Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KAK Perencanaan Arsip

KAK Perencanaan Arsip

Ratings: (0)|Views: 91 |Likes:
Published by Ali Wahid Hasibuan

More info:

Published by: Ali Wahid Hasibuan on Oct 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2012

pdf

text

original

 
 
1
KERANGKA ACUAN KERJA ( KAK )PEKERJAAN PERENCANAANPERBAIKAN TRANSIT HOUSE I MENJADI GEDUNG ARSIPI. PENDAHULUAN
A.
 
Umum1.
 
Setiap bangunan gedung negara harus diwujudkan dan dilengkapi denganpeningkatan upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas Gedung, sehingga mampumemenuhi secara optimal fungsi bangunannya, dan dapat menjadi teladanbagi lingkungannya, serta memberi kontribusi positif bagi perkembanganarsitektur di Indonesia.2.
 
Setiap bangunan negara harus direncanakan dan dirancang dengan sebaik -baiknya, sehingga dapat memenuhi kriteria teknis bangunan yang layak darisegi mutu, biaya, dan kriteria administrasi bagi bangunan negara.3.
 
Pemberi jasa perencanaan untuk bangunan negara dan prasaranalingkungannya perlu diarahkan secara baik dan menyeluruh, sehingga mampumenghasilkan karya perencanaan teknis bangunan yang memadai dan layakditerima menurut kaidah, norma serta tata laku profesional.4.
 
Kerangka Acuan Kerja (KAK) untuk pekerjaan perencanaan perlu disiapkansecara matang sehingga mampu mendorong perwujudan karya perencanaanyang sesuai dengan kepentingan proyek.B. Maksud dan Tujuan1. Kerangka acuan Kerja (KAK) ini merupakan petunjuk bagi Konsultan Perencanayang memuat masukan, azas, kriteria, keluaran dan proses yang harus dipenuhidan diperhatikan serta diinterpretasikan ke dalam pelaksanaan tugasperencanaan.2. Dengan penugasan ini diharapkan konsultan Perencana dapat melaksanakantanggung jawabnya dengan baik untuk menghasilkan keluaran yang memadaisesuai KAK ini.C. Latar Belakang1. Pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah merupakan bagian dari lingkupkegiatan di lingkungan Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri TahunAnggaran 2008.
 
 
 
2
2. Pemegang mata anggaran adalah Departemen Luar Negeri RI yang dalam halini adalah Sekretariat Jenderal yang dibebankan pada DIPA No. 0001.0/011-01.0/-/2008 Tahun Anggaran 2008.D. Lingkup Proyek.1.
 
Lingkup Kegiatan/Proyek adalah : Perencanaan Perbaikan Transit House I untukDijadikan Gedung Arsip, Departemen Luar Negeri.2.
 
Lingkup Pekerjaan adalah (sesuai PO) :Perencanaan Pembangunan Gedung Perbaikan Transit House I Untuk DijadikanGedung Arsip
-
 
Pekerjaan Struktur
-
 
Pekerjaan Asitektur
-
 
Pekerjaan Elektrikal
-
 
Pekerjaan Mekanikal
-
 
Pekerjaan Interior3.
 
Lingkup tugas yang harus dilaksanakan oleh Konsultan Perencana adalahmengikuti ketentuan dalam dalam DIPA Nomor : 0001.0/011-01.0/-/2008Tanggal 31 Desember 2007 Tahun Anggaran 2008.Tahap yang akan dilaksanakan adalah :A.
 
Persiapan Perencanaan termasuk survey.B.
 
Penyusunan Pra Rencana termasuk program dan konsep ruang.C.
 
Pengembangan Rencana.D.
 
Penyusunan Rencana Anggaran Biaya.E.
 
Penyusunan Rencana Pelaksanaan.F.
 
Penyusunan Rencana Detail (Gambar Kerja, RKS, BQ, dan lain – lain.G.
 
Persiapan Pelelangan.H.
 
Pelaksanaan Pelelangan.I.
 
Pengawasan Berkala.
II. KEGIATAN PERENCANAAN
Lingkup tugas yang harus dilaksanakan oleh Konsultan Perencana adalah berpedomanpada ketentuan yang berlaku, khususnya Pedoman Teknis Pembangunan BangunanGedung Negara, Keputusan Menteri Kimpraswil Nomor : 332/KPTS/M/2002 tanggal 21Agustus 2002, yang dapat meliputi tugas - tugas perencanaan lingkungan, site/tapakbangunan, dan perencanaan fisik bangunan gedung negara yang terdiri dari :A. Persiapan Perencanaan seperti mengumpulkan data dan informasi lapangan,membuat interpretasi secara garis besar terhadap KAK, dan konsultasi denganpemerintah daerah setempat mengenai peraturan daerah/perijinan bangunan.B.
 
Menyusun Pra Rencana seperti rencana tapak, pra rencana bangunan termasukprogram dan konsep ruang, perkiraan biaya, dan mengurus perijinan sampai
 
 
3
mendapat keterangan rencana kota, keterangan persyaratan bangunan danlingkungan, dan IMB pendahuluan dari pemerintah daerah setempat.C.
 
Penyusunan pengembangan rencana, antara lain membuat :1. Rencana arsitektur, dan uraian konsep yang mudah dimengerti oleh pemberitugas.2. Rencana struktur, beserta uraian konsep dan perhitungannya.3. Rencana utilitas, beserta uraian konsep dan perhitungannya.4. Perkiraan biaya.D.
 
Penyusunan rencana detail antara lain membuat :1. Gambar - gambar detail arsitektur, detail struktur, detail utilitas yang sesuaidengan gambar rencana yang telah disetujui.2. Rencana Kerja dan Syarat - syarat (RKS).3. Rincian volume pelaksanaan pekerjaan, rencana anggaran biaya pekerjaankonstruksi.4. Laporan akhir perencanaan.E.
 
Mengadakan persiapan pelelangan, seperti membantu Pemimpin Proyek di dalammenyusun dokumen pelelangan dan membantu Panitia Pengadaan menyusunprogram dan pelaksanaan pengadaan.F.
 
Membantu Panitia Pengadaan pada waktu penjelasan pekerjaan, termasukmenyusun Berita Acara Penjelasan Pekerjaan, evaluasi penawaran, menyusunkembali dokumen pelelangan, dan melaksanakan tugas tugas yang sama apabilaterjadi lelang ulang.G.
 
Mengadakan pengawasan berkala selama pelaksanaan konstruksi fisik danmelaksanakan kegiatan seperti :1.
 
Melakukan penyesuaian gambar dan spesifikasi teknis pelaksanaan bila adaperubahan.2.
 
Memberikan penjelasan terhadap persoalan-persoalan yang timbul selama masapelaksanaan konstruksi.3.
 
Memberikan saran-saran.4.
 
Membuat laporan akhir pengawasan berkala.
III. TANGGUNG JAWAB PERENCANAAN
A. Konsultan Perencana bertanggung jawab secara profesional atas jasa perencanaanyang dilakukan sesuai ketentuan dan kode tata laku profesi yang berlaku.B. Secara umum tanggung jawab Konsultan adalah sebagai berikut :1. Hasil karya perencanaan yang dihasilkan harus memenuhi persyaratan standarhasil karya perencanaan yang berlaku.2. Hasil karya perencanaan yang dihasilkan harus telah mengakomodasi batasan -batasan yang telah diberikan oleh proyek, termasuk melalui KAK ini, seperti darisegi pembiayaan, waktu penyelesaian pekerjaan dan mutu bangunan yang akandiwujudkan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->