Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
an Filsafat Pasca Al-ghazali

an Filsafat Pasca Al-ghazali

Ratings: (0)|Views: 514|Likes:
Published by Hozaini

More info:

Published by: Hozaini on Oct 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2011

pdf

text

original

 
PERKEMBANGAN FILSAFATPASCA AL-GHAZALI
A. Pendahuluan.
Filsafat adalah Illmu pengetahuan yang mempersoalkan hakikat darisegala yang ada. Kata filsafat atau falsafat dalam bahasa Arab berasal dari bahasaYunani philosophia yang secara harfiah berarti cinta kepada pengetahuan ataucinta kepada kebijaksanaan. Orang yang cinta kepada pengetahuan ataukebijaksanaan disebut philosophos atau dalam bahasa Arab failosuf (filsuf).Pencinta pengetahuan atau kebijaksanaan adalah orang yang menjadikan pengetahuan sebagai usaha dan tujuan hidupnya, atau orang mengabdikanhidupnya kepada pengetahuan. Istilah philosophia dan philosophos pertama kalidigunakan oleh phythagoras (582-507 SM), tetapi istilah ini menjadi populer danlazim dipakai pada masa Sokrates (469-399 SM) dan Plato (427-347 SM).
1
Sedangkan Filsafat menurut Prof.Dr. HM. Amin Abdullah adalah methodology berfikir, yaitu berfikir kritis-analisis dan sistematis. Filsafat lebih mencerminkan proses berpikir dan bukan sekedar produk pemikiran
.
2
Pemikiran filosofis masuk ke dalam Islam melalui falsafat Yunani yangdijumpai ahli-ahli fikir Islam di Suria, Mesopotamia, Persia dan Mesi
r
.Kebudayaan dan falsafat Yunani datang ke daerah-daerah itu dengan ekspansiAlexander Yang Agung ke Timur di abad ke-empat sebelum Kristus. Politik Alexander untuk menyatukan kebudayaan Yunani dan Persia meninggalkan bekas besar di daerah-daerah yang pernah dikuasainya dan kemudian timbullah pusat- pusat kebudayaan Yunani di Timur, seperti Alexandria di Mesir, Antioch di Suria,Jundisyapur di Mesopotamia dan Bacra di Persia.
3
Al-Qur’an secara tegas telah memberi kemungkinan bagi pemikiranfilosfis . Di dalam Al-Qur’an terdapat sejumlah ayat yang menyuruh manusia
1
. Dewan Redaksi Ensikopedi Islam, Ensiklopedi Islam, (Jakarta: PT Ichtiar Baru VanHoeve, 1994, Jilid 2), hal. 15.
2
. A.Khudlori Sholeh, , Wacana Baru Filsafat Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004),halaman viii.
3
.Harun Nasution, Islam di tinjau dari berbagai aspeknya, (Jakarta: Universitas Indonesia/UI-Press, 1984-1985, Jilid 2), hal. 46.
1
 
untuk menggunakan daya nalarnya dengan menjadikan alam semesta sebagaiobyek pikirannya. Ayat-ayat Al-Qur’an itu, disamping mendorong timbulnya ilmu pengetahuan yang amat berguna buat kemakmuran hidup manusia jugamerangsang munculnya pemikiran filosofis dalam Islam.
B. Al-Ghazali Sebagai Filsuf.
Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali terkenal dengan nama Al-Ghazaliadalah merupakan ulama’ yang hebat pada zaman itu dan termasuk salah satuimam madzhab .Syafi’i. Beliau dilahirkan di Thus salah satu kota di Khurosan pada tahun 450 H/1058 M, dan belajar berbagai ilmu di tempat kelahirannya,kemudian mencari ilmu ke Neisabur, dan sejak kecil pada diri beliau sudahterlihat tanda-tanda kecerdasan dan kehebatan yang luar biasa. Dia menguasaiilmu kalam (theologi) dan menekuni ilmu filsafat, inilah yang menjadi sebab al-Ghozali dipercaya Perdana Mentri Nidzom al Mulk untuk mengurus sepenuhnyaMadrasah Nidzomiyah yang dibangun di Baghdad. Ketika beliau berumur 33tahun sudah menduduki tempat yang terhormat diantara ulama, masa itu. Dalamdunia filsafat beliau dijuluki Khujjatul Islam dan Zainuddin.
4
Al-Ghazali menjadi guru besar di Madrasah Nidzomiyah selama empattahun dan di waktu itulah ia mengarang buku Maqasid Al Falasifah (pemikiranKaum Filosof) yang diterjemahkan ke dalam bahasa latin dengan judul Logic etPhilosophia Al gazelis Arabis di tahun 1145 M, oleh Dominicus Gundissalinus.Bukunya yang termashur tentang falsafat Tahafut Al-Falasifah (KekacauanPemikiran Filosof-filosof) juga dikarang di periode ini.
5
Dalam mempelajari filsafat, al-Ghazali menemukan argument-argumenfilosofis yang dipandangnya menyalahi ajaran Islam. Karena itu, ia menyerangkaum filsuf yang diungkapkannya dalam bukunya Maqasid al-Falasifah, . Laluuntuk memperjelas kritiknya terhadap filsuf itu, ia menulis buku Tahafut al-Falasifah. Dalam buku itu al-Ghazali mengkritik 10 pendapat filsuf yangmengatakan bahwa :
4
.Muhammad Luthfi, Tarih Falasifah Al Islam Fil Masyriq wal Maghrib (Baerut: AlMaktabah Al Ilmiyah), hal. 67.
5
. Harun Nasution, opcit, hal. 52.
2
 
1.Tuhan tidak mempunyai sifat.2.Tuhan mempunyai subtansi sederhana (basit) dan tidak mempunyaihakikat (mahiyah)3.Tuhan tidak mempunyai perincian (juz’iyah)4.Tuhan tidak dapat diberi sifat jenis (aljins/genus) dan al-fasl (spesies)5.Planet-planet adalah bintang yang bergerak dengan kemauan6.Jiwa planet-planet mengetahui semua juz’iyah (rincian).7.Hukum alam tidak berubah.8.Pembangkitan jasmani tidak ada.9.Alam ini tidak bermula.10.Alam ini kekal.Bahkan al-Ghazali berpendapat bahwa tiga diantara 10 pendapat filsuf di atas,yaitu alam kekal (tidak bermula), tuhan tidak mengetahui rincian-rincian dan pembangkitan jasmani tidak ada, dapat membawa kepada kekufuran..
6
C. Pengaruh Filsafat Al-Ghozali.
Akibat serangan Al-Ghazali terhadap pemikiran filsafat sebelumnya,meski tidak sepenuhnya tepat dan benar, respon masyarakat muslim terhadapfilsafat menjadi berkurang, sehingga menyebabkan kelesuhan berfikir dan berijtihad di kalangan umat Islam. Sejak pertengahan abad ke 12 M, hampir semua khazanah intelektual Islam justru selalu menyerang dan memojokkanfilsafat, baik sebagai sebuah pendekatan, metodologi maupun disiplin keilmuan.Meski demikian, kajian dan pemikiran filasafat, sesungguhnya tidak  benar-benar hilang oleh serangan al-Ghazali, filsafat Islam tetap berkembang. Apayang dianggap sebagai kematian filsafat oleh sebagian orang hanya terjadi dikalangan sunni, khususnya Asy’ariyah. Pada bagian lain di dunia Islam, filsafat justru menemukan arah baru dan semakin membumbung tinggi.
7
Mengenai serangan al-Ghazali terhadap filsafat, ada beberapa hal yang patut dicermati, yaitu
:
6
. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, opcit hal. 26
7
. A. Khudlori Sholeh, Op Cit, hal ix - xxiv
3

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Hozaini added this note
Ilmu itu liar oleh sebab itu ikatlah dengan catatan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->