Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tokoh Fisika by dianto einstein

Tokoh Fisika by dianto einstein

Ratings: (0)|Views: 1,146 |Likes:
Published by Dianto Einstein

More info:

Published by: Dianto Einstein on Oct 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2013

pdf

text

original

 
 TOKOH-TOKOH FISIKA 
 
UNESA | DIANTO-PENDIDIKAN FISIKA 20071
Aristoteles, Filsuf Yang Paling Berpengaruh 
Aristoteles (Bahasa Yunani: ‗A
ριστοτέλης
Aristotél
ē
s), (384 SM
 – 
322 SM) adalahseorang filsuf Yunani, murid dari Plato dan guru dari Alexander yang Agung. Ia menulisberbagai subyek yang berbeda, termasuk fisika, metafisika, puisi, logika, retorika, politik,pemerintahan, etnis, biologi dan zoologi. Bersama dengan Socrates dan Plato, ia dianggapmenjadi seorang di antara tiga orang filsuf yang paling berpengaruh di pemikiran Barat.
Riwayat hidup
Aristoteles lahir di Stagira, kota di wilayah Chalcidice, Thracia, Yunani (dahulunyatermasuk wilayah Makedonia tengah) tahun 384 SM. Ayahnya adalah tabib pribadi RajaAmyntas dari Makedonia. Pada usia 17 tahun, Aristoteles bergabung menjadi murid Plato.Belakangan ia meningkat menjadi guru di Akademi Plato di Athena selama 20 tahun.Aristoteles meninggalkan akademi tersebut setelah Plato meninggal, dan menjadi guru bagiAlexander dari Makedonia. Saat Alexander berkuasa di tahun 336 SM, ia kembali keAthena. Dengan dukungan dan bantuan dari Alexander, ia kemudian mendirikan akademinyasendiri yang diberi nama Lyceum, yang dipimpinnya sampai tahun 323 SM. Perubahan politikseiring jatuhnya Alexander menjadikan dirinya harus kembali kabur dari Athena gunamenghindari nasib naas sebagaimana dulu dialami Socrates. Aristoteles meninggal tak lamasetelah pengungsian tersebut.
Pemikiran
 Filsafat Aristoteles berkembang dalam tiga tahapan yang pertama ketika dia masihbelajar di Akademi Plato ketika gagasannya masih dekat dengan gurunya tersebut,kemudian ketika dia mengungsi, dan terakhir pada waktu ia memimpin Lyceum mencakupenam karya tulisnya yang membahas masalah logika, yang dianggap sebagai karya-karyanya yang paling penting, selain kontribusinya di bidang Metafisika, Fisika, Etika, Politik,Ilmu Kedokteran, dan Ilmu Alam.Di bidang ilmu alam, ia merupakan orang pertama yang mengumpulkan dan
 
 TOKOH-TOKOH FISIKA 
 
UNESA | DIANTO-PENDIDIKAN FISIKA 20072
mengklasifikasikan spesies-spesies biologi secara sistematis. Karyanya ini menggambarkankecenderungannya akan analisa kritis, dan pencarian terhadap hukum alam dankeseimbangan pada alam.Berlawanan dengan Plato yang menyatakan teori tentang bentuk-bentuk ideal benda,Aristoteles menjelaskan bahwa materi tidak mungkin tanpa bentuk karena ia ada (eksis).Pemikiran lainnya adalah tentang gerak dimana dikatakan semua benda bergerak menujusatu tujuan, sebuah pendapat yang dikatakan bercorak teleologis. Karena benda tidakdapat bergerak dengan sendirinya maka harus ada penggerak dimana penggerak itu harusmempunyai penggerak lainnya hingga tiba pada penggerak pertama yang tak bergerakyang kemudian disebut dengan theos, yaitu yang dalam pengertian Bahasa Yunani sekarangdianggap berarti Tuhan.Logika Aristoteles adalah suatu sistem berpikir deduktif (deductive reasoning), yangbahkan sampai saat ini masih dianggap sebagai dasar dari setiap pelajaran tentang logikaformal. Meskipun demikian, dalam penelitian ilmiahnya ia menyadari pula pentingnyaobservasi, eksperimen dan berpikir induktif (inductive thinking).Hal lain dalam kerangka berpikir yang menjadi sumbangan penting Aristotelesadalah silogisme yang dapat digunakan dalam menarik kesimpulan yang baru yang tepatdari dua kebenaran yang telah ada. Misalkan ada dua pernyataan (premis): Setiap manusiapasti akan mati (premis mayor) Sokrates adalah manusa (premis minor) maka dapat ditarikkesimpulan bahwa Sokrates pasti akan mati.Di bidang politik, Aristoteles percaya bahwa bentuk politik yang ideal adalahgabungan dari bentuk demokrasi dan monarki.Karena luasnya lingkup karya-karya dari Aristoteles, maka dapatlah ia dianggapberkontribusi dengan skala ensiklopedis, dimana kontribusinya melingkupi bidang-bidangyang sangat beragam sekali seperti Fisika, Astronomi, Biologi, Psikologi, Metafisika (misalnyastudi tentang prisip-prinsip awal mula dan ide-ide dasar tentang alam), logika formal, etika,politik, dan bahkan teori retorika dan puisi.
Pengaruh
 Meskipun sebagian besar ilmu pengetahuan yang dikembangkannya terasa lebihmerupakan penjelasan dari hal-hal yang masuk akal (common-sense explanation), banyakteori-teorinya yang bertahan bahkan hampir selama dua ribu tahun lamanya. Hal ini terjadikarena teori-teori tersebut karena dianggap masuk akal dan sesuai dengan pemikiran
 
 TOKOH-TOKOH FISIKA 
 
UNESA | DIANTO-PENDIDIKAN FISIKA 20073
masyarakat pada umumnya, meskipun kemudian ternyata bahwa teori-teori tersebut salahtotal karena didasarkan pada asumsi-asumsi yang keliru.Dapat dikatakan bahwa pemikiran Aristoteles sangat berpengaruh pada pemikiranBarat dan pemikiran keagamaan lain pada umumnya. Penyelarasan pemikiran Aristotelesdengan teologi Kristiani dilakukan oleh Santo Thomas Aquinas di abad ke-13, dengan teologiYahudi oleh Maimonides (1135
 – 
1204), dan dengan teologi Islam oleh Ibnu Rusyid (1126
 – 
 1198). Bagi manusia abad pertengahan, Aristoteles tidak saja dianggap sebagai sumberyang otoritatif terhadap logika dan metafisika, melainkan juga dianggap sebagai sumberutama dari ilmu pengetahuan, atau "the master of those who know", sebagaimana yangkemudian dikatakan oleh Dante Alighieri.
 
Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM - 212 SM) Ia belajar di kota Alexandria,Mesir. Pada waktu itu yang menjadi raja di Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes.Archimedes sendiri adalah seorang matematikawan, astronom, filsuf, fisikawan, dan insinyurberbangsa Yunani. Ia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi pada penjarahan kota Syracusa,meskipun ada perintah dari jendral Romawi, Marcellus bahwa ia tak boleh dilukai. Sebagiansejarahwan matematika memandang Archimedes sebagai salah satu matematikawan terbesarsejarah, mungkin bersama-sama Newton dan Gauss.
Penemuannya
 Pada suatu hari Archimedes dimintai Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkotaemasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umumpenuh dengan air. Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itupula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumahdengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, "Eureka! Eureka!" yangartinya "sudah kutemukan! sudah kutemukan!" Lalu ia membuat hukum Archimedes.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dede Juanda liked this
Sirajuddin liked this
Iis Andriyani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->