Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Arsitektur

Tugas Arsitektur

Ratings: (0)|Views: 974|Likes:

More info:

Published by: Cuzzye Cuzzle Puzzle on Oct 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer merupakan alat yang sekarang menjadi primadona manusia untuk membantu pekerjaannya. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor sampaimendesain gambar dipermudah oleh komputer. Sehingga tak mengherankan lagikalau manusia berlomba-lomba menciptakan kreasi baru di bidang komputer, baik dari sisi software maupun hardware.Komputer berasal dari kata
Compute
yang berarti menghitung. Sehinggadengan asal kata ini kita dapat mengasumsikan bahwa alat ini pertama kali dibuatkarena atas dasar kebutuhan manusia untuk menghitung sesuatu. Karena seiringdengan perkembangan kebutuhan manusia di bidang perhitungan yang semakinkompleks yang tidak cukup hanya dengan perhitungan penambahan, pengurangan,perkalian dan pembagian maka alat hitung (computer) terus dikembangkan. Babak baru dunia komputer ini di mulai tahun 1940-an sampai sekarang.
 
Sebelum Tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalampenghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
 Saat ini
Komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan danpekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih darisekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa
 
supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yangmenangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yangmenghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah datadari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golonganbesar.1. Peralatan Manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, danfaktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yangdigerakkan dengan tangan secara manual.3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secaraotomatis oleh motor elektronik.4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelumditemukannyakomputer:
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapatempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat inimemungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijiangeser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacusuntuk menghitung transaksi perdagangan.
 
2. Kalkulator roda numerik
(
numerical wheel
 
calculator 
)Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Padatahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan rodaputar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat inimerupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalahhanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem vonLeibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapatmengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja denganmenggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambaryang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empatfungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikanpendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukanpenjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya,arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-samadengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesormatematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbagememperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika mesinmekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->