Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BIOLOGI

BIOLOGI

Ratings: (0)|Views: 411 |Likes:
Published by Hadi Siswanto

More info:

Published by: Hadi Siswanto on Oct 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as ODT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

 
Faktor-faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan pada tumbuhan1. Faktor eksternal/lingkungan: faktor ini merupakan faktor luar yang erat sekali hubungannya dengan proses pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhantumbuhan adalah sebagai berikut.Air dan mineralKelembaban.SuhuCahaya2. Faktor internal: faktor yang melibatkan hormon dan gen yang akan mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.Macam-macam hormon pada tumbuhan:AuksinGiberelinSitokininGas EtilenAsam AbsisatKalinMacam-macam hormon kalin adalah sebagai berikut.:Rhizokalin: merangsang pembentukan akar Kaulokalin: merangsang pembentukan batangAnthokalin: merangsang pembentukan bungaFilokalin: merangsang pembentukan daunDalam pelajaran biologi bahwa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanamandibedakan menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor external. ok sahabat blogger langsung saja
1. Faktor Internal
 
Faktor internal adalah segala pengaruh/faktor yang berasal dari tanaman itusendiri yaitu meliputi gen dan hormon.
 
a. Gen
Gen merupakan dasar faktor internal yang paling tidak bisa ditawar karenesetiap mahluk hidup tentu saja memiliki gen yang berbeda satu sama lain. Genmerupakan unit pewarisan sifat bagi organisme hidup.
Bentuk fisiknya adalah urutanDNA menyandi protein, polipeptida atau seuntaian DNA yang memiliki
 fungsi
bagi organisme yangmemilikinya. Batasan modern gen adalah
 suatulokasitertentu pada genomyang berhubungan dengan  pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), sasarantranskripsi , atau peran-peran fungsional lainnya.
Tentu saja dalam DNA ini telah disandi sebagaimanarupa yang menentukan bentuk dan pewarisan sifa dari induknya. Jadi begini Sahabat Blogger kalauyang mengontrol seluruh pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ini.
 
 b. Hormon
Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Semua organismemultiselular, termasuk tumbuhan memproduksi hormon. Dalam pertumbuhan ini peran hormon inisangatlah penting. berikut adalah daftar hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangantanaman. berikut adalah beberapa hormon yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangantanaman:1. AuksinJenis HormonFungsiTempat DiproduksiAuksinMendorong perpanjangan batang, pertumbuhan akar, differensiasi sel dan percabangan, pertumbuahan buah,dominasi epikal, fototropisme,geotropisme.Dihasilkan pada embrio dalam biji,meristem batang dan daun daunmuda.Ada beberapa janis auksin, antara lain adalah auksin A dan auksin B. Sebenarnya auksin A ituserupa dengan auksin B hanya berbeda pada kandungan airnya. Auksin A memeliki kandungan air yanglebih banyak yaitu sekitar 1 mol air leih banyak dari pada auksin B. Selain itu, ada zat yang disebutdengan heteroauksin yang kemudian di ketahui sebagai asam indol asetat (IAA). Semakin jauh dariujung tumbuhan konsentrasi auksin ini akan semakin menyusut.2. GiberilinJenis HormonFungsiTempat DiproduksiGiberilinMendorong pertumbuhan tinggi tanaman,mempengaruhi perpanjangan sel dan pembelahan sel.s erta pertumbuhan padaakar daun dan bunga serta buah.Di produksi oleh meristem batang,meristem akar, daun muda danembrio.Giberilin di temukan oleh Eiichi Kurosawa pada tahun 1926. Giberilin merupakan suatu zatyang diperoleh dari suatu jenis jamur yang hidup sebagai parasit pada padi di Jepang, yaitu jamur Gibberella fujikkuroi. Tanaman padi yang terserang oleh jamur tersebut mengalami pertumbuhan yangabnormal.
 
3. Asam traumalinJenis HormonFungsiTempat DiproduksiAsam TraumalinMampu memperbaiki kerusakan atauregenerasi sel pada luka yang terjadi padatubuh tumbuhan baik pada daun, batangataupun akar.Pertama kali dipelajari oleh Haberland. Pada percobaan yang dia lakukan, jaringan tanamandilukai kemudian di cuci bersih, ternyata bekas bidang luka tidak membentuk jaringan baru. Pada jaringan luka tersebut yang dibiarkan akan terbentuk jaringa baru di dekat luka tersebut. 4. KalinJenis HormonFungsiTempat DiproduksiKalinHormon yang mempengaruhi pembentukanorgan pada tumbuhanHormon kalin dibedakan menjadi 4 macam:a. Rizokalin yaitu hormon yang merangsang pembentukan akar, identik dengan vitamin B. b. Kaulokalin yaitu hormon yang merangsang pertumbuhan batang.c. Filokalin yaitu hormon yang merangsang pembentukan daun.d. Antokalin yaitu hormon yang merangsang pertumbuhan pada bunga.5. Asam AbsisatJenis HormonFungsiTempat DiproduksiAsam AbsisatMenghambat pertumbuhan, menutupstomata selama kekurangan air, menunda pertumbuhan.Disintesis pada daun, buah, batangdan biji.Asam Abscisat (ABA) adalah penghambat (inhibitor) pertumbuhan merupakanlawan dari giberelin danauksin. Hormon ini memaksa dormansi, mencegah biji dariperkecambahan dan menyebabkanrontoknya daun, bunga dan buah. Secara alamitingginya konsentrasi asam abscisat ini dipicu olehadanya stress oleh lingkunganmisalnya kekeringan. Hormon ini dibentuk pada daun-daun dewasa.6.Gas EtilenJenis HormonFungsiTempat DiproduksiGas EtilenMendorng pemasakan buah danmenyebabkan penebalan pada batang.Diproduksi oleh jaringan buahmasak, diruas batang dan jaringantua.Buah-buahan terutama yang sudah tua melepaskan gas yang disebut etilen. Etilendisintesis olehtumbuhan dan menyebabkan proses pemasakan yang lebih cepat. Selainetilen yang dihasilkan olehtumbuhan, terdapat etilen sintetik, yaitu etepon (asam 2-kloroetifosfonat). Etilen sintetik ini sering digunakan para pedagang untuk mempercepat pemasakan buah. Oleh karena itu buah yang tua seringdiletakkan ditempat tertutup (diperam) agar cepat masak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->