Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peristiwa Bandung Lautan API

Peristiwa Bandung Lautan API

Ratings: (0)|Views: 79 |Likes:
Published by anon_98491941

More info:

Published by: anon_98491941 on Oct 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2012

pdf

text

original

 
PERISTIWA BANDUNG LAUTAN API
Surat Kabar De Waarheid sebagaimana dikutif Soeara Merdeka Bandung (Juli 1946)memberitahukan bahwa di Downingstreer 10. London, pada awal tahun 1946, Inggrismenjanjikan penarikan pasukannya dari Jawa Barat dan menyerahlan Jawa Barat kepada Belanda, yang selanjutnya akan menggunakan sebagai basis militer untuk menghadapi Republik Indonesia.
 
Kesepakatn dua sekutu Inggris dan NICA (Nederlands Indie Civil Administration) Belandaitu memunculkan perlawanan heroic dari masyarakat dan pemuda pejuang di Bandung,ketika tentara Inggris dan NICA melakukan serangan militer ke Bandung. Tentara sekutuberusaha untuk menguasai Bandung, meskipun harus melanggar hasil perundingan dengan Republik Indonesia.
 
 Agresi militer Inggris dan NICA Belanda pun memicu tindakan pembumihangusan kota oleh para pejuang dan masyarakat Bandung.
 
Warga Bandung cinta kotanya yang indah, tetapi lebih cinta kemerdekaan….
 
Sekarang Bandung telah menjadi lautan api …………………………..
 
 Mari, Bung … Bangun … Kembali ……
 Tentara Sekutu dan NICA Belanda, yang menguasai wilayah Bandung Utara (wilayah diutara jalan kereta api yang membelah kota Bandung dari timur ke baratt), memberikanultimatum (23` Maret 1946) supaya Tentara Republik Indonesia (TRI) mundur sejauh 11 kmdari pusat kota (wilayah di selatan jalan kereta api dikuasai TRI) paling lambat pada tengahmalam tanggal 24 Maret 1946. Tuntutan itu disetujui Pemerintah Republik Indonesia diJakarta, padahal Markas Besar di Yogyakarta telah memerintahkan TRI untuk mempertahankan setiap jengkal tanah Bandung. TRI dan masyarakat Bandung memutuskanuntuk mundur ke selatan, tetapi sambil membumihanguskan Kota Bandung agar pihak musuhtidak dapat memanfaatkannya.Pada siang tanggal 24 Maret 1946, TRI dan masyarakat mulai mengosongkan BandungSelatan dan mengungsi ke selatan kota. Pembakaran diawali pada pukul 21.00 di IndischRestaurant di utara Alun-alun (BRI Tower sekarang). Para pejuan dan masyarakat membakaribangunan penting di sekitar jalan kerata api dari Ujung Berung hingga Cimahi. Bersamaan
dengan itu, TRI melakukan serangan ke wilayah utara sebagai “upacara” pengunduran diri
dari Bandung, yang diiringi kobaran api sepanjang 12 km dari timur ke barat Bandungmembara bak lautan api dan langit memerah mengobarkan semangat juang. Tekad untuk merebut kembali Bandung muncul di dalam hati setiap pejuang.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->