Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
unsur-unsur proposal penelitian

unsur-unsur proposal penelitian

Ratings: (0)|Views: 521 |Likes:
Published by ayies_eheem

More info:

Published by: ayies_eheem on Oct 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2011

pdf

text

original

 
Proposal Penelitian—
1
UNSUR-UNSURPROPOSALPENELITIAN
Daftar Acuan:Amirin, Tatang M. 1986.
 Menyusun Rencana Penelitian.
PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.Arikunto, Suharsimi. 1998.
Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek.
Penerbit Rineka Cipta,Yogyakarta.Castetter, William B. dan Heisler, Richard S. 1984.
 Developing and Defending A Dissertation Proposal.
Fourth Edition. Graduate School of Education, University of Pennsylvania, Philadelphia,Pennsylvania.Program Pasca Sarjana UGM. 1997.
Petunjuk Penulisan Usulan Penelitian dan Tesis.
Program PascaSarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.Digabung, diterjemahkan, disingkat dan dimodifikasi untuk kepentingan kuliah Metodologi Penelitian ditingkat program pascasarjana oleh:Achmad Djunaedi (2000).
Daftar Isi Bab ini
: Halaman:
 
Unsur-unsur Isi Proposal & Keterkaitannya 2Judul, Latar belakang, dan Rumusan permasalahan 3Tujuan dan Lingkup penelitian 5Tinjauan Pustaka 5Landasan teori dan Hipotesis 6Cara penelitian dan Jadwal penelitian 7Daftar pustaka dan Lampiran 7Hubungan antara Proposal dan Laporan penelitian 8roposal atau usulan penelitian diperlukan untuk mengawali suatu kegiatan penelitian.Propsoal tersebut perlu dikaji atau dievaluasi oleh pembimbing penelitian atau evaluator daripihak sponsor pemberi dana. Untuk memperlancar evaluasi atau kajian, proposal perlumengikuti format tertentu dalam hal susunan isi, pengetikan, dan pengesahan (yang dimintaoleh pembimbing atau evaluator). Dalam bab ini hanya format susunan isi yang dibahas,sedangkan untuk format pengetikan dan pengesahan silahkan mengacu pada pedoman yangberlaku.
P
 
2—
Proposal Penelitian
 
Untuk membahas format susunan isi proposal penelitian, pertama dibahas unsur-unsur proposal beserta keterkaitan antar unsur tersebut. Bahasan selanjutnya menyangkuttiap unsur, tetapi dibahas secara singkat dan dalam keterkaitannya dengan unsur-unsurlainnya. Bahasan yang lebih panjang lebar dan terfokus hanya pada unsur-unsur—yangdianggap terpenting—diberikan pada bab-bab tersendiri.
Unsur-unsur Isi Proposal dan Keterkaitannya
Secara umum, isi proposal penelitian meliputi.unsur-unsur sebagai berikut (menurutpedoman penulisan tesis yang dikeluarkan oleh Program Pascasacrajan UGM, 1997):1) Judul2) Latar belakang & perumusan permasalahan (& keaslian penelitian, dan faedah yangdapat diharapkan)3) Tujuan dan Lingkup penelitian4) Tinjauan Pustaka5) Landasan Teori6) Hipotesis7) Cara penelitian8) Jadwal penelitian9) Daftar Pustaka10) LampiranKeterkaitan antar unsur tersebut terlihat seperti pada gambar di bawah ini:Gambar Prop-1: Keterkaitan antar unsur proposal penelitian(sumber: Castetter dan Heisler, 1984: 2, Fig. 1)
Latar belakangRumusanpermasalahanJudulTinjauanPustakaDaftarPustakaJadwalPenelitianCaraPenelitianTujuan &LingkupCatatan:UtamaPendukung
 
Proposal Penelitian—
3Dari gambar di atas terlihat bahwa ada tiga unsur yang menjadi “sentral” keterkaitanunsur-unsur proposal, yaitu: (a) rumusan permasalahan, (b) tinjauan pustaka, dan (c) carapenelitian. Rumusan masalah berfungsi mengarahkan fokus penelitian, sedangkan tinjauanpustaka merupakan dialog dengan khazanah ilmu pengetahuan, dan cara (metode)penelitian menjadi cetak biru (rancangan) untuk pelaksanaan penelitian. Karena ketiga unsurini menjadi sentral dari isi proposal penelitian, maka bahasan dimulai dari ketiga unusrtersebut. Bahasan di bawah ini bersifat singkat, sedangkan bahasan yang lebih panjang lebardiberikan dalam bab-bab tersendiri.
Judul, Latar belakang, dan Rumusan Permasalahan
Bagian pertama atau awal sebuah proposal dimulai dengan (1) judul, disusul dengan(2) latar belakang, (3) rumusan masalah, (4) keaslian penelitian, dan (5) faedah atau manfaatpenelitian.
Judul proposal penelitian
Judul merupakan gerbang pertama seseorang membaca sebuah proposal penelitian.karena merupakan gerbang pertama, maka judul proposal penelitian perlu dapat menarik minat orang lain untuk membaca. Judul perlu singkat tapi bermakna dan tentu saja harus jelas terkait dengan isinya. Judul karya ilmiah berbeda dengan judul novel atau semacamnyadalam hal kejelasan kaitannya dengan isi. Judul novel cenderung menarik minat pembacadengan mencerminkan suatu “misteri” tentang isinya sehingga pembaca tergelitik ingin tahuisinya. Contoh judul novel: “Di Balik Kegelapan Malam”. Judul penelitian ilmiah biasanyatidak perlu dimulai dengan kata “Studi…”, “Penelitian…”, “Kajian..” dan sebagainyakarena hal itu terlalu berlebihan. Demikian pula contohnya dalam dunia novel, tidak ada judul yang berbunyi “Novel tentang di balik kegelapan malam”.Judul sering berubah-ubah, makin singkat, dan makin tajam (sejalan dengan makintajamnya rumusan permasalahan). Bila memang tidak dapat dipersingkat, meskipun tetappanjang, maka judul dapat dibuat bertingkat, yaitu judul utama, dan anak judul. Penghalusanatau perubahan judul juga perlu mempertimbangkan bahwa judul tersebut akan diakses(dicari) dengan komputer, sehingga pakailah kata atau istilah yang umum dalam bidangilmunya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->