Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
14Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RDTR Draft 3.Gabungan Raperda Jakarta Timur (A3)

RDTR Draft 3.Gabungan Raperda Jakarta Timur (A3)

Ratings: (0)|Views: 1,555 |Likes:
Published by Elisa Sutanudjaja

More info:

Published by: Elisa Sutanudjaja on Oct 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

pdf

text

original

 
BAB XVIIRENCANA RINCI TATA RUANG WILAYAH KECAMATAN PASAR REBOBagian KesatuUmumPasaL 460
Rencana Rinci Tata Ruang Wilayah Kecamatan Pasar Rebo meliputi:
a.
Tujuan, Kebijakan, dan Strategi Penataan Ruang Wilayah KecamatanPasar Rebo;
 b.
Rencana Struktur Ruang Kecamatan Pasar Rebo;
c.
Rencana Pola Ruang Kecamatan Pasar Rebo;
d.
Penetapan Kawasan Strategis Wilayah Kecamatan Pasar Rebo;
e.
Arahan Pemanfaatan Ruang Wilayah Kecamatan Pasar Rebo; dan
f.
Arahan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wilayah KecamatanPasar Rebo.
Bagian KeduaTujuan, Kebijakan dan Strategi Penataan Ruang Wilayah Kecamatan Pasar ReboParagraf 1Tujuan Penataan Ruang Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 461
Untuk mewujudkan tujuan penataan ruang wilayah Kecamatan Pasar Rebo, maka tujuan pengembangan TataRuang Wilayah Kecamatan Pasar Rebo adalah:a.Terselenggaranya pengaturan pemanfaatan ruang kawasan lindung dan kawasan budi daya.
 b.
Terwujudnya keterpaduan, keterikatan dan keseimbangan antar wilayah kecamatan sertakeserasian antar sektor.c.Tercapainya pemanfaatan ruang yang berkualitas untuk :a.Mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera lahir dan batinb.Mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan sumberdaya alamc.Meningkatkan pemanfaatan sumberdaya alam dan sumberdaya buatan secara berdaya-guna,berhasil-guna dan tepat-guna untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusiad.Mewujudkan perlindungan fungsi ruang dan mencegah serta menanggulangi dampak negatif terhadap lingkungane.Mewujudkan keseimbangan kepentingan kesejahteraan dan keamanand.Tersusunnya arahan lokasi investasi yang akan dilaksanakan pemerintah dan masyarakat.e.Tersusunnya arahan pelaksanaan pemanfaatan ruang dan merupakan dasar dalammengeluarkan perijinan lokasi pembangunan.
Paragraf 2Kebijakan dan Strategi Penataan Ruang Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 462
(1)
Kebijakan Kawasan Lindung Kecamatan Pasar Rebo,
(2)
Kebijakan Kawasan Budidaya Kecamatan Pasar Rebo,a.Perumahan
Penggunaan perumahan legih diarahkan kepada resettlement daerah-daerah hunian yang akantergusur akibat pengembangan kegiatan lain, seperti perluasan dan lain sebagainya. Sedangkanpembangunan perumahan untuk masa mendatang dibatasi.
Program perbaikan lingkungan perlu dilanjutkan.b.Sektor Perdagangan dan Jasa
Pengembangan sentra-sentra tetap diutamakan
Pengembangan ribbon dibatasi dan ditolerir hanya pada kelas jalan tertentu, yaitu kolektor keatasdan harus terjamin kelancaran lalu lintas dan penyediaan fasilitas parkir yang memadai.
Peremajaan pasar harus memperhatikan kepentingan pedagang lama dan ekonomi lemah.c.Sektor Transportasi
Beberapa ruas jalan tertentu perlu ditingkatkan kapasitasnya melalui program pelebaran jalan.
Pengembangan jaringan jalan baru lebih diutamakan pada bagian utara dan selatan BWKKecamatan Pasar Rebo.d.Sektor Fasilitas Umum
Pencadangan lahan untuk pembangunan fasilitas umum harus dilakukan sedini mungkin.
Mendorong pihak swasta untuk berperan serta dalam pembangunan fasilitas umum.
Optimasi pada lokasi fasilitas umum yang telah ada dengan penambahan lokal.
Pembangunan baru untuk memenuhi jumlah kebutuhan dan pencapaian target sesuai standar kecamatan.e.Sektor Air Minum
Penambahan jaringan pelayanan air bersih / air minum PAM melalui pengembangan jaringaninduk baru dan jaringan distribusi serta hidran umum.
Penggunaan air yang melampaui batas harus dicegah.f.Sektor Sanitasi dan Sampah
Pengadaan septick tank kelompok pada lokasi-lokasi perumahan yang dihuni oleh penduduk yangberpenghasilan rendah. Sistem perencanaan yang dipakai yaitu perencanaan yang diintegrasikanterhadap sistem sewerage.
 
Meningkatkan kondisi MCK yang ada serta pengadaan baru sesuai kebutuhan lingkunganperumahan padat.
Pengelolaan sampah dengan menyediakan container dan dipo-dipo sampah sesuai kebutuhang.Sektor Banjir dan Drainase
Melaksanakan normalisasi kali dan penambahan saluran mikro dan meningkatkan sistem makrodrainase yang ada.
Melaksanakan kegiatan vegetasi secara serentak.h.Sektor Utilitas Umum.
Penambahan gardu-gardu listrik dan penambahan/peningkatan jaringan pelayanan listrik sertalampu-lampu penerangan jalan.
Penambahan telepon umum pada lokasi-lokasi strategis.
Koordinasi terpadu antara PLN, Telkom dan Pemda DKI Jakarta dalam perencanaan danpelaksanaan pengadaan instalasi listrik, telepon dan gas.i.Sektor Ruang Terbuka Hijau
Melaksanakan dan mencadangkan serta mengamankan ruang terbuka hijau sepanjang kali danmemanfaatkannya untuk taman dan hortikultura yang dapat dinikmati masyarakat.
Mengadakan penghijauan maksimum pada pekarangan-pekarangan individu melalui programpenyuluhan pembinaan.
Mengadakan penghijauan maksimum pada ROW (lebar badan jalan) arteri dan kolektor.
(3)
Kebijakan Kawasan Strategis Kecamatan Pasar Reboa.Penetapan Kawasan Strategis Kecamatan kebon Jeruk berdasarkan nilai strategis dari sudutkepentingan ekonomi yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, yaitu merupakan aglomerasiberbagai kegiatan ekonomi yang memiliki :-Potensi ekonomi cepat tumbuh;-Sektor unggulan yang dapat menggerakan sektor ekonomi;-Potensi ekspor;-Dukungan jaringan prasarana dan fasilitas penunjang kegiatan ekonomi.
 b.
Ditetapkan sebagai Kawasan yang memiliki nilai strategis dari sudut kepentingan ekonomi yangberpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kecamatan Pasar Rebo.
(4)
Kebijakan Pengendalian Lingkungan Kecamatan Pasar Rebo;
a.
Pemeliharaan lingkungan guna mempertahankan ekosistem dan kelestarian lingkungan alam.
 b.
Pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup serta peraturan tentang adanya penetapanAMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).
Pasal 463
Strategi penataan ruang Kecamatan Pasar Rebo, adalah:a.Meningkatkan peran dan fungsi serta menata pusat-pusat kegiatan yang sudah berkembang.b.Memperbaiki dan merencanakan kawasan-kawasan yang cenderung kumuh dengan membangun rumahsusun beserta fasilitas-fasilitasnya.c.Mempertahankan RTH yang sudah ada dan mengembalikan fungsi RTH khususnya di bantaran sungai,pinggiran Jalan Rel kereta api yang dijadikan Perumahan kumuh.
d.
Merealisasikan pembangunan sarana dan prasarana yang mampu meningkatkan kapasitas perdagangandan jasa .e.Merealisasikan pembangunan jalan lingkungan di dalam lingkungan yang telah berkembang gunamenyediakan ruang perumahan kota yang dapat menampung perkembangan penduduk.
Bagian KetigaPersebaran Penduduk Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 464
Jumlah penduduk di Kecamatan Pasar Rebo sampai pada tahun 2030 dibatasi sebanyak-banyaknya 223.371Jiwa.
Bagian KeempatStruktur Ruang Wilayah Kecamatan Pasar ReboUmumPasal 465
(1)
Rencana struktur ruang wilayah provinsi dijabarkan ke dalam struktur ruang wilayah Kecamatan Pasar Rebo, yang meliputi sistem pusat kegiatan dan sistem prasarana wilayah;(2)Rencana pengembangan sistem pusat kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diwujudkanberdasarkan :a.sistem pusat kegiatan primer;b.sistem pusat sekunder; danc.sistem pusat kegiatan tersie(3)Rencana sistem prasarana wilayah sebagaimana dimaksud ayat (1) meliputia.prasarana transportasi,
 b.
prasarana sumber daya air bersih,
c.
prasarana pengendalian drainase,
d.
prasarana sanitasi limbah,e.prasarana persampahan,
f.
prasarana energi listrik, dang.prasarana telekomunikasi.
 
Sistem Pusat Kegiatan Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 466
(1)
Rencana pengembangan pusat-pusat kegiatan Kota Administrasi Jakarta Timur diwujudkan dalam bentukSistem Pusat Kegiatan Tersier;
(2)
Rencana pengembangan Sistem Pusat Kegiatan Tersier Kecamatan Pasar Rebo sebagaimana dimaksudpada Pasal 6 ayat (2) huruf c, terdapat pada lokasi Pertokoan Plaza PP, Ruko Mutiara Plaza, dan Pasar Cijantung;
(3)
Rencana pengembangan Sistem Pusat Kegiatan Tersier di wilayah Kecamatan Pasar Rebo sebagaimanadimaksud pada ayat (1), tercantum pada Lampiran Gambar 3.1 Peraturan Daerah ini.
Sistem Prasarana Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 467
Sistem prasarana meliputi prasarana transportasi, prasarana sumber daya air bersih, prasarana pengendaliandrainase, prasarana sanitasi limbah, prasarana persampahan, prasarana energi listrik, dan prasaranatelekomunikasi.
Prasarana Transportasi Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 468
(1)
Rencana pengembangan prasarana transportasi di Kecamatan Pasar Rebo, meliputi jaringan jalan arteri,kolektor, dan lokal;
(2)
Rencana pembangunan dan peningkatan jalan arteri sebagaimana di maksud pada ayat (1) meliputipelebaran Jalan Raya Bogor;
(3)
Rencana peningkatan jalan kolektor Kecamatan Pasar Rebo sebagaimana dimaksud pada ayat (1)meliputi pelebaran Jalan Gedong.(4)Rencana peningkatan jalan lokal Kecamatan Pasar Rebo sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputipelebaran Jalan Ksatria Ahmad Yani/ RA Fadilah, Jalan Radar, Jalan Puskesmas, jalan Pertengahan, JalanKalisari, Jalan Condet Raya, Jalan Kampung Tengah Raya, Jalan Lapan, Jalan TB Simatupang, JalanKesehatan, Jalan Raya Gongseng.
Prasarana Sumber Daya Air Bersih Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 469
Pengembangan Prasarana sumber daya air bersih di wilayah Kecamatan Pasar Rebo meliputi :a.Perluasan jaringan pelayanan air bersih melalui peningkatan kegiatan pendistribusiian dan penyediaanhidran umum di lokasi yang belum terlayani air bersih, terutama pada kawasan Perumahan yang padatpenduduknyab.Pengawasan dan pengendalian terhadap pemakaian air tanah/sumur c.Perluasan kawasan resapan air melalui penambahan ruang terbuka hijaud.Pencegahan air limbah ke dalam tanah dan pencemaran sumber - sumber air 
Prasarana Pengendalian DrainasePasal 470
Pengembangan prasarana pengendalian drainase di Kecamatan Pasar Rebo, meliputi :a.Pembangunan tangkapan air di kawasan Pasar Rebob.Peningkatan kapasitas kali ciliwung
c.
Penataan bantaran sungai melalui penertiban bangunan ilegal.d.Normalisasi sungai dan saluran air dengan peningkatan kualitas aliran sungai
Prasarana Sanitasi Limbah Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 471
Pengembangan prasarana sanitasi di Kecamatan Pasar Rebo, meliputi:
a.
Pengembangan sistem pembuangan air limbah secara sistem on-siteb.Pengolahan air limbah yang direncanakan di Kelurahan Gedong.
Prasarana Persampahan Wilayah Kecamatan Pasar ReboPasal 472
Pengembangan prasarana persampahan di wilayah Kecamatan Pasar Rebo, meliputi:
a.
Pengembangan penggunaan teknologi pengolahan sampah denganmenggunakan
incinerator 
yang ditempatkan pada kawasan-kawasan tertentu;
 b.
Pembangunan lokasi penampungan sampah (LPS) sementara pada setiapkelurahan;
c.
Program pemilahan sampah sebelum dibuang ke LPS (Lokasipembuangan sampah) melalui pemilahan sampah organik (basah) dan non-organik (kering) akanmemudahkan proses pembuatan kompos sebelum dibakar di dalam
incinerator 
;
d.
Pengembangan prasarana sampah bahan berbahaya dan beracun (B3)dengan penggunaan teknologi tepat guna;
e.
Peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah denganpenerapan konsep 3R (
reduced, reused, recycling 
);
f.
Peningkatan mutu, kapasitas dan jumlah armada sampah yang dapatmasuk ke lingkungan padat penduduk;
g.
Pencegahan dan penindakan tegas pembuangan sampah ke sungai dansaluran, serta mencegah tumbuhnya perumahan liar dan bedeng di sepanjang tepi sungai.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Krisnadi Kusumo liked this
putrapersada liked this
Marali Kapten liked this
Jangkar Jakarta liked this
Arisman Geo liked this
Indra Suhardiman liked this
rasthoen liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->