yg ada di mulutnya. 
6 bulan
-Berguling.--Memasukkan segala sesuatu ke mulut.-Sebuah bola untuk digulingkan atau digenggam.-Tersenyum pada wajah-wajah yg dikenalnya.-Mainan-mainan yang bisa dimasukkan ke mulut.--Suara anda.
7 bulan
-Duduk tanpa bantuan.-Mainan di bak mandinya.--Suara musik & lagu kanak-kanak.-Menggigit dg gigi pertamanya.--Mendengarkan suara-suara.-
8 bulan
-Berputar.-Beberapa mainan yg bisa dipukul-pukulkan bersama.-Melihat ke arah mainan yg dijatuhkannya.-Gelas-gelas plastik.-Memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan yg lain.--Merangkak atau mengesot sepanjang lantai.-Sebuah kaca untuk melihat dirinya sendiri.
9 bulan
-Menarik atau mengangkat badannya sendiri.-Kesempatan untuk makan sendiri.-Merangkak di lantai.-Siapkan tempat-tempat yg aman untuk dieksplorasi.---Memandangi dirinya di kaca.-Mainan yg aman & obyek yg bisa digigit-gigit.- Respons yg hangat & penuh kasih sayang terhadaptangisannya.Berilah kesempatan padanya untuk mengangkatkepalanya dg cara meletakkannya dalam posisitengkurap.Mengangkat kepalanya & mengikuti obyek yg bergerak dgpandangannya.Mainan yang terbuat dari karet dan berwarna cerahserta aman.Gantungkan berbagai benda di sekitar tempattidurnya.Kesempatan untuk menikmati pemandangan di luar rumah.Mengangkat tubuhnya dg kedua lengannya dalam posisitengkurap.Mainan baru atau benda dari seputar rumah anda sptpiring dan gelas plastik.Mengangkat kakinya ke arah wajahnya dan membukagerakan-gerakan menendang.Meraba, mengoncang-goncangkan & memukul segalasesuatu.Sebuah sendok atau mainan lain yang bisa digigit-gigit.Berbaring telungkup, kepala & dada diangkat dan berusahamelihat ke sekeliling.Suara-suara untuk didengar seperti kelingtingan disepatunya.Alat-alat rumah tangga spt gelas plastik, sendok &semacamnya.Menjatuhkan, membuang atau memukul-mukul segalasesuatu yg dipegangnya.Menggunakan jari & ibu jari bersama-sama untuk sebuahtujuan, spt mengambil sebuah balok.Benda-benda untuk membuat suara-suara, sptsendok, alat rumah tangga, & mainan yg berbunyinyaring.Bermain cipratan atau memasukkan ke dalam bakmandi selagi anak dimandikan.Sendok dan gelas pada saat makan. (Teruslahmenyuapinya, namun dorong & biarkan anak untukmakan sendiri)Melakukan permainan yg mengandung interaksi sepertitepuk silang.Pujian & dorongan anda untuk kemampuan motorik &vocalnya.Mempelajari berbagai perbedaan bentuk & permukaanobyek-obyek.
 
8788726.xls.XLS -10/14/2008tahap bayi2 of 21
10 bulan
-Memasukkan jari-jarinya ke lubang kecil yg terbuka.-Kain atau buku dari kertas karton khusus untuknya.-Bermain tepuk silang.--Menarik tubuhnya ke posisi berdiri.-Mainan yg bisa bergerak-gerak.-Mengeskplorasi lingkungan fisiknya. 
11 bulan
-Memegang & mengamati mainan atau obyek dg hati-hati.-Sebuah bola atau mainan yg bisa berguling.-Bermain berdampingan, namun belum dg anak-anak lain.--- 
12 bulan
-Menguasai kemampuan motorik baru.-Afeksi yang ia cari dan perlukan.--Pujian & berbagai keberhasilannya.-Mecoba mendaki ketinggian.--
13 bulan
-Menyelidiki & bereskplorasi.-Alat permainan yg dapat ditarik & didorong.-Membalik-balik halaman buku.-Berbagai macam mainan yg dapat ditabuh.-Berkomunikasi.-Satu set balok-balok kayu sederhana.-Berjalan-jalan sambil memegang tangan anda.-
14 bulan
-Mendengarkan lagu-lagu sederhana.-Kaset lagu anak-anak sederhana.-Melempar bola.-Bola.-Bermain mobil-mobilan.-Alat permainan yg dapat ditarik dan didorong.-Main sembunyi-sembunyian-Satu set balok-balok kayu sederhana.-Membangun sesuatu dg balok-balok kayu.--Mengedip-ngedipkan mata (main mata)-Membuka tutup tinjunya.-Bisa menunjukkan anggota tubuhnya, spt mata, hidung
15 bulan
-Berjalan sendiri.-Sapu kecil.-Mengisi & mengosongkan tempat.-Panci-panci & wadah lain.-Bermain dg cangkir dan gelas-gelas.--Meniru tingkah laku anda.-Telepon-teleponan.
16 bulan
-Bergelut dg anda atau mainannya.-Boneka, atau binatang-binatang terbuat dari kain.-Menjinjing sesuatu saat berjalan.-Panci & wadah lain.-Meniru tingkah laku anda atau anggota keluarga lain.-Sapu kecil.-Telepon-teleponan.-Adonan khusus untuk dimainkan.
17 bulan
-Main air.-Balok-balok kayu dalam ukuran lebih besar.-Melambaikan tangan.-Mobil-mobilan kecil.-Membawa & menggerakkan sesuatu.-Mainan yang dapat ditarik.-Main kejar-kejaran.-Mobil kecil yg dapat dikendarai. 
18 bulan
-Memanjat.-Boneka.-Berkata "tidak"--Bermain dalam ember atau bak mandi.-Main bola.-Banyak mempergunakan ketrampilan tangan.--Sudah mampu memahami kedalaman dg lebih baik.-Main kejar-kejaran.
19 bulan
-Berimajinasi.-Telepon-teleponan.-Berayun-ayun.--Berkonsentrasi.-Kuda-kudaan, ayunan.-Belajar memahami bentuk.-Gerobak.-Papan bentuk atau kotak bentuk sederhana.
20 bulan
-Bermain pasir dan air.-Sekotak pasir/tepung/beras dan sekopnya serta air.-Mengetuk-ngetuk.-Palu kecil.-Merangkai.-Manik-manik besar terbuat dari kayu dan talinya.-Berimajinasi.-Peralatan masak & alat-alat kedokteran mainan.-Meniru.-Main kejar-kejaran.-Permainan yg melibatkan gerakan kaki.-Mainan yg dapat dibongkar pasang.-Melepaskan & memasangkannya kembali.-Permainan yg melibatkan interaksi dg orang yg lebih tua.Beberapa balok-balok, mainan atau kotak-kotakkosong.Banyak pembicaraan menyangkut dirinya & duniasekelilingnya.Menunjukkan afeksi thd pengasuh utama, terutama orangtua.Kesempatan untuk mengembangkan penguasaan thdkemampuan motorik baru : merangkak, berdiri, &berjalan.Meletakkan tutup diatas tabung atau tempat & kemudianmengangkatnya kembali.Kasih sayang namun menunjukkan sikap formaldalam mendisiplin.Obyek untuk dimainkan spt buka dari kain, panci-panci, mainan yg bisa ditarik : mobil-mobilan.Alat permainan yg dapat dipenggal dan disambungkembali.Kesediaan anda sepenuhnya untuk turut bermainbersama mereka.Boneka & alat-alat makannya, karena anak senangpura-pura memberi makan boneka.Permainan yg merangsang pengetahuannya ttgangota tubuh.Buku cerita bergambar yg dapat anda bacakanuntuknya.Boneka atau binatang-binatangan terbuat dari bahanlunak.
 
8788726.xls.XLS -10/14/2008tahap bayi3 of 21
21 bulan
-Main 'bersama' dg teman sebayanya.--Menarik dan mendorong.-Bola karet kecil.-Melempar.-Mainan/kotak besar yg dapat ditarik dan didorong.-Meniru.-Sepeda roda tiga.-Berimajinasi.-Boneka, telepon-teleponan.-Mengisi & mengosongkan.-Pasir, kerikil lengkap dengan gerobaknya.-Permainan yg melibatkan interaksi dg orang yg lebih tua.-Main kejar-kejaran.
22 bulan
-Menyusun dan menimbun.-Balok-balok kayu.-Menggali.-Sekotak pasir dan sekopnya.-Berkonsentrasi.-Mainan pasak dan gelangnya.-Main air.-Seember air.-Berimajinasi.-Bola.-Melempar.-Boneka atau binatang-binatangan terbuat dari kain.-Meniru.
23 bulan
-Membangun.-Balok-balok kayu.-Mampu memahami bentuk.-Kotak bentuk.-Berayun.-Ayunan.-Membentuk.-Palu kecil.-Mengetuk-ngetuk.-Tanah liat.-Membongkar pasang.-Mainan yg dapat dibongkar-pasang.-Pasak dan gelang-gelangan.
24 bulan
-Main 'bersama' teman sebaya.--Mengisi dan mengosongkan.--Menarik & mendorong.-Mainan beroda yg bisa ditarik dan didorong.-Berayun.-Kaset lagu-lagu.-Bermain dg anak yg lebih tua.---Boneka.-Memuta-Aktif bergerak.-Bermain sambil berkata-kata.Teman sebayanya (jangan dulu mengharapkanterjadinya interaksi).Teman sebayanya (jangan dulu mengharapkanterjadinya interaksi).Sepeda roda tiga, kereta api-kereta apian, mobil-mobilan.Mainan berbentuk sekrup yg dapat dilepas &dipasangkan kembali.Menari, berlari, berputar dan mengayun-ayunkan tubuh keatas, ke bawah.

Activity (539)

You've already reviewed this. Edit your review.
Isthi Qomah liked this
1 hundred thousand reads
Djo Widodo liked this
Amy Oktoberina liked this
Diah Murtiani liked this
Girianti Galuh Lapradja added this note
lengkap bgt ni
lilyan_puspita liked this
Santy Eyot added this note
tks..,informasi ini sngat bermanfaat bngt...,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->