Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Koran Padang Ekspres | Jumat, 14 Oktober 2011

Koran Padang Ekspres | Jumat, 14 Oktober 2011

Ratings: (0)|Views: 1,052 |Likes:
Published by All Faceminang
uploaded by faceminang.com
uploaded by faceminang.com

More info:

Published by: All Faceminang on Oct 14, 2011
Copyright:Attribution

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Gempa Bali
REDAKSI
0751-778886
IKLAN
0751-778882
KORAN
0751-778884
JUMAT
14 OKTOBER 2011
 
16 DZULQAIDAH 1432 H
KORAN NASIONAL DARI SUMBAR
Rp
3.000
www.padangekspres.co.id
redaksi@padangekspres.co.id
Luar Kota+ Ongkos Kirim
Dan, Dialah Allah yang telah meng-hidupkan kamu, kemudian mematikankamu, kemudian menghidupkan kamu(lagi), sesungguhnya manusia itu, benar-benarsangat mengingkari nikmat.
(QS. Al Hajj: 66)
SUBUH........
04.46
ZUHUR........
12.07
ASHAR........
15.18
MAGHRIB....
18.12
ISYA.............
19.21
Koreksi Waktu:
Alahanpanjang-1menit,AirBangis+4menit,BalaiSelasa-1menit,Batusangkar-1menit,Dharmasraya–3menit,MuaraLabuh-2menit,Painan-1menit,Sijunjung-2menit,Sawahlunto-1menit,SimpEmpat+2menit,Solok-1menit,SeiLimau+1menit
teras
UTAMA
NUR INDRAWATY LIPUTO
Guru Besar Ilmu Gizi FakultasKedokteran Unand
Sehat dan LezatnyaMakanan Minang
SUNGGUH
melegakan membaca artikel dimajalah dan koran nasional yang melaporkan bah- wa rendang diakui dunia sebagai makanan terlezat.Paduan berbagai bumbu dan santan yang khas itutelah memikat banyak orang, tidak hanya diIndonesia tapi di tempat-tempat yang jauh.
Kali Pertama, Novelis Dunia Jostein Gaarder Kunjungi Pembacanya di Indonesia
Mengaku Sudah Kaya, tak Peduli Bukunya Dibajak 
Djufri Makan Bareng Jaksa
Jostein Gaarder, penulis novel-novel
best seller 
dunia, selama dua harisejak Selasa hingga Rabu (12/10)menyapa para penggemarnya diJakarta. Salah satu judul novelkaryanya yang terkenal di Indonesiaadalah
Dunia Sophie 
. Apa yangmembuat Gaarder tertarik datang kenegeri ini?
sinya. Di perpustakaan Universitas In-donesia (UI), Gaarder memberikan ku-liah umum tentang perubahan iklim.Sehari sebelumnya, dia juga jumpa fansdi Toko Buku Gramedia Matraman. An-trean juga tak kalah panjang.Selain
 Vita Brevis
, buku terjema-han karya Gaarder yang beredar tanpahak cipta adalah
Misteri Soliter
. ”Ini sa- ya bawa,” seloroh Gaarder sambil me-nujukkan buku bersampul kuning itu.
Misteri Soliter
adalah novel favoritGaarder. Buku itu bercerita tentangHans Thomas, anak laki-laki berusia 12tahun, yang bersama ayahnya mencariibunya yang menghilang.
Misteri So-liter
dikarang sebelum
 best seller DuniaSophie
meledak di pasaran.
BUKU
dari mana ini?” tanyaGaarder sambil membolak-balik buku
 Vita Brevis
 bersampul hitam. Gaardermenanyakan hal itu kepada salahseorang fans yang antre meminta tandatangan di buku-buku karangannya.
SOFYAN HENDRA
—Jakarta
 
Baca
Mengaku...
Hal 7
 
Baca
Sehat...
Hal 7
Padangpariaman, Padek 
Masih ingat dengan lagu ”Andai Aku jadi Gayus Tambunan” kar- ya Bona Papuntungan mengi-sahkan enaknya jadi Gayus Tam- bunan, terdakwa makelar kasus(markus) penggelapan danapajak dan dugaan suap di Kemen-keu, bebas keluar masuk lembagapemasyarakatan? Di Sumbar,ternyata ada juga terdakwa men-dapat perlakukan khusus, miripGayus Tambunan. Adalah anggota DPR RIKomisi II dari Fraksi PartaiDemokrat, Djufri, terdakwakasus korupsi pengadaan tanahpembangunan kantor DPRDKota Bukittinggi dan pool ken-daraan Subdinas Kebersihandan Pertamanan Kota Bukit-tinggi 2007, ini dipergoki war-tawan keluar dari tahananLembaga Pemasyarakatan (LP)Muaro Padang.Djufri makan siang dengan jaksa penuntut umum (JPU)Zulkifli dan Kasi PenuntutanKejati Sumbar, Idial di RumahMakan Lamun Ombak (LO)Pasausang, Batanganai, Kabu-paten Padangpariaman kema-rin (13/10). Padahal, anggotaKomisi II DPR dari Fraksi Par-tai Demokrat itu masih bersta-tus terdakwa, dan tahanan titi-pan pengadilan.
Idial: SudahIzin Pengadilan
 
Baca
Djufri...
Hal 7
Setelah dijawab bahwa buku itu ada ditoko, Gaarder hanya tersenyum. Sambilmembetulkan letak kaca matanya yangmelorot, dia membubuhkan tandatangan di buku yang menceritakanseorang Santo di mata perempuan yangpernah hidup bertahun-tahun tanpaikatan pernikahan tersebut.”Ternyata, buku saya dibajak juga disini. Tapi, saya tak peduli. Saya tetap gem- bira mereka membaca buku saya,” ujarGaarder seusai menandatangani buku. Antusiasme pembaca untuk berte-mu langsung dengan Gaarder memangtinggi. Lebih dari dua ratus fans Gaar-der membawa tumpukan buku kolek-
TERKESAN INDONESIA:
Jostein Gaarder saat di perpustakaan UI, Depok, kemarin.
SOFYANHENDRA/JPNN
TIM PADEK
redaksi@padangekspres.co.id
 
Baca
Bali...
Hal 7
 Agam Jaga HutanBerbasis Nagari
 Agam Padek 
—Masyarakat diKabupaten Agam berhasil me-ngamankan hutan mereka daripara cukong dan pembalak liar.Keberhasilan tersebut tidak le-pas dari peran masyarakat dinagari yang secara bersama-sa-ma menjaga hutan dari anca-man kerusakan.Mereka sadar, apabila hu-tan di sekitar nagari mereka di-rusak, maka mereka pula yangakan merasakan dampaknyaseperti longsor, banjir dan pe-manasan global. Begitu puladengan hewan yang hidupnya bergantung pada kelestarianhutan. Bagian dari ekosistem yang saling tergantung.Saat ini, Agam memilikihutan cagar alam seluas 27.023hektare, hutan lindung 22.003hektare, hutan produksi terba-tas 7.428 hektare, hutan pro-duksi 3.146 hektare, dan hutanproduksi yang dapat dikonversi14.891 hektare. Dari 82 nagari,terdapat 62 nagari yang ber- batasan langsung dengan hu-tan. Bahkan, ada nagari masuk dalam kawasan hutan lindung yang perlu dijaga, sehingga bisadiwariskan pada anak cucunantinya.
 
Baca
Agam...
Hal 7
Bali DiguncangGempa Besar
Mangupura, Padek 
—Balidiguncang gempa Kamis (13/10) kemarin siang hingga sore.Tak tanggung-tanggung, gem-pa terjadi hingga 10 kali darigempa pertama pada pukul 11.16 Wita dengan kekuatan 6,8 SkalaRichter (SR). Hingga yang ter-akhir pukul 15.52 Wita dengankekuatan 5,6 SR. Tak ada korban jiwa yang dilaporkan. Cuma,sejumlah bangunan di seluruhBali mengalami kerusakan.”Sudah 10 kali gempa. Sam-pai saat ini, yang 5,6 SR itu yangterakhir,” kata Kepala Bidang In-formasi dan Data Balai Besar Me-teorologi Klimatologi dan Geo-fisika (BBMKG) Wilayah VIII diTuban, Badung, Endro Tjahjonokepada koran ini kemarin petang.
Kekuatan 6,8 SR,62 Luka-luka
Yulnasri
MIFTAHUDDIN/JPNN
LAPEH TARAGAK:
Djufri (dua dari kiri) didampingi istrinya Zahara Hasni dan jaksa makan bersama di Rumah MakanLamun Ombak (LO) Pasausang, Batanganai, Kabupaten Padangpariaman kemarin (13/10). Jaksa mengaku sudahmengantongi izin Pengadilan Negeri Padang membawa terdakwa keluar LP.
HIJRAHSUKRIAL/PADEK
MENGHINDAR:
Seorang anggota TNI berupaya menyelamatkan diri darireruntuhan gedung akibat gempa, di Kuta, kemarin.
 
Indonesia kaya akan sumber da-ya hayati dan merupakan salah satunegara
megabiodiversity
terbesar didunia setelah Brazil. Meskipun luasnyahanya 1, 3% luas daratan bumi, namunkekayaan alamnya sangat melimpah,baik flora maupun faunanya. Indone-sia memiliki sekitar 17% jumlahspesies yang ada di dunia. Maka, tak mengherankan jika negara ini dikenalsebagai gudangnya tumbuhan obat(herbal) sehingga mendapat julukan
live laboratory
.Gentong Mas sebagai minumankesehatan herbal alami yang mengan-dung Gula Aren dan Nigella Sativa(Habbatussauda), bahan baku uta-manya telah terbukti manfaatnya dariberbagai penelitian ilmiah dan buktiempirik di berbagai negara.Berikut penuturan Sopyan, 45thn, yang 2 tahun terakhir ini kerapmengeluhkan staminanya sering me-nurun, “Badan saya mudah sekali te-rasa lelah Mungkin karena dari pagisampai sore saya beraktifitas di lapa-ngan.” Terang pria yang tinggal diSungai Cubadak, Kab. Agam, SumateraBarat memulai percakapan.Diakui oleh ayah 2 orang anak ini, ia memang tergolong orang yangpercaya pada pengobatan tradisional.Karenanya, ketika 2 bulan yang lalumendapat informasi mengenai Gen-tong Mas, dirinya tertarik untuk men-coba manfaat herbal ini, “Setelah mi-num Gentong Mas, sekarang saya me-rasa sehat. Badan terasa enteng. Walaukerja dari pagi sampai sore dan seringkehujanan, badan tetap segar.”Ungkapnya bahagia.Kini, ia tidak segan-segan mem-bagi pengalaman sehatnya tersebut de-ngan orang lain, “Semoga pengala-man saya ini bermanfaat untuk yanglain.” Pungkasnya mengakhiri per-cakapan.Selain rasanya manis dan lezat,Gula Aren banyak mengandung nu-trisi yang dibutuhkan tubuh diantara-nya adalah Riboflavin yang memban-tu pembentukan antibodi dan energi,memperbaiki kerusakan sel saat prosesproduksi energi, dan memperbaiki jaringan sistem pencernaan.Habbatussauda dalam GentongMas dapat meningkatkan jumlah sel-sel T, yang baik untuk meningkatkansel-sel pembunuh alami. Efekti-fitasnya hingga 72% jika dibanding-kan dengan plasebo hanya 7%.Dengan demikian mengkonsumsiHabbatussauda dapat meningkatkankekebalan tubuh.Habbatussauda pun kaya akankandungan nutrisi sebagai tambahanenergi sangat ideal untuk lansia, untuk menjaga daya tahan tubuh. Habbatus-
SOLSOLSOLSOLSOLUSI SEHAUSI SEHAUSI SEHAUSI SEHAUSI SEHAT UNTUKT UNTUKT UNTUKT UNTUKT UNTUKPEKERJPEKERJPEKERJPEKERJPEKERJA LAPA LAPA LAPA LAPA LAPANGANANGANANGANANGANANGAN
sauda mengandung 15 macam asamamino penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial.Asam amino ada yang dapat diproduksidalam tubuh ada juga yang tidak diproduksi oleh tubuh oleh karena itudibutuhkan suplemen tambahan.Profesor G Reimuller, DirekturInstitut Immonologi dari UniversitasMunich mengatakan bahwa Habba-tussauda dapat meningkatkan sistemkekebalan tubuh dan dapat digunakansebagai bioregulator.Manfaat yang hebat bagi kese-hatan dan rasa yang lezat membuatsemakin banyak masyarakat meng-konsumsi Gentong Mas.Untuk informasi lebih lanjutsilahkan kunjungi www.gentong-mas.com. Bagi Anda yang mem-butuhkan Gentong Mas bisa didapat-kan di apotek/ toko obat terdekat atauhubungi: Padang: 081283307337/0751-9879924, 082173008999 Bukittinggi/ Agam :081266649000 , PasamanTimur : 085263468003, Apt. SaiyoFarma, Toko Obat Mira Ps. Lubuk Si-kaping Payakumbuh: 085274663871.Sawahlunto: 081374119996. Solok:085274751679. Painan: 081266944-088. Pariaman: 087820250088. Ba-tusangkar: 085274740505, PasamanBarat: 082170517000.Padangpanjang: 085272954400.Limapuluh Kota : 085216048020,Solok Selatan : 082174562792Depkes:P-IRT: 812320501114.
UTAMA
JUMAT
 
14 OKTOBER
2011
2
Realisasi Rendah, Ekonomi Melamban
Padang, Padek 
—Realisasi belanja langsung menjadi tolok ukur cukup besar terhadappenilaian kinerja pejabat dilingkungan Pemprov Sumbar.Pejabat satuan kerja pejabatdaerah (SKPD) terancam di-copot dari jabatannya, jikarealisasi belanja langsung diSKPD yang mereka pimpinrendah.”Sebaliknya, jika realisisasi-nya tinggi dan mencapai target,makan akan ada
reward
untuk mereka. Seperti promosi jabat-an,” ungkap Sekretaris ProvinsiSumbar, Ali Asmar kepada
Padang Ekspres
, Rabu (12/10).Menurut mantan SekkoPadangpanjang tersebut, ada beberapa elemen yang menjadipenilaian kinerja para pejabat.Salah satunya melalui
quisio-ner
dari bawahan ke atasan,antarpejabat setingkat dan dariatasan ke bawahan. “Namun,penilaian realisasi belanja lang-sung memiliki nilai cukup be-sar dibandingkan elemen lain-nya,” tegasnya.Data Dinas Pengelola Ke-uangan Daerah (DPKD) Sum- bar, realisasi belanja langsungpada APBD 2011 Sumbar hing-ga Agustus hanya 39 persen.Dari Rp1.006.471.448.583 be-lanja langsung yang dianggar-kan untuk 35 SKPD, baru terea-lisasi sebesarRp396.583.541.214.Dari data itu, hanya 10SKPD yang mampu merea-lisasikan anggaran belanjalangsung di atas 50 persen.Inspektorat daerah merupakanSKPD tertinggi dalam realisasianggaran yakni 73 persen dariRp7.805.136.000, atauRp.5.745.539.543. KemudianBadan Pemberdayaan Perem-puan dan KB sebesar 67 persen.Lalu Badan Kesatuan Bangsadan Linmas dan Kantor SatuanPolisi Pamong Praja sebesar 66persen.Sementara Dinas PrasaranaJalan dan Tarkim Sumbar yangmendapat anggaran belanjalangsung terbesar dibanding-kan SKPD lain, realisasinya baru 53 persen. DariRp247.959.239.850 anggaran belanja langsung yang disedia-kan, baru Rp131.382.877.369 yang terealisasi.Sedangkan SKPD yang te-rendah realisasinya adalahRSUD Achmad Mochtar Bukit-ttingi, yang baru mencapai duapersen. DariRp53.842.338.900 anggaran belanja langsung yang dise-diakan, hanya Rp1.201.595.469 yang mampu direalisasikan.Kemudian diikuti Kantor Peng-hubung Sumbar, yang hanyamencapai 10 persen. DinasPerhubungan 15 persen. DinasPeternakan 24 persen. Lalu,Dinas Pendidikan, Pemuda,dan Olahraga di posisi kelimaterkecil, dengan realisasi 28persen.Menurut Ali Asmar, jikadata Agustus yang menjaditolok ukurnya, maka memang betul masih banyak SKPD yangrealisasi anggaran belanja lang-sungnya masih sedikit. Dia beralasan hingga bulan ter-sebut, sebagian proyek ataukegiatan baru masuk padatahap tender. “Realisasi akantampak besar pada bulan Sep-tember hingga akhir tahunnanti,” ujarnya.Pengamat ekonomi dariUniversitas Andalas, Elfindri berpendapat, ada dua hal yangmembuat realisasi belanja ter-sebut rendah atau berjalanlamban. Yakni lambatnya pe-netapan APBD dan semakinketatnya peraturan, sehinggamembuat pejabat penggunaanggaran atau kuasa penggunaanggaran takut atau lebih ber-hati-hati membelanjakan uang.”Akibat lebih jauhnya, pertum- buhan ekonomi melamban.Sebab, realisasi anggaran be-lanja langsung yang kecil ter-sebut membuat perputaranuang di tengah masyarakat jaditertahan,” terangnya.Kondisi seperti itu sebe-narnya terjadi setiap tahun.Untuk mengatasinya, kata Elfin-dri sejak jauh hari segala pro-gram yang ingin dibuat pe-merintah harus sudah matangdan dimenej dengan baik. ”Per-siapkan program sematang-matangnya,” katanya.
(cp)
Pejabat SKPDTerancam Diganti
SDA Ganti Agung,Menag Diisi NU
Jakarta, Padek 
—Proses
re-shuffle
formasi Kabinet Indo-nesia Bersatu (KIB) jilid duamenyentuh hingga ke tingkatmenteri koordinator (menko).Satu dari tiga pos yang ada, yakni Menko Polhukam, Men-ko Perekonomian, dan MenkoKesra, santer disebutkan me-ngalami pergantian.Hingga kemarin (13/10),dari tiga pos yang ada, posisiMenko Kesra Agung Laksonoadalah paling rawan. Infor-masi yang dihimpun di ling-kungan Istana Kepresidenanmenyebutkan, posisi Agungtermasuk dipertimbangkandievaluasi. Namun, hinggatadi malam, masih digodok siapa mengisi kursi yang saatini diduduki kader dari PartaiGolkar itu.Jika benar ada pergantianpada level menko, kocok ulangkali ini berarti mengulang saatPresiden Susilo Bambang Yu-dhoyono (SBY) menata KIB ji-lid satu (5 Desember 2005).Kala itu, SBY yang berpa-sangan dengan Jusuf Kalla(JK), menggeser Aburizal Ba-krie dari kursi Menko Per-ekonomian. Posisinya lantasdiisi Boediono yang saat inimenemani SBY sebagai wakilpresiden.Lantas siapa yang akanmenggantikan Agung Lakso-no? Berdasar sumber di inter-nal pimpinan partai anggotakoalisi, SBY telah menyiapkannama Menteri Agama (Menag)Suryadharma Ali alias SDA untuk mengisi pos tersebut.Dalam pembicaraan denganketua umum DPP PPP itu diCikeas, SBY disebutkan telahmenyampaikan rencana peru- bahan posisi tersebut secaralangsung. ”Jadi, tidak lagi diisiGolkar, tapi diberikan ke PPP,SDA (Suryadharma Ali, red),”kata sumber tersebut. Sedang-kan, posisi Menag nantinyadiambilkan dari kader Nahdla-tul Ulama (NU).Dikonfirmasi terkait infor-masi tersebut, Ketua DPP PPP Arwani Thomafi tidak mem- bantah atau pun membenar-kan rencana perubahan kom-posisi Menko yang kemudianmenggeser posisi SDA sebagaiMenag. Dia malah mengung-kapkan, bahwa selama initelah banyak pihak yangmengincar posisi menteri yangdiisi ketua umumnya tersebut.”Yang jelas, banyak pihak yangkebelet dengan pos menteriagama,” ujar Arwani Thomafi.Secara tersirat, PPP terke-san tidak sreg dengan rencanaperubahan posisi tersebut.”Lebih pas kalau SBY meng-ganti saja menteri-menteri yang jelas-jelas lebih banyak kebijakannya yang pro asing,”tandas Arwani.Pihak Partai Golkar yangmenempati ”
incumbent
diMenko Kesra tidak memberi bantahan jika jabatan tersebut berpotensi di-
reshuffle
. Saatditanya terkait nilai merah yang didapat oleh Agung di-penilaian UKP4, Ketum DPPPartai Golkar Aburizal Bakriemenyatakan tidak memper-masalahkan jika jabatan ter-sebut diganti. Aburizal me-ngaku sudah mempersiapkan Wakil Ketua Umum GolkarSharif Cicip Sutardjo jadi calonmenteri pengganti.Meski sudah dipersiapkan, bukan berarti sosok Cicip yangmasuk menggantikan Agungsebagai Menko Kesra. Sumber
JPNN
di internal Golkar me-nyatakan, bisa jadi sosok Wa-ketum Fadel Muhammad men- jadi Menteri Kelautan dan Per-ikanan digeser untuk meng-gantikan Agung. Sementara,Cicip bisa mengisi pos milik Fadel atau kementerian lain.Sementara itu, proses tataulang kabinet kali ini juga me-nyentuh pada level wakil men-teri (wamen). SBY menambahdua pos baru wamen, yakni wamen kesehatan dan wamenkebudayaan dan pariwisata. Wamenkes diisi Ali GufronMukti (dekan Fakultas Kedok-teran UGM) dan Wamenbud-par Sapta Nirwandar (dirjenPemasaran Kemenbudpar).
(jpnn)
SBY TambahDua Pos Wakil Menteri
Doktor Suhermanto Sangat Memuaskan
Padang, Padek 
—Kepala BiroPembangunan dan Kerja SamaRantau Pemprov Sumbar, Su-hermanto Raza berhasil men-dapat gelar doktor dengan pre-diket sangat memuaskan. Su-hermanto meraih gelar doktorusai mengikuti ujian terbukaprogram doktor Ilmu Pendidik-an Program Pascasarjana UNP,di Gedung Serbaguna FakultasTeknik (FT) Universitas NegeriPadang (UNP), Kamis (13/10).Melalui disertasinya berju-dul ”Pembelajaran Hak AsasiManusi (HAM) di Sekolah Me-nengah Atas (SMA) di KotaPadang”, Suhermanto berhasilmenjawab pertanyaan pengujidengan baik, terdiri dari Prof Dr Rusdinal, Prof Drs JaliusJama, Prof Dr Mukhiyar, Prof Dr Azwar Ananda, Prof Dr ZMawardi Effendi. SedangkanGubernur Sumbar Irwan Pra- yitno menjadi penguji ekster-nal dalam kapasitasnya sebagaiguru besar Universitas Mu-hammadiyah Jakarta.Suhermanto tak bisa me-nyembunyikan kebanggaannyausai berhasil jadi doktor. ”Darisurvei, saya lihat belum adadisertasi mengangkat tentangHAM di sekolah. Saya beranimenulis ini, karena isunyaaktual saat ini,” ungkapnya.Dipilihnya disertasi mengenaiHAM ini, berdasarkan banyak-nya pelanggaran HAM terjadidi Indonesia. Di mana, saat ini banyak masyarakat tidak pa-ham atau tidak mampu mem- bela hak atau kewajibannyasesuai konstitusi. ”Ketika oranglain ingin dihormati, maka disitu hak kita harus pula dihor-mati orang lain,” tukasnya.Disertasi itu, jelas Suher-manto, mengupas sejauh manafenomena HAM menyangkutharkat dan martabat manusiaharus dihormati, ditegakkandan dilindungi di sekolah.HAM adalah hak yang melekatpada manusia dan tidak dimi-liki makhluk lain. Hak dan ke- wajiban itu tidak saja dalamkehidupan individu, bermas- yarakat, dan rumah tangga, tapi juga bernegara. Dia melihatpembelajaran HAM di sekolah belum berjalan baik.”Harus dibarengi antaraHAM dengan kewajiban asasimanusia (KAM). Keduanyaharus sejalan. Generasi muda yang memahami antara HAMdan KAM ini akan bisa mema-hami kondisi masyarakat keti-ka berada di tengah masyara-kat. ”Begitu juga ketika diamenjadi pemimpin negara, dia bisa menjadi pemimpin yang baik. Tapi, jangan karena diapunya kewenangan, dia me-langgar. Begitu juga ketika diamenjadi rakyat yang punya hak demokrasi. Bukan demokrasianarkis, tapi demokrasi yangdipagari dengan hukum. Harustahu batasannya,” katanya.Dunia pendidikan adalahtempat untuk menempa ke-mampuan manusia menghar-gai HAM dan mengetahuiKAM. Ini akan menjadi masa-lah ketika pembelajaran HAMtidak berjalan baik. Ketikapembelajaran HAM tidak ber- jalan baik, maka dihasilkan pe-mimpin yang lemah dan sukamenyelewengkan jabatannya.Sesuai Keppres 40 tahun1999 yang telah diperbaruidengan Keppres 23 Tahun 2011tentang Rencana Aksi NasionalHAM, pendidikan itu harus di-lakukan berbasis HAM. ”Tapi,selama ini belum dilaksanakan.Proses pembelajaran masih se- batas transfer ilmu, dan guru belum bisa menjadi teladan bagi muridnya,” jelasnya.
(bis)
DOKTOR HAM
: Rektor UNP Z Mawardi Effendi (kiri) memberikan ucapan selamat kepada Suhermanto Raza usai ujian terbuka dan berhasilmeraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan, di Gedung Serbaguna Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (13/10).
SY. RIDWAN/PADEK
REALISASI BELANJA LANGSUNG APBD SUMBAR 2011 HINGGA AGUSTUS
NAMA SKPDPERSENTASE SISA ANGGARAN
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga28 56.227.281.358.00Dinas Kesehatan46 16.453.117.806.00RSUD AMBukittinggi2 52.622.743.431.00RSJ HB Saanin Padang32 9.355.417.428.00RSUD Solok30 20.208.890.731.00RSUD Pariaman34 10.718.346.891.00Dinas Prasarana Jalan dan Tarkim53 116.576.362.481.00Dinas Peng Sumber Daya Air36 57.511.987.709.00Badan Perencanaan Pembangunan Daerah52 6.946.548.174.00Dinas Perhubungan15 13.138.334.795.00Bapedalda54 1.877.120.808.00Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB67 1.192.098.477.00Dinas Sosial44 12.249.536.060.00Badan Penanggulangan Bencana Daerah51 2.021.518.121.00Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi33 6.231.995.550.00Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan40 9.716.803.045.00Badan Koordinasi Penanaman Modal Provinsi44 1.763.848.668.00Dinas Kebudayaan dan Pariwisata33 10.717.728.183.00Badan Kesatuan Bangsa dan LINMAS66 1.189.721.949.00Kantor Satuan Polisi Pamong Praja66 988.480.652.00Sekretariat Daerah37 53.146.013.456.00Sekretariat DPRD56 24.498.386.535.00DPKD42 19.071.566.358.00Inspektorat Provinsi74 2.059.596.457.00Kantor Penghubung Sumbar10 31.893.284.127.00Badan Diklat Prov Sumbar60 2.743.363.606.00Badan Kepegawaian Daerah43 3.422.294.521.00Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa47 3.470.796.107.00Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah41 4.905.080.627.00Dinas Pertanian48 9.124.210.827.00Dinas Perkebunan33 8.915.554.296.00Dinas Peternakan24 16.329.689.583.00Badan Ketahanan Pangan40 3.228.847.306.00Dinas Kehutanan50 3.045.594.789.00Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral34 3.930.074.008.00Dinas Kelautan dan Perikanan33 12.395.672.449.00
 
JUMAT
 
14 OKTOBER
2011
EKONOMI BISNIS
3
Semalam, 275 Unit Truk Terjual
Jaminan Hari Tua
 ASURANSI
kesehatan,kebutuhan asuransi yang pal-ing utama sebelumkita memiliki programasuransi dan investasi yang lainnya. Karenakesehatan, modal da-sar untuk melakukan berbagai aktivitas ke-hidupan ini. Apalagi,peluang seseorang un-tuk sakit tinggi. Se-mentara biaya kese-hatan atau pengoba-tan kini semakin mahal, khu-susnya biaya rumah sakit danobat obatan. Asuransi, salah satu meka-nisme yang telah terbukti am-puh dalam melindungi aset-aset paling berharga dari tiapindividu. “Kalau kita tidak punya asuransi sama artinyakita tidak punya masa depan.Sebab, tidak punya rencanadan kepastian,” kata HendriGunawan. Atas prinsip itulah, Hendri bergabung dengan asuransi Allianz sejak 2001 lalu. Pili-hannya jatuh ke Allianz dise- babkan pelayanan yang dibe-rikan agency Allianz. Bahkan,nasabah dikunjungi tiap ming-gunya oleh agency Allianz.“Dengan demikian, nasa- bah merasa dihargai atas kun- jungan tersebut. Inilah salahsatu kunci lebih dari asuransiini,” ungkapnya seraya me-ngatakan nasabah pun merasa betah dan dilayani dengan baik.Di Allianz, kata Hendri, kitamendapatkan manfaat yang jelas untuk berasuransi, yaituproteksi besar tapi ada nilaiinvestasinya untuk masa tuananti. Beda denganperusaahan asuransi yang sama menjualunitlink. “Mereka lebihmenonjolkan investasidan memberi proteksi yang minim sehingga begitu terjadi risikouang yang kita terimadari asuransi kecil se-kali,” tukas klien Agen-cy Director Allianz Pa-dang, Betty Wijaya ini.
(*)
Berbagi 
BTN Serahkan 10 Gram Emas
Padang, Padek 
—Bank BTNcabang Padang kembali me-nyerahkan hadiah 10 gramemas periode V Agustus 2011undian Banjir Emas SepanjangTahun tabungan BTN e Ba-taraPos, kemarin.Seorang nasabah BTN e-Batara Pos Kantor Pos Padang,Suharno (kelompok Flambo- yan) beruntung mendapatkan10 gram emas.Hadiah itu diserahkanDBM Consumer BTN Padang,Dadang Sulaksana ke Suharnodi kantor Pos Padang, kemarin.Penyerahan disaksikan WakilKepala PT Pos Padang, AsrilKhaidir. Suharno merupakanketua kelompok usaha bersamaFlamboyan yang mendapatkankucuran dana bergulir dariDinas Sosial.Dadang Sulaksana menga-takan, hadiah ini diundi tiap bulan dengan membagikanmasing-masing 10 gram emasuntuk 10 pemenang mingguan yang beruntung. Berlangsunghingga akhir 2011.Di akhir periode akan di-undi hadiah grand prize 2 kgemas untuk pemenang utama,masing-masing 25 gram untuk 50 pemenang dan masing-masing 10 gram untuk 100pemenang.”Bagi nasabah saldo mini-mal Rp500 ribu berhak ikutundian reguler, Rp5 juta ber-hak ikut grand prize. Setiapkelipatan Rp100 ribu dapat 1poin,” ungkap Dadang.Tabungan BTN e-BataraPos,papar Dadang, peremajaan dariproduk Tabanas Batara bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.
(mg11)
Bonus Voucher KFC untuk Pelanggan
Padang, Padek 
—Siapa yangtak suka ayam goreng KFC ?apalagi bisa makan gratis. Buatpelanggan prabayar Esia diPadang, makan ayam gorengKFC gratis tak lagi sekadarmimpi. Esia akan memberikan bonus voucher KFC senilai Rp10 ribu dengan hanya mela-kukan isi ulang minimal Rp 25ribu di Gerai Esia Padang Jl. A. Yani no 40 Padang (0751-9901-010). Voucher ini juga akan berlaku untuk kelipatannyamaksimal sampai dengan isiulang Rp100 ribu.“Promo hingga akhir Okto- ber 2011 ini bertujuan memak-simalkan keuntungan bagi pe-langgan Esia. Jika bonusnyagratis pulsa, itu udah biasa.Tapi kalau bisa makan enak gratis di KFC, hanya Esia yang bisa berikan”, ujar Yunus Sa-pang, Head of Area ManagerPadang PT Bakrie TelecomTbk.Karenai itu Yunus meng-harapkan masyarakat Padangmemanfaatkan kesempatan yang tidak lama ini. ”Kamitidak batasi apakah dia pe-langgan lama atau baru. Sepan- jang isi ulang Rp 25 ribu makalangsung dapat bonus Rp10ribu makan ayam di KFC,”katanya.Tidakhanyaitu, bagi pelang-gan Esia yang suka nelpon danSMS. Esia juga menawarkan”PAKET PUAS” Gratis Nelpondan SMS sepuasnya ke jutaanpelanggan Esia di seluruh In-donesia. Pelanggan dapat me-milih mau menikmati paketPUAS Seharian atau PaketPUAS Mingguan. Untuk PuasHarian dikenakan biayaRp2.500/ hari (ketik PUASkirim ke 515). Paket PUASMingguan Rp10.000, ketik MINGGUAN kirimke 515.
(mg11)Padang, Padek—
Satu malamdi acara Truck Campaign 2011 yang digelar PT Andalas Ber-lian Motors yang berlangsungdi Hotel Pangeran, Rabu (12/10), terjual sebanyak 275 truk Mitsubishi Colt Diesel. AcaraTruck Campaign 2011 yang bertemakan “Bersama Sema-kin Lengkap dan Mengun-tungkan“ ini juga diramaikanpembagian door prize danaward bagi pelanggan setia truk Mitsubishi.Hadir pada acara itu Pim-pinan PT Andalas Berlian Mo-tors, Khairul Halim, Advisordari Mitsubishi CoorporationJapan, Satoshi Niwa, Head of Field Departemen PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor re-gional Sumatera, Margandadan manajemen SumateraBerlian Motors serta para tamuundangan lain. Ada lima jenis penghargaan yaitu, Best Driver, Best Cus-tomer after Sales Service, BestCustomer Mitsubishi Colt Die-sel Buyer, Best Customer Mit-subishi Fuso Buyer, dan BestCustomer Truck Buyer.Disebutkan Khairul Halim,acara ini sudah menjadi kegia-tan tahunan Mitsubishi di In-donesia, yang mana acara inidigelar bekerja sama antara PT Andalas Berlian Motors denganPT Krama Yudha Tiga BerlianMotor (KTB). “Lewat acara inikami jalin silaturahmi antarpemilik dan pengguna truk Mitsubishi,” katanya.Khairil juga memperkenal-kan beragam produk andalantruck Mitsubishi yakni superspeed untuk angkutan dinasatau lintas kota, super poweruntuk angkutan pertambangandan hasil hutan, super capacity atau angkutan yang lebih pan- jang dan lebih lebar.Selain itu, Satoshi Niwamenyambut baik acara ini danmengatakan Truck Campaign2011, upaya memberikan pela- yanan terbaik dari Mitsubishiuntuk pelanggannya.Kegiatan tersebut juga dime-riahkan artis Uut Permatasaridan MC Jarwo Kuwat. Dan kon-sumen yang hadir diberikan ba-nyak hadiah kejutan seperti se-peda motor, kulkas, TV, kipasangin dan hadiah lainnya.
(e)
VOUCHER KFC:
Seorang pelanggan esia memperoleh voucher KFCusai isi ulang di gerai esia, kemarin.
HUJAN EMAS:
Suharno (kelompok Flamboyan) bersama DBM Con-sumer BTN Padang, Dadang Sulaksana dan Wakil Kepala PT PosPadang, Asril Khaidir.
ISTIST
HIBURAN:
ArtisUut Permatasarihibur konsumenMitsubishi.
Hendri Gunawan
SYRIDWAN/PADEK

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lass Tanawani liked this
Mayredha Arnella liked this
Rina Ayu liked this
Namarla liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->