Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
173Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METODE PEMETAAN

METODE PEMETAAN

Ratings:

5.0

(12)
|Views: 10,210 |Likes:
Published by eddypurwanto

More info:

Published by: eddypurwanto on Oct 15, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
METODOLOGI PEMETAAN
A. PENDAHULUAN
Peta merupakan sarana pokok yang harus dimiliki oleh setiapwilayah/daerah, atau dalam hal ini perusahaan perkebunan, untukmemungkinkan pelaksanaan tertib penyelenggaraan administrasidengan baik, yang mencakup luas areal, (Blok, Afdeling, Estate,dan lain sebagainya), disamping peta juga mampu menunjukanposisi dan letak suatu bangunan, juga kondisinya.1. Fungsi PemetaanSecara umum fungsi peta dapat dikaitkan dengan berbagaimacam kepentingan antara lain: bidang pemerintahan, bidanghankam, politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain.Dalam hal pembuatan peta yang standar sesuai dengankebutuhan harus memperhatikan sebagai berikut :
a.
Menetapkan kebijakan tekhnis dan langkah langkahpemetaan batas wilayah/areal yang bersebelahan..
 b.
Melaksanakan pemetaan sesuai metodologi pemetaan yangstandar.Menggambar peta sesuai tekhnis pemetaanPertimbangan utama dalam penentuan jenis peta padaumumnya antara lain :
Pembuatan peta dengan spesifikasi tertentu mempunyaikonsekwensi pada biaya dan waktu yang dibutuhkan, makintinggi spesifikasi yang harus dipenuhi, maka semakin tinggipula biaya dan waktu yang dibutuhkan.
 Tingkat kebutuhan akan peta dari suatu desa dengan desalainnya akan berbeda tergantung dari jumlah serta jenispermasalahan yang dihadapinya.
47
 
2. Persyaratan PemetaanDalam sebuah peta harus memberikan gambaran secara jelasinformasi-informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tingkatkebutuhan user, yang secara umum harus memuat, Legenda(Keterangan simbol dan warna) juga garis lintang dan bujuryang disebut juga garis astronomi. Garis Astronomi ini adalahgaris khayal/abstrak pada globe atau peta yang digunakanuntuk mencari letak suatu tempat dimuka bumi yang terdiri dari
garis Lintang (Paralel) dan garis Bujur (Meridien)
a.
Garis Lintang (Parelel) adalah garis abstrak yang melintangyang melingkari permukaan bumi dan membagi bumimenjadi dua bagian yaitu Utara dan Selatan. Garis Lintang 0ºdisebut juga garis khatulistiwa atau equator, jarak dari garislintang equator/khatulistiwa ke kutub utara yaitu dari 0º - 90ºLU (North) dan jarak dari khatulistiwa ke kutub selatan yaitudari 0º - 90º LS (South)
 b.
Garis Bujur, adalah garis abstrak yang membujur dari kutubutara sampai ke kutub selatan yang menunjukan pembagiandaerah waktu, garis bujur utama adalah 0º disebut juga
garismeridien utama
yang melalui kota greenwich (LondonInggris), jarak dari garis bujur 0º ke arah timur sejauh 180ºBT (East) dan kearah barat demikian juga sejauh 180º. Garisbujur utama ditetapkan sebagai tanda waktu utamainternasional (GMT/Greenwich Mean Time).
c.
Legenda, adalah keterangan yang menunjukkan suatutempat, waktu dan lain sebagainya dengan menggunakansimbol-simbol tertentu yang umum serta garis garis yangmembedakan batas dan satuan warna warna untukmembedakan ketinggian dan kedalaman tempat.
48
 
d.Mata angin, adalah penunjuk arah atau orientasi yangmenunjukan empat arah utama yaikni Utara, Selatan, Timurdan Barat, serta 12 arah antara yang lainnya, alat yang biasadigunakan untuk penunjuk arah ini adalah compass(kompas), tetapi pada setiap perangkat GPS kompas sudahdisediakan, dalam kompass arah jarum selalu menunjukanke arah utara-selatan sehingga arah lainnya dapat diketahui.e.Skala peta adalah perbandingan antara jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya dipermukaan bumi atau di lapangan,skala biasanya di nyatakan dengan angka atau garis,misalnya 1 : 100.000 ini berati 1 cm di peta menunjukan jarak 100.000 cm atau 1 km di lapangan atau di pernukaanbumi (setiap 1 cm di peta di bagi 100.000 untuk setiap km-nya)f.Inset peta, adalah bagian dari peta yang digambarkanberupa peta kecil secara khusus untuk membandingkan ataumenggambarkan letak peta utama dalam peta (lingkungansekitarnya, misalnya kabupaten terhadap propinsi, arealkebun terhadap kabupaten atau propinsi)
49
IbukotaNegaraIbukotaNegara BagianIbukotaProvinsiIbukotaKabupatenKota LainnyaIbukotaNegaraIbukotaNegara BagianIbukotaProvinsiIbukotaKabupatenKota Lainnya
Batas NegaraBatas PropinsiBatas KabupatenBatas Kecamatan
++++++++
Batas NegaraBatas PropinsiBatas KabupatenBatas Kecamatan
 
++++++++
 
++++++++
 
++++++++
BandaraPelabuhanLaut Terminal BusBandaraPelabuhanLaut Terminal Bus
RumahSakitRestoranMuseumKantor posKebunBinatangDanger AreaRumahSakitRestoranMuseumKantor posKebunBinatangDanger Area
GunungGunungBerapiDanauSungaiGunungGunungBerapiDanauSungai

Activity (173)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ima Marlina liked this
Rully Eka Patra liked this
Sohih Pasha Undu liked this
Nur Said added this note
sip

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->