Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
134Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERPECAHAN ISLAM MENJADI 73 GOLONGAN

PERPECAHAN ISLAM MENJADI 73 GOLONGAN

Ratings:

4.67

(12)
|Views: 35,267|Likes:
Published by api-3764563
Cinta Rasul
Cinta Rasul

More info:

Published by: api-3764563 on Oct 16, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
oleh :oleh :
KH. Siradjuddin AbbasKH. Siradjuddin AbbasHartono Ahmad JaizHartono Ahmad JaizSyaikh Muhammad Yusuf QardhawiSyaikh Muhammad Yusuf Qardhawi
PERPECAHAN AGAMA ISLAM PERPECAHAN AGAMA ISLAM MENJADI 73 GOLONGAN MENJADI 73 GOLONGAN 
 
MUKADIMAH MUKADIMAH 
Presentasi ini dibuat khusus untuk semua saudara saudari seiman dan seagama, agar kita Presentasi ini dibuat khusus untuk semua saudara saudari seiman dan seagama, agar kita membuang jauh membuang jauh- -jauh segala perbedaan Mazhab yang ada. Tercatat dalam sejarah bahwa perbedaan  jauh segala perbedaan Mazhab yang ada. Tercatat dalam sejarah bahwa perbedaan  inipun telah pula membawa kepada pecahnya peperangan dan saling benci antar sesama Muslim.inipun telah pula membawa kepada pecahnya peperangan dan saling benci antar sesama Muslim.Marilah kita tetapi kebenaran yang sudah dibawa oleh para Wali Allah dimuka bumi kepada kita Marilah kita tetapi kebenaran yang sudah dibawa oleh para Wali Allah dimuka bumi kepada kita dalam barisan Ahlus Sunnah wal Jamaah, walaupun kita berbeda Imam, walaupun kita berbeda dalam barisan Ahlus Sunnah wal Jamaah, walaupun kita berbeda Imam, walaupun kita berbeda  pulau, walaupun kita berbeda negara, di Indonesia, di Malaysia, di Singapore dan di Brunei. pulau, walaupun kita berbeda negara, di Indonesia, di Malaysia, di Singapore dan di Brunei.Sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap Imam, Ulama, Wali atau pemimpin kelompok agama akan Sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap Imam, Ulama, Wali atau pemimpin kelompok agama akan mengatakan bahwa KAMI MEMERANGI BID·AH DAN KHURAFAT, Bid·ah itu sesat dan mengatakan bahwa KAMI MEMERANGI BID·AH DAN KHURAFAT, Bid·ah itu sesat dan kesesatan itu membawa ke neraka. Mereka juga akan berata bahwa ia akan mengembalikan umat kesesatan itu membawa ke neraka. Mereka juga akan berata bahwa ia akan mengembalikan umat manusia kepada kebenaran Kitabullah al Quran al Karim dan As Sunnah al Hadits.manusia kepada kebenaran Kitabullah al Quran al Karim dan As Sunnah al Hadits.Namun apabila kita tidak memperhatikan hal  Namun apabila kita tidak memperhatikan hal- -hal pokok dan penting dalam ajaran mereka, boleh hal pokok dan penting dalam ajaran mereka, boleh   jadi kita terlena dan ikut dalam ajaran mereka dan menyimpang dari kebenaran yang sebenarnya. jadi kita terlena dan ikut dalam ajaran mereka dan menyimpang dari kebenaran yang sebenarnya.Perpecahan dalam agama Islam sudah tercatat dalam sejarah berlaku sejak 1400 tahun yang lalu.Perpecahan dalam agama Islam sudah tercatat dalam sejarah berlaku sejak 1400 tahun yang lalu.Dan jelaslah bahwa perkara seperti itu masih berlanjut hingga 2005 ini, dan perlulah bagi kita Dan jelaslah bahwa perkara seperti itu masih berlanjut hingga 2005 ini, dan perlulah bagi kita untuk mewaspadainya.untuk mewaspadainya.
 
KETERANGAN UMUM TENTANG ISTILAHKETERANGAN UMUM TENTANG ISTILAH--ISTILAH DALAMISTILAH DALAM  AGAMA ISLAM AGAMA ISLAM
Dalam memahami soal-soal I¶itiqad (kepercayaan) dalam Islam lebih baik terlebih dahulu mengetahuibeberapa istilah dalam Islam :
[1]Usuluddin
artinya pokok (hal yang sangat penting) dalam agama.
IlmuUsuluddin
artinya ilmu yang mempelajari pokok-pokok agama.
IlmuUsuluddin
sama dengan
ilmuKalam
(perkataan/hukum Allah) =
ilmuTauhid
(ke-Esaan Allah) =
ilmuAqaid
atau
ilmuI¶itiqad
(kepercayaan tentang ketuhanan, kenabian dan akhirat) =
ilmuSifat20(duapuluh
) karena mempelajari tentang sifatAllah SWT.Kalau berbicara tentang asal usul (pokok) agama sudah tentu ada
furu¶
(cabang). Dan dalam keagamaan
fursyariat
berarti cabang-cabang ibadah yang meliputi shalat, puasa, zakat, haji, nikah, jual beli danlain-lain.Dengan demikian Ushuluddin ialah I¶itiqad-I¶itiqad (kepercayaan/keyakinan) secara batiniah. Dan furusyariat adalah segala ibadah yang dikerjakan secara lahiriah.
[2]Firqah
artinya golongan keyakinan didalam lingkungan umat Islam.Perbedaan dalam firqah sangat bertentangan satu sama lain, sangat tajam karena menyangkut keyakinan(faham) umat yang dalam sejarah hanya karena perkara firqah inilah sehingga terjadinya pembunuhandimana-mana. Perbedaan firqah sangat sulit untuk diperdamaikan apalagi untuk dipersatukan.

Activity (134)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ente siapa? maksud Allah SWT di Arsy itu apa ya? trus islam yg bid'ah syirik bikin ibadah sendiri, yang menganggap Rasulullah SAW belum menyampaikan secara sempurna sehingga kalian menyempurnakannya dengan mencampuradukan dengan budaya hindu itu bagaimana???
Martanio Chess added this note
ko NU ga ada ya
Fauzi Sudani Abdillah added this note
hahaha cuma bisa ketawa.. ini data dari mana? kok gak dicantumkan sumbernyee? gan kalo mau ngeshare yang jelas dunk jgn malah ngelawak..
Kiki Yuliandara liked this
Ibael Baihaqqi added this note
jelasin tentang aliran washiliyah (khawarij) dan sulaimaniah (syiah) juga donk,,,,,,,,,,,,,
Cha-cha Moet liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->