Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Usman Bin Afan

Makalah Usman Bin Afan

Ratings: (0)|Views: 2,837 |Likes:
Published by Yelmi Arya

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Yelmi Arya on Oct 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Keberhasilan muhammad dalam membangun peradaban dunia dankemudian ditambah lagi dengan kegemilangan generasi para sahabat yangmewariskan sistem dan nilai luhur saat tampil memegang tongkat kepemimpinansetelahnya merupakan torehan sejarah yang layak dicatat dengan tinta emas.Khulafaur Rasyidin adalah bukti dari suksesnya pewarisan sistem dan nilaitersebut, wafatnya nabi tidak serta-merta menjadikan islam kehilanganmercusuar peradabannya karena memang risalah ilahiyah ini tidak pernahbergantung pada satu namapun.Ditangan empat khalifah yang pertama inilah islam telah mencapai puncakkejayaannya. Sebuah prestasi yang belum berulang dua kali sampai hari ini.hingga suatu hari datang dan merebaknya fitnah yang disulut oleh kedengkianmusuh-musuh islam.
2.2 Tujuan
Berikut ini adalah beberapa tema sederhana yang berkaitan langsungdengan sejarah kepemimpinan dua khalifah terakhir yakni Utsman bin ‘Affan.Kami ketengahkan ini agar menjadi daya rangsang guna menggali danmengkaji makna kebijakan dari pejalanan kepemimpinan beliau berdua.Sehingga, siapapun akan bisa mereguknya untuk kemudian diterapkan dalamkehidupan sehari-hari. Apalagi sejarah yang kita selami ini adalah tapakperjalanan dua pribadi agung yang langsung berinteraksi dengan rasulullah.Mereka adalah orang-orang yang pertama sekali merasakan manisnya cucuranhidayah dan kemudian berbuah prilaku yang baik dan elegan.
 
BAB IIPERADAPAN ISLAM PADA PERIODEKHALIFAH USTMAN BIN AFFAN
2.1
Sejarah khalifah Usman Bin Affan
2.1.1
Utsman Bin Affan Sebelum Masuk Islam
Utsman bin Affan adalah sahabat nabi dan juga khalifah ketiga dalamKhulafaur Rasyidin. Beliau dikenal sebagai pedagang kaya raya danekonomi yang handal namun sangat dermawan. Banyak bantuan ekonomiyang diberikannya kepada umat Islam di awal dakwah Islam. Ia mendapat julukan Dzunnurain yang berarti yang memiliki dua cahaya. Julukan inididapat karena Utsman telah menikahi puteri kedua dan ketiga dari RasullahSaw yaitu Ruqayah dan Ummu Kaltsum.Usman bin Affan lahir pada 574 Masehi dari golongan Bani Umayyah.Nama ibu beliau adalah Arwa binti Kuriz bin Rabiah. Beliau masuk Islam atasajakan Abu Bakar dan termasuk golongan Assabiqunal Awwalun (golonganyang pertama-tama masuk Islam). Rasulullah Saw sendiri menggambarkanUtsman bin Affan sebagai pribadi yang paling jujur dan rendah hati diantarakaum muslimin. Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Aisyah bertanyakepada Rasulullah Saw, ‘Abu Bakar masuk tapi engkau biasa saja dan tidakmemberi perhatian khusus, lalu Umar masuk engkau pun biasa saja dantidak memberi perhatian khusus. Akan tetapi ketika Utsman masuk engkauterus duduk dan membetulkan pakaian, mengapa?’ Rasullullah menjawab,“Apakah aku tidak malu terhadap orang yang malaikat saja malukepadanya?”
2.1.2Utsman Memeluk Islam
Masuknya utsman kedalam islam berawal dari sebuah suara dalammimpinya di bawah rindang pohon antara maan dan azzarqa yangmenyarankan agar beliau segera kembali ke mekkah sebab orang yangbernama Muhammad telah muncul membawa ajaran baru yang kelak akanmerubah dunia sebagai utusan tuhan.
 
Setelah terbangun dari mimpinya beliau bergegas kembali ke mekkahdan menanyakan hal ihwal ataupun makna yang tersimpan dari kejadianyang menimpanya. Kemudian beliau bertemu dengan Abu bakar danmengajaknya untuk mengikuti langkahnya yang lebih dahulu memeluk islam.Lalu menghadaplah keduanya kepada rasulullah untuk menyatakankeislamannya.Sungguh tak terbilang pengorbanannya terhadap islam, tak terbataspada hartanya saja yang selalu dibelanjakan di jalan Allah nyawanya punteramat sering terancam dengan berbagai pengucilan dan penyiksaan darikerabat dan pemuka Quraisy ketika mereka tahu keislamannya. Di sisi lainAllah serta rasulnya begitu mencintainya sehingga pernah satu riwayatdisebutkan bahwa beliau adalah salah satu penghuni syurga yang akanmenemani rasul kelak.
2.1.3Utsman Menjadi Khalifah
Pembai’atan Utsman sebagai khalifah berdasar kesepakatan enamorang sahabat termasuk dirinya yang telah ditunjuk langsung oleh Umar ibnKhattab untuk menjadi penggantinya yang akan melanjutkan kepemimpinandan perjuangannya dalam menyebarkan islam ke penjuru dunia. Dari masainilah awal pengangkatan seorang khalifah secara demokratis dengan jalanmusyawarah yang diwakili oleh keenam orang sahabat sepanjang sejarahmanusia.
2.2
Pristiwa Yang Terjadi Pada Kekhalifahan Usman Bin Affan dalamMemperluas Islam.
2.2.1Perluasan Wilayah Islam
Setelah Khalifah Umar bin Khattab berpulang ke rahmatullah terdapatdaerah-daerah yang membelot terhadap pemerintah Islam. Pembelotantersebut ditimbulkan oleh pendukung-pendukung pemerintahan yang lamaatau dengan perkataan lain pamong praja dari pemerintahan lama(pemerintahan sebelum daerah itu masuk ke daerah kekuasaan Islam) inginhendak mengembalikan kekuasaannya. Sebagaimana yang dilakukan olehkaisar Yazdigard yang berusaha menghasut kembali masyarakat Persia agar 

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
garasand liked this
angin_maj liked this
Hadi Prayitno liked this
As Zuhri Dcc liked this
murianda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->