Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BELAJAR GERAK

BELAJAR GERAK

Ratings: (0)|Views: 8,382|Likes:
Published by RolandPnjsorkes

More info:

Published by: RolandPnjsorkes on Oct 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2013

pdf

text

original

 
BAB I
Sejarah Mengenai Bidang Studi Perkembangan Gerak
Secara singkat mengenai perkembagan gerak telah di publikasikan beberapa tahun silam.Keogh dan Thomas menjelaskan bahwa studi tentang perkembangan gerak telah munculsekitar tahun 1920 hingga 1930 oleh para Dokter yang tertarik dengan skala perkembangankemajuan manusia sejak bayi.
Perkembagan gerak dapat di bagi kedalam 4 periode :
1.
 
Periode Pendahuluan tahun 1787
 –
1928, dimana observasi deskritif yang di lakuaknoleh para peneliti ditetapkan sebagi sebuah metode untuk mempelajariperkembangan manusia.2.
 
Periode kematangan tahun 1928
 –
1946, dimana perkembangan gerak mulaimuncul dan proses biologis merupakan pengaruh utama dalam membentukperkembangan gerak.3.
 
Periode Normatif / Deskriptif 1946
 –
1970, dimana pada pertengahan tahun 1940minat terhadap kajian perkembangan gerak menjadi memutar dan mampu bangkitkembali pada awal tahun 960. Kebangkitan kembali terhadap kajian perkembangangerak ini diprakarsikan oleh guru pendidikan jasmani yang berminat terhadapperkembangan gerak anak didiknya sehingga memunculkan teori Keprat.4.
 
Periode yang berorentasi pada proses tahun 1970 hingga sekarang, dimana para ahlimemandang bahwa perkembangan gerak tidak lagi terfokus pada aspek produk.Bahkan Haywood menjelaskan bahwa perkembangan gerak direfleksikan denganmenampilkan keterampilan baru dan keterampilan yang sudah lebih baik dalamproses dan produk menjadi gerak.
 
BAB II
 
PENGANTAR PERKEMBAGAN GERAK
Ada beberapa istilah yang sebelumnya
sering di gunakan pada studi tentanggerak manusia
( human movement ). Istilah tersebut adalah ilmu gerak. Kinesiologi,permomance manusia, dan pendidikan jasmani. Istilah
 –
istilah ini sering kita dengarapabila diperbincangkan dalam konteks gerak.Istilah maupun yang dipilih akan selalu dekat dengan subdisiplin umum tentanggerak manusia. Contoh, Fisiologi olahraga merupakan studi tentang fungsi tubuhselama latihan ( Berolahraga ). Biomekanika adalah studi tentang tehnik gerak.Sedangkan psikologi olahraga sangat peduli dengan factor
 –
factor mental yangmengpengaruhi olahraga dan latihan serta pengaruh mental itu diperolehnya melaluiolahraga dan latihan tersebut.
A.
 
Perilaku Gerak ( MOTOR BEHAVIVOR )
Perilaku gerak dapat di bagi ke dalam tiga bagian yaitu :1.
 
Teori gerak ( motor control )Teori gerak adalah studi mengenai factor
 –
factor fungsi syaraf yangmengpengaruhi gerak manusia. Fungsi syaraf terkait erat dengansystem syaraf. Sistem syaraf merupakan bagian penting dalammemroduksi gerak manusia yang di inginkan.2.
 
Belajar bergerak ( Motor Learning )Belajar gerak merupakan studi tentang proses keterlibatan dalammemperoleh dan menyempurnakan keterampilan gerak ( motorskills ) sebab keterampilan gerak sangat trkait dengan latihan danpengalaman individu bersangkutan. Belajar gerak khusus di
 
pengaruhi oleh berbagai bentuk latihan, pengalaman, atau situasibelajar gerak pada manusia.Ada tiga tahapan belajar gerak ( motor learning )a.
 
Tahap verbal kongnitif, maksudnya konnitif dan proses membuatkeputusan lebih menonjol.b.
 
Tahap gerak memiliki makna sebagai pola garak yang dikembangsebaik mungkin agar peserta didik atau atlet lebih trampil.c.
 
Tahapan otomatisasi artinya memperjhalus gerakan agarperforma peserta didik atau atlet menjadi lebih padu dalammelakukan gerakanya.3.
 
Perkembagan gerak ( Motor Developmen )Perkembangan gerak merupakan sebuah bidang studi. Secara pastiapa yang kita pelajari dalam perkembagan gerak sesungguhnyasesuatu yang masih bersifat kontrovensi. Kontrovensi ini mulaimuncul sejak awal tahun 1974 dimana enam orang ahli dalambidang perkembangan gerak menemui apa yang disebut denganapa denagn menggambarkan focus penelitian padaperkembangan gerak.Dari berbagai pandangan itu maka muncullah seorang pakarperkembangan gerak yaitu Keogh yng menjelaskan bahwaperkembangan gerak dapat didefinisikan sebagai perubahankompetensi atau kemampuan gerak dari mulai bayi ( infancy )sampai masa dewasa ( adulahthood ) serta melibatkan berbagaiaspek perilaku manusia, kemampauan gerak dan aspek perilakuyang ada pada manusia ini mempengaruhi perkembangan gerakdan perkembangan gerak itu sendiri mempengaruhi kemampuandan perilaku manusia.

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sast Tra liked this
Vika Es liked this
SoeBa DjoeGi liked this
Budi Raharja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->