Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler

Struktur Dan Fungsi Sistem Kardiovaskuler

Ratings: (0)|Views: 70 |Likes:
Published by Reni Widiastuti

More info:

Published by: Reni Widiastuti on Oct 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM KARDIOVASKULER PENDAHULUAN
Jantung terletak didalam rongga mediastinum dari ronga dada (toraks) diantara kedua paru. Selaput yang melapisi jantung disebut perikardium yang terdiri atas 2 lapisan:
Perikardium parietalis, yaitu lapisan luar yang melekat pada tulang dada danselaput paru.
Perikardium viseralis, yaitu lapisan permukaan dari jantung itu sendiri yang jugadisebut epikardium.Diantara kedua lapisan tersebut terdapat cairan perikardium sebagai pelumas yang berfungsi mengurangi gesekan akibat gerak jantung saat memompa.
STRUKTUR JANTUNG
Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan:1.Lapisan luar disebut epikardium atau perikardium.2.Lapisan tengah merupakan lapisan berotot, disebut miokardium.3.Lapisan dalam disebut endokardium.
RUANG JANTUNG
Jantung terdiri dari 4 ruang, yaitu dua ruang yang berdinding tipis disebut atrium(serambi), dan 2 ruang yang berdinding tebal disebut ventrikel (bilik).1.Atrium2.Atrium kanan berfungsi sebagai penampungan darah yang rendah oksigen dariseluruh tubuh. Darah tersebut mengalir melalui vena kava superior, vena kavainferior, serta sinus koronarius yang berasal dari jantung sendiri. Dari atriumkanan kemudian darah di pompakan ke ventrikel kanan.1.Atrium kiri menerima darah yang kaya akan oksigen dari paru melalui 4 buahvena pulmonalis. Kemudian darah dialirkan ke ventrikel kiri.Antara kedua atrium dipisahkan oleh sekat yang disebut septum atrium.1.Ventrikel2.Ventrikel kanan, menerima darah dari atrium kanan yang kemudian dipompakanke paru melalui arteri pulmonalis.
 
3.Ventrikel kiri, menerima darah dari atrium kiri kemudian memompakannya keseluruh tubuh melalui aorta.Kedua ventrikel dipisahkan oleh sekat yang disebut septum ventrikel.
KATUP JANTUNG
1.Katup Atrioventrikuler Merupakan katup yang terletak diantara atrium dan ventrikel.. katup antara atrium kanandan ventrikel kanan mempunyai
tiga
buah daun katup disebut
katup trikuspidalis
.Sedangkan katup yang terletak diantara atrium kiri dan ventrikel kiri mempunyai
dua
 buah daun katup disebut
katup bikuspidalis
atau
katup mitral 
.Katup AV memungkinkan darah mengalir dari masing-masing atrium ke ventrikel padawaktu diastole ventrikel, serta mencegah aliran balik ke atrium pada saat sistol ventrikel.1.Katup Semiluna
 Katup pulmonal 
, terletak antara arteri pulmonalis dan ventrikel kanan.
 Katup aorta
, terletak antara ventrikel kiri dan aorta.Kedua katup semilunar terdiri dari 3 daun katup. Adanya katup semilunar memungkinkandarah mengalir dari masing-masing ventrikel ke arteri pulmonalis atau aorta selama sistolventrikel, dan mencegah aliran balik ke ventrikel sewaktu diastole ventrikel.
Arteri Koroner
Arteri koroner adalah cabang pertama dari sirkulasi sistemik. Sirkulasi koroner terdiridari:
arteri koroner kanan
dan
arteri koroner kiri
. Arteri koroner bermuara di sebelahatas daun katup aorta yang disebut ”
sinus valsava
”.Vena JantungDistribusi vena koroner sesungguhnya paralel dengan distribusi arteri koroner. Sistemvena jantung terdiri dari 3 bagian:
vena tebesian
,
vena kardiaka anterior
,
sinuskoronaria
.
PEMBULUH DARAH
Keseluruhan sistem peredaran (
 sistem kardiovaskuler 
) terdiri dari arteri, arteriola, kapiler,venula dan vena.
Arteri
 
Arteri berfungsi untuk transportasi darah dengan tekanan yang tinggi ke seluruh jaringantubuh. Dinding arteri kuat dan elastis (lentur), kelenturannya membantu mempertahankantekanan darah diantara denyut jantung. Dinding arteri banyak mengandung jaringanelastis yang dapat teregang saat sistol dan mengadakan rekoil saat diastol.
Arteriola
Merupakan cabang paling ujung dari sistem arteri, berfungsi sebagai katup pengontroluntuk mengatur pengaliran darah ke kapiler. Arteriol mempunyai dinding yang kuatsehingga mampu kontriksi atau dilatasi beberapa kali ukuran normal, sehingga dapatmengatur aliran darah ke kapiler. Otot arteriol dipersarafi oleh serabut saraf kolinergik yang berfungsi vasodilatasi. Arteriol merupakan
penentu utama resistensi
/
tahananaliran darah
, perubahan pada diameternya menyebabkan perubahan besar padaresistensi.
Kapiler
Merupakan pembuluh darah yang halus dan berdinding sangat tipis, yang berfungsisebagai jembatan diantara arteri (membawa darah dari jantung) dan vena (membawadarah kembali ke jantung).Kapiler memungkinkan oksigen dan zat makanan berpindah dari darah ke dalam jaringandan memungkinkan hasil metabolisme berpindah dari jaringan ke dalam darah.
Venula
Dari kapiler darah mengalir ke dalam venula lalu bergabung dengan venul-venul lain kedalam vena, yang akan membawa darah kembali ke jantung.
Vena
Vena memiliki dinding yang tipis, tetapi biasanya diameternya lebih besar daripadaarteri, sehingga vena dapat mengangkut darah dalam volume yang sama tetapi dengankecepatan yang lebih rendah dan tidak terlalu dibawah tekanan. Karena tekanan dalamsistem vena rendah maka memungkinkan vena berkontraksi sehingga mempunyaikemampuan untuk menyimpan atau menampung darah sesuai kebutuhan tubuh.
SIRKULASI JANTUNG
Lingkaran sirkulasi jantung dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu sirkulasisistemik dan sirkulasi pulmonal. Namun demikian terdapat juga sirkulasi koroner yang juga berperan sangat penting bagi sirkulasi jantung.
Sirkulasi Sistemik 
1.Mengalirkan darah ke berbagai organ tubuh.2.Memenuhi kebutuhan organ yang berbeda.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->