Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengertian E-Commerce dan E-Business

pengertian E-Commerce dan E-Business

Ratings: (0)|Views: 152 |Likes:
Published by Yusuf Rahman

More info:

Published by: Yusuf Rahman on Oct 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran,pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atautelevisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer danaelektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistempengumpulan data otomatis.Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secaraelektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran dataelektronik (electronic data interchange /EDI), dll.E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebihluas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang jugamemerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang,dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatanritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempattrilyun dolar US pada tahun 2011.Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkankekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepatwaktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dankeamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:1. Menyediakan harga kompetitif 2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.7. Mempermudah kegiatan perdaganganBeberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:* E-mail dan Messaging* Content Management Systems* Dokumen, spreadsheet, database
 
* Akunting dan sistem keuangan* Informasi pengiriman dan pemesanan* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise* Sistem pembayaran domestik dan internasional* Newsgroup* On-line Shopping* Conferencing* Online BankingPerusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, danPaypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
-
/
Keuntungan dari E-commerce
 Keuntungan yang dapat diambil dari penerapan e-commerce dapat dilihat dari 3 pihak utamayang terlibat di dalamnya yaitu: organisasi, konsumen, dan masyarakat.
1. Bagi organisasi / perusahaan
a. Pasar internasional
Dengan penerapan e-commerce sebuah perusahaan dapat memiliki sebuah pasar internasional.Bisnis dapat dijalankan tanpa harus terbentur pada batas negara dengan adanya teknologi digital.Pihak perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru dunia. Hal inimenciptakan sebuah lembaga multinasional virtual.
b. Penghematan biaya operasional
Biaya operasional dapat dihemat. Biaya untuk membuat, memproses, mendistribusikan,menyimpan, dan memperbaiki kembali informasi juga dapat ditekan.
c. Kustomisasi masal
E-commerce telah merevolusi cara konsumen dalam membeli barang dan jasa. Produk barangdan jasa dapat dimodifikasi sesuai dengan keingingan konumen. Contohnya, di masa lalu saatperusahaan Ford mulai memasarkan mobil produksinya, para pembeli hanya dapat membelimotor yang berwarna hitam karena yang dibuat memang hanya warna tersebut. Namun sekarang
 
pembeli dapat mengkonfigurasi sebuah mobil sesuai dengan spesifikasi mereka hanya dalambeberapa menit, misalnya menentukan warna mobil yang mereka inginkan untuk mobil yangakan mereka beli, hanya dengan mengunjungi website Ford di internet.
d. Berkurangnya kendala inovasi
 Yang dimaksud adalah dengan e-commerce, suatu perusahaan dapat menghemat sumber dayakarena mereka tidak dipusingkan dengan sulitnya membuat penemuan baru untuk modifikasiproduk mereka. Sebagai contoh, perusahaan seperti Motorola (mobile phone) dan Dell(komputer) dapat mengumpulkan para konsumennya yang memesan sebuah produk. Parakonsumen dapat membuat suatu daftar mengenai spesifikasi produk baru yang mereka inginkandan mengirimkannya ke perusahaan secara on-line. Kemudian perusahaan dapat merencanakanproduksi suatu produk berdasarkan spesifikasi konsumen dan mengirimkan hasilnya dalam jangka waktu beberapa hari.
e. Biaya telekomunikasi yang lebih rendah
Internet lebih murah dari sebuah jaringan tambahan yang hanya digunakan untuk telepon.Adalah lebih murah untuk mengirimkan sebuah fax atau e-mail via internet daripada melakukandial telepon secara langsung.
f. Digitalisasi proses dan produk
Contohnya pada kasus produk software dan audio video, produk digital tersebut dapat diunduhatau dikirim lewat e-mail secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital.Hal ini tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.
g. Batasan waktu kerja dapat diatasi
Bisnis dapat dijalankan tanpa mengenal batas waktu karena dijalankan secara on-line melaluiinternet yang selalu beroperasi tiap hari.
2. Bagi konsumen
a. Akses penuh 24 jam / 7 hari

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->