Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sejarah kesmas

sejarah kesmas

Ratings: (0)|Views: 1,771|Likes:
Published by Oyonks
Sejarah kesmas di Indonesia
Sejarah kesmas di Indonesia

More info:

Published by: Oyonks on Oct 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, PPT, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/17/2013

pdf

text

original

 
SEJARAHSEJARAHKESEHATAN MASYARAKATKESEHATAN MASYARAKAT
PROF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJOPROF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJOGURU BESAR EMERITUSGURU BESAR EMERITUSDEPARTEMEN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN ILMU PERILAKUDEPARTEMEN PENDIDIKAN KESEHATAN DAN ILMU PERILAKUFAKULTAS KESEHATAN MASYARAKATFAKULTAS KESEHATAN MASYARAKATUNIVERSITAS INDONESIAUNIVERSITAS INDONESIA
 
MASALAH-MASALAHMASALAH-MASALAHKESEHATANKESEHATAN
Penyakit-Penyakit:Penyakit-Penyakit:
 –Penyakit menular Penyakit menular  –Penyakit tidak menular Penyakit tidak menular 
Faktor-Faktor yang terkait dengan penyakit (Faktor Faktor-Faktor yang terkait dengan penyakit (Faktor risiko kesehatan):risiko kesehatan):
 –Makanan dan minumanMakanan dan minuman –Lingkungan dan Sanitasi lingkunganLingkungan dan Sanitasi lingkungan –Kecelakaan (rumah tangga, kerja, lalu lintas)Kecelakaan (rumah tangga, kerja, lalu lintas) –Becana (alamiah dan buatan manusia)Becana (alamiah dan buatan manusia) –Perilaku berisiko (merokok, seks bebas, dsb).Perilaku berisiko (merokok, seks bebas, dsb).
 
LAHIRNYA ILMU KEDOKTERAN DANLAHIRNYA ILMU KEDOKTERAN DANKESEHATAN MASYARAKATKESEHATAN MASYARAKAT
Menurut ceritera mithos Yunani, Asclepius (Asculapius)Menurut ceritera mithos Yunani, Asclepius (Asculapius)adalah orang yang pertama kali berhasil mengobatiadalah orang yang pertama kali berhasil mengobatipenyakit, bahkan teleh melakukan bedah menurur prosedur-penyakit, bahkan teleh melakukan bedah menurur prosedur-presedur tertentu.presedur tertentu.
Higeia, seorang asistennya (diceriterakan kemudian sebagaiHigeia, seorang asistennya (diceriterakan kemudian sebagaiisterinya), juga telah melakukan-melakukan upaya-upayaisterinya), juga telah melakukan-melakukan upaya-upayakesehatan.kesehatan.
Tetapi berbeda dengan suaminya, ia melakukan upayaTetapi berbeda dengan suaminya, ia melakukan upayapencegahan sebelum terjadinya penyakit (menu seimbang,pencegahan sebelum terjadinya penyakit (menu seimbang,menghindari makanan dan minuman beracun, olah ragamenghindari makanan dan minuman beracun, olah ragaserta kebersihan diri.serta kebersihan diri.
 Apabila orang sudah jatuh sakit, Higeia menganjurkan lebih Apabila orang sudah jatuh sakit, Higeia menganjurkan lebihbaik memperkuat tubuhnya dengan makanan yang baik,baik memperkuat tubuhnya dengan makanan yang baik,ketimbang pengobatan.ketimbang pengobatan.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yakin Doank liked this
Yana liked this
Deska Maja Santi liked this
Anthy Angrianti liked this
Endhank Boodooh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->