Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bola voli

Bola voli

Ratings: (0)|Views: 214 |Likes:
Published by Asep Tri

More info:

Published by: Asep Tri on Oct 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2013

pdf

text

original

 
Bola voli
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bola voli
adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball)
 sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI(Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).
Aksi pukalan Smash dan Blok pada Bola voli
Sejarah
Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette inipertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yangbernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (AmerikaSerikat).William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA
(Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan
ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi inididirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.
 
Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahragabaru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan jugamendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang jugamerupakan lulusan Springfield College of YMCA , menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelahdiciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonettesebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenispermainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahragapermainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan
(handball)
.Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi,sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.  Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasipertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. LutherHalsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai ExecutiveDirector of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang danmeminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yangbaru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruhinstruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang.
 
Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina.
 Di masaDinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.
 Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan
Kemar i
.Di Italia,permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.
 Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari.
 Di beberapakompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehinggaakhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.
 Raja James I dariSkotlandia  juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola.
 Di tahun 1815, sebuahperkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah.
 Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.
 Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer).
 Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola.
 Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang,dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.
 Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
[sunting]Posisi Pemain
Penjaga gawang dalam sepak bola.Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang penjaga gawang,2-3 orang pemain bertahan, (
 fullbacks
), 2-4 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang.
 Penjaga gawangadalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk melindungi gawang dariserangan lawan.
 Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian yang berbeda denganpemain lainnya.
 Pemain bertahan memiliki tugas utama untuk menghentikan serangan lawan.
 Pemain tengah biasanya terdiri dari pemain tengah penyerang yang bermain dekat denganpenyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan.
 Penyerang memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.
 Posisi dasar pemain dapat mengalami modifikasi menjadi berbagai pola atau taktik permainan.
 Beberapa pola pemain yang sering digunakan dalam berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakan), 3-4-2-1 (kekuatan terletak di bagian tengah lapangan), serta 4-3-3 (formasi klasik dari tahun 1970-an yang sering digunakan oleh sistem
total football

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Winda Pratiwi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->