Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rpp Barisan & Deret Kls Xi Ak

Rpp Barisan & Deret Kls Xi Ak

Ratings: (0)|Views: 54 |Likes:
Published by ahmad matika

More info:

Published by: ahmad matika on Oct 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2011

pdf

text

original

 
 RPP Matematika SMK dan MAK Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas XI 
13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah : SMK ......Mata Pelajaran : MatematikaKelas : XIProgram Keahlian : Akuntansi dan Penjualan
Standar Kompetensi
: 7. Menerapkan konsep barisan dan deret dalampemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
: 7.1. Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan.
Indikator
: 1. Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan atauderet bilangan.2. Menyatakan suatu barisan atau deret bilangan dalamnotasi sigma.
Alokasi Waktu
: 8 jam pelajaran (4 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan atau deretbilangan.b. Peserta didik dapat menyatakan suatu barisan atau deret bilangan dalam notasi sigma.
B. Materi Ajar
-
Pola bilangan
-
Notasi sigma
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi.
D. Langkah-langkah Kegiatan
 
Pertemuan Pertama dan Kedua
PendahuluanApersepsi :Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkandapat mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan atau deretbilangan.Kegiatan Intia. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkandalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-bukupenunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, ataupemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari mediainteraktif, dsb) mengenai pola bilangan, kemudian antara peserta didik dan gurumendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMK danMAK Erlangga Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas XI, karangan Tuti M,dkk, hal. 78-79 mengenai pola bilangan).
 
 RPP Matematika SMK dan MAK Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas XI 
14
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai polabilangan dan cara mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan atau deret bilangan.c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket padahal. 78 mengenai menentukan pola bilangan dari suatu barisan dan deret, sertamemahami arti suku, serta sifat-sifat barisan dan deret.d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pola bilangan dari suatu barisan danderet bilangan dari soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket hal 79.e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari AktivitasKelas dalam buku paket hal 79.Penutupa. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai identifikasi pola bilangan darisuatu barisan atau deret bilangan.b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan barisan identifikasi polabilangan dari suatu barisan atau deret bilangan dari soal-soal Aktivitas Kelas dalam bukupaket pada hal 79 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
 
Pertemuan Ketiga dan Keempat
PendahuluanApersepsi : - Mengingat kembali mengenai identifikasi pola bilangan dari suatubarisan dan deret.- Membahas PR.Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat memahami cara menyatakan suatu penjumlahanberuntun dalam notasi sigma.Kegiatan Intia. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkandalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-bukupenunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, ataupemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari mediainteraktif, dsb) mengenai notasi sigma, kemudian antara peserta didik dan gurumendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMK danMAK Erlangga Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas XI, karangan Tuti M,dkk, hal 79-82 mengenai notasi sigma).b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai notasisigma, kaidah-kaidah notasi sigma, dan cara menyatakan suatu penjumlahan beruntunbilangan dengan notasi sigma.c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket padahal. 80 mengenai cara menyatakan suatu penjumlahan beruntun dalam notasi sigma dansebaliknya.d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal cara menyatakan suatu penjumlahan beruntundalam notasi sigma dan sebaliknya dari soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku pakethal 81, dan hal. 81-82 mengenai kaidah-kaidah notasi sigma.e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari AktivitasKelas dalam buku paket hal 81, dan hal. 81-82.f. Peserta didik mengerjakan soal-soal latihan dalam buku paket hal. 82 mengenai polabilangan dan notasi sigma sebagai tugas individu.Penutupa. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pola bilangan dan notasi sigma.b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pola bilangan dannotasi sigma dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 82 yang belum terselesaikan dikelas atau dari referensi lain.
 
 RPP Matematika SMK dan MAK Program Keahlian Akuntansi dan Penjualan Kelas XI 
15
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :- Buku paket, yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Program Keahlian Akuntansidan Penjualan Kelas XI, karangan Tuti M, dkk, hal. 79-82.- Buku referensi lain.Alat :-
 
Laptop-
 
LCD-
 
OHP
F. Penilaian
Teknik : tugas individu.Bentuk Instrumen : uraian singkat.Contoh Instrumen :1.
 
Tentukan lima suku pertama dari barisan
n
= 2
n
 
 – 
3 .2.
 
Tuliskan lima suku berikutnya dari deret berikut :a.
 
4 8 16 32 ....
 b.
 
0 + 4 + 16 + 64 + ...3.
 
Perhatikan pola bilangan pada barisan berikut, lalu tentukan lima suku berikutnya.a.
 
63 + 32 + 16 + 8 + ...b.
 
1 + 3 + 9 + 27 + 81 + ...4.
 
Nyatakan deret berikut dalam notasi sigma.a. 0 + 4 + 16 + 64 + ...b. 1
 – 
1 + 1
 – 
1 + 1
 – 
1 + ...Jakarta,............................................Mengetahui, Guru Mata Pelajaran MatematikaKepala Sekolah
 _______________________ _______________________ 
NIP. NIP.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->