Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cedera Sprain

Cedera Sprain

Ratings: (0)|Views: 103|Likes:
Published by pamulang

More info:

Published by: pamulang on Oct 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
Bila Anda berpartisipasi dalam olahraga dan kegiatan-kegiatan kebugaranfisik, sangat beresiko untuk terjadi suatu cedera khususnya pada jaringan lunak.Bahkan kegiatan sehari-hari sederhana ini dapat merusak ligamen, tendon, danotot. Beberapa contoh cedera jaringan lunak mencakup:
 
Sprains/keseleo
 
Strains/galur
 
Contusions/memar
 
Bursitis/radang kandung lender
 
Stress injuries/ cedera tekanan.Semua ini dapat merupakan hasil dari satu episode, misalnya jatuh, tiba-tiba memutar, atau pukulan ke tubuh. Berikut adalah beberapa luka yang mungkindialami, bersama dengan menyarankan cara memperlakukan mereka. Sendi tubuhAnda didukung oleh ligamen. Ligamen adalah pita kuat jaringan ikat yangmenghubungkan satu tulang yang lain. Sebuah keseleo adalah peregangansederhana atau robek dari ligamen.Area tubuh Anda yang paling rentan terhadap keseleo adalah pergelangankaki, lutut, dan pergelangan tangan. Sebuah terkilir pergelangan kaki dapat terjadi jika kaki Anda berubah ke dalam. Hal ini dapat membuat ketegangan ekstrem diluar Anda ligamen pergelangan kaki dan menyebabkan keseleo. Paling ringanmenyembuhkan keseleo dengan . "RICE" (rest, ice, compression, and elevation).Yaitu istirahat, es, kompresi, dan elevasi). Keseleo yang paling parah mungkinmemerlukan operasi untuk memperbaiki ligamen sobek. Penatalaksanaan CederaOlahraga :
 
1.
 
Terapi dingin:
 
Es adalah vasokonstriktor sehingga dapat mengurangi perdarahaninternal dan bengkak 
 
Dapat juga membantu cedera overuse atau nyeri kronissetiap selesaiberlatih2.
 
Terapi panas:
 
Digunakan pada cedera kronis atau cedera tanpa bengkak.
 
Meningkatkan elastisitas jaringan ikat sendi, memperbaikisirkulasidarah
 
Jangan dilakukan setelah berlatih
 
Contoh: nyeri, kaku, nyeri sendi.
A.
 
Sprain
1.
 
PengertianSprain merupakan trauma yang terjadi pada sendi, sehingga sedi terasanyeri dan bengkak. Lokasi yang sering mengalami nya adalah daerahlengan , lutut, pergelangan tangan. Sprain ligamen colateral medial adalahcedera pada ligamen yang disebabkan oleh karena kaki bagian bawah yangterlalu dipaksa untuk bergerak menyamping ( cedera valgus ).2.
 
Tingkatan Sprain
 
Sprain ringan / tingkat 1 : Merupakan robekan dari beberapaligament akan tetapi tidak menghilangkan dan menurunkan fungsisendi tersebut.Pasien bisa merawat sendiri selama proses rehabilitasi, atau setelahmendapatkan diagnosa dari dokter. Masa penyembuhan antara 2-6minggu. Terjadi rasa sakit, pembengkakan kecil, sedikit perdarahantetapi tidak terjadi leksitas abnormal.
 
Sprain sedang / tingkat 2 : Dimana terjadi kerusakan ligamen yangcukup lebih besar tetapi tidak sampai terjadi putus total. Terjadi
 
rupture pada ligament sehingga menimbulkan penurunan fungsisendi. Untuk pemulihannya membutuhkan bantuan fisioterapidengan rentang waktu 2-6 minggu Rasa sakit/nyeri,bengkak terjadiperdarahan yang lebih banyak.
 
Sprain tingkat 3 : Terjadi rupture komplit dari ligament sehinggaterjadi pemisahan komplit ligament dari tulang. Untuk bisa pulihkembali maka diperlukan tindakan operasi dan fisioterapi dan rata-rata memakan waktu 8-10 minggu. pada tingkatan ini ligamen padalutut mengalami putus secara total dan lutut tidak dapatdigerakkan.3.
 
Tanda dan gejala :
 
Nyeri terasa bila menggerakkan tungkai bawah ke samping.
 
Bengkak dan radang pada seluruh bagian dalam lutut.
 
Sedikit perdarahan tetapi tidak terjadi leksitas abnormal.4.
 
Cara PenangananPaling ringan menyembuhkan sprain atau keseleo dengan "RICE" (rest,ice, compression, and elevation). Yaitu istirahat, es, kompresi, dan elevasi.Keseleo yang paling parah mungkin memerlukan operasi untuk memperbaiki ligamen sobek. Terkilir dan strain biasanya diperlakukanpertama dengan RICE (istirahat, es, kompresi menggunakan perban, danketinggian.)
B.
 
Strain
1.
 
PengertianStrain adalah kerusakan pada jaringan otot karena trauma langsung(impact) atau tidak langsung (overloading) akibat teregang melebihi batasnormal atau robeknya otot dan tendon (jaringan ikat/penghubungan ygkuat yg menghubungkan otot dengan tulang atau ekor otot) karenateregang melebihi batas normal. Strains sering terjadi pada bagian groin

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->