Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
227Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
normalisasi database

normalisasi database

Ratings:

4.5

(6)
|Views: 37,760|Likes:
Published by api-3755377

More info:

Published by: api-3755377 on Oct 15, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
 Normalisasi
etika kita merancang suatu basis data untuk suatu sistem relational, prioritasutama dalam mengembangkan model data logical adalah dengan merancangsuatu representasi data yang tepat bagi relationship dan constrainnya(batasannya). Kita harus mengidentifikasi suatu set relasi yang cocok, demi mencapaitujuan di atas. Tehnik yang dapat kita gunakan untuk membantu mengidetifikasi relasi-relasi tersebut dianamakan Normalisasi.
Proses normalisasi pertama kali diperkenalkan oleh E.F.Codd pada tahun 1972.normalisasi sering dilakukan sebagai suatu uji coba pada suatu relasi secara berkelanjutanuntuk menentukan apakah relasi tersebut sudah baik atau masih melanggar aturan-aturanstandar yang diperlakukan pada suatu relasi yang normal (sudah dapat dilakukan prosesinsert, update, delete, dan modify pada satu atau beberapa atribut tanpa mempengaruhiintegritas data dalam relasi tersebut).Proses normalisasi merupakan metode yang formal/standar dalam mengidentifikasidasar relasi bagi primary keynya (atau candidate key dalam kasus BCNF), dandependensi fungsional diantara atribut-atribut dari relasi tersebut. Normalisasi akanmembantu perancang basis data dengan menyediakan suatu uji coba yang berurut yangdapat diimplementasikan pada hubungnan individualshingga skema relasi dapat dinormalisasi ke dalam bentuk yang lebih spesifik untuk menghindari terjadinya error atauinkonsistansi data, bila dilakuan update tehadap relasi tersebut dengan Anomaly.
9.1 BEBERAPA DEFINISI NORMALISASI
 Normalisasi adalah suatu proses memperbaiki / membangun dengan model datarelasional, dan secara umum lebih tepat dikoneksikan dengan model data logika.
 Normalisasi adalah proses pengelompokan data ke dalam bentuk tabel atau relasi ataufile untuk menyatakan entitas dan hubungan mereka sehingga terwujud satu bentuk database yang mudah untuk dimodifikasi.
 Normalisasi dapat berguna dalam menjawab 2 pertanyaan mendasar yaitu: “apa yangdimaksud dengan desain database logical?” dan “apa yang dimaksud dengan desaindatabase fisikal yang baik? What is phisical good logical database design?”.
 Normalisasi adalah suatu proses untuk mengidentifikasi “tabel” kelompok atributyang memiliki ketergantungan yang sangat tinggi antara satu atribut dengan atrubutlainnya.
BAB 9
 
 Normalisasi bisa disebut jga sebagai proses pengelompokan atribut-atribut dari suaturelasi sehingga membentuk WELL STRUCTURED RELATION.
WELL STRUCTURED RELATION 
 
adalah sebuah relasi yang jumlah kerangkapandatanya sedikit (Minimum Amount Of Redundancy), serta memberikan kemungkinan bagi used untuk melakukan INSERT, DELETE, MODIFY, terhadap baris-baris data pada relasi tersebut, yang tidak berakibat terjadinya ERROR atau INKONSISTENSIDATA, yang disebabkan oleh operasi-operasi tersebut.Contoh:Terdapat sebuah relasi Mahasiswa, dengan ketentuan sebagai berikut.
Setiap Mahasiswa hanya boleh mengambil satu mata kuliah saja.
Setiap matakuliah mempunyai uang kuliah yang standar (tidak tergantung padamahasiswa yang mengambil matakuliah tersebut).
Tabel 9.1
 
 Relasi Kuliah
NIMKODE-MTKBIAYA
92130CS-2007592200CS-30010092250CS-2007592425CS-40015092500CS-30010092575CD-50050
Relasi Kuliah di atas merupakan sebuah relasi yang sederhana dan terdiri dari 3kolom / atribut. Bila diteliti secara seksama, maka akan ditemukan redundancy padadatanya, dimana biaya kuliah selalu berulang pada setiap mahasiswa. Akibatnya besar kemungkinan terjadi error atau inkonsistensi data, bila dilakukan update terhadap relasitersebut dengan Anomaly.Anomaly merupakan penyimpangan-penyimpangan atau error atau inkonsistensi datayang terjadi pada saat dilakukan proses delete, insert ataupun modify dalam suatu basisdata.
9.2 MACAM-MACAM PENYIMPANGAN (ANOMALY)9.2.1
 
I
NSERTION
 
A
NOMALY 
Insertion Anomaly, merupakan error atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat darioperasi menyisipkan (insert) tuple / record pada sebuah relasi.Contoh: ada matakuliah baru (CS-600) yang akan diajarkan, maka matakuliah\ tersebuttidak bisa di insert / disisipkan ke dalam Relasi Kuliah di atas sampai ada mahasiswayang mengambil matakuliah tersebut.
9.2.2
 
D
ELETE
 
A
NOMALY 
 
 
Delete Anomaly merupakan error atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi penghapusan (delete) terhadap tupe / record dari sebuah relasi.Contoh: mahasiswa dengan NIM
92425
 
(pada Relasi Kuliah di atas), memutuskanuntuk batal ikut kuliah CS-400, karena ia merupakan satu-satunya peserta matakuliahtersebut, maka bila record / tuple tersebut dihapus / delete akan berakibat hilangnyainformasi bahwa mata kuliah CS400, biayanya 150.
9.2.3
 
U
PDATE
 
A
NOMALY 
 
Update Anomaly merupakan error atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat oerasi perubahan (update) tuple / record dari sebuah relasi.Contoh: biaya kuliah untuk matakuliah CS-200 (pada relasi kuliah di atas) akandinaikkan dari 75 menjadi 100, maka harus dilakukan beberapa kali modifikasi terhadaprecord-record atau tuple-tuple mahasiswa yang mengambil matakuliah CS-200 tersebut,agar data teap konsisten.Berdasarkan teori normalisasi (yang akan dibahas kemudian),maka relasi kuliah diatas harus dipecah menjadi 2 relasi terpisah sebagai berikut.
Tabel 9.2
 
Relasi
 
Kuliah dipecah menjadi (a)Kuliah_Mahasiswa dan (b) Kuliah_Biaya
9.3 PROBLEM-PROBLEM PADA RELASI YANG SUDAHDINORMALISASI9.3.1
 
P
ERFORMANCE
 
P
ROBLEM
Contoh: sebelum normalisasi untuk menghasilkan listing data seperti pada relasiKuliah, dapat digunakan instruksi sintaks SQL sebagai berikut.
SELECTION *FROM KULIAH
Setelah dinormalisasi untuk menghilangkan listing data-data yang sama, harusterlebih dahulu menggabungkan tuple-tuple dari relasi Kuliah_Mahasiswa dengan tuple-tuple Kuliah_Biaya, dengan menggunakan perintah SQL sebagai berikut.
SELECTION NIM KULIAH_BIAYA.KODE-MTK, BIAYA
NIMKODE-MT
92130CS-20092200CS-30092250CS-20092425CS-40092500CS-30092575CD-500
KODE-MTKBIAYA
CS-20075CS-300100CS-400150CD-50050

Activity (227)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Sevty 'dhyra' liked this
Irsyad Hardianto liked this
Irsyad Hardianto liked this
Heru Setiawan liked this
Dwii Liismayhaa liked this
Tivanny Chella liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->