Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Inversio Uteri

Inversio Uteri

Ratings: (0)|Views: 603 |Likes:
Published by Davit Ari Junaedi

More info:

Published by: Davit Ari Junaedi on Oct 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
I.PENDAHULUAN
Perdarahan pasca persalinan masih menjadi satu dari penyebab kematian ibu yang paling banyak di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, negara-negara industri dannegara berkembangpun, perdarahan pasca persalinan masih menempati urutan pertama dari tiga etiologi kematian ibu, disamping emboli dan hipertensi. WHOmemperkirakan bahwa ada lebih dari 585.000 kasus kematian ibu pada tahun 1990diseluruh dunia, dimana 25%nya akibat perdarahan pasca persalinan.
1
Walaupun inversio uteri adalah kasus yang jarang,
clin.obstet
tetapi masihmerupakan salah satu penyebab dari perdarahan pasca persalinan dini. Inversio uteriadalah suatu keadaan dimana fundus uteri terputar balik keluar, baik sebagian atauseluruhnya ke dalam uterus atau ke dalam vagina, bahkan dapat juga keluar vagina.Pada keadaan yang ekstrim, kita dapat menjumpai endometrium yang berwarnakeunguan dengan plasenta yang masih melekat.
3-6
Berdasarkan sejarahnya inversio uteri dilaporkan pertama kali dalamkepustakaan Ayuverde, yaitu sisem kesehatan Hindu (2500-600 SM). Hippocratesadalah orang yang pertama kali mengetahui dan menamakan inversio uteri (460-370SM). Arvicenna (980-1037 SM) adalah seorang dokter Arab, yaitu orang yang pertama kali mendeskripsikan dengan jelas diagnosis banding antara inversio uteridengan prolapsus uteri.
7,8
Angka kejadian yang pasti dari beberapa peneliti mendapatkan angka yang berbeda dan bervariasi berkisar antara 1:1000
9
sampai 1:15.000
10
. Menurut McCullagh memperkirakan 1 kasus dari 30.000 kelahiran, sedangkan Mochtar mencatat 1 dari 20.000 kelahiran, dan Watson juga mencatat 1 dari 20.000 kelahiran,Hakimi mencatat 1:5000 sampai dengan 1:10.000 kelahiran.
5,6
Di India kejadiannya 1dari 8.573 persalinan, di Inggris 1 dari 27.992 persalinan, di Amerika 1 dari 23.127 persalinan
7
, di Canada 1 dari 3737 persalinan
11
dan di Peramcis 1 dari 20000 persalinan.
12
Para ahli sepakat bahwa inversio uteri merupakan kasus yang serius danmerupakan kasus kedaruratan obstetri, oleh karena dapat menimbulkan syok bahkansampai menimbulkan kematian. Walaupun ada beberapa kasus inversio uteri dapatterjadi tanpa gejala yang berarti, tetapi tidak jarang kasus tersebut menimbulkan
 
keadaan yang serius dan fatal, dimana angka mortalitasnya cukup tinggi yaitu 15-70% dari jumlah kasus.
2,13
Upaya pencegahan dengan cara penatalaksanaan kala III yang baik yaitudengan cara memperhatikan saat dan cara yang tepat untuk melepaskan plasenta,melalui tarikan yang ringan pada tali pusat setelah kontraksi uterus atau setelah adatanda-tanda lepasnya plasenta.
 
Serta mengenal secara dini dan penatalaksanaan yangadekuat dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.
3,14
Tujuan penulisan refrat ini adalah untuk mengetahui gejala dan tanda-tandaserta penanganan yang adekuat terhadap inversio uteri sehingga resiko morbiditasdan mortalitas ibu dapat dikurangi.
II.BATASAN
Inversio uteri adalah suatu keadaan dimana uterus terbalik dengan fundus uteri masuk sebagian atau seluruhnya ke dalam kavum uteri, vagina atau keluar dari vulva.
3-6,13-15
III.KLASIFIKASI
Ada beberapa macam klasifikasi dari inversio uteri.
 
A. Berdasarkan gradasi beratnya:
5,13
1. Inversio uteri ringan: jika fundus uteri terputar balik menonjol ke dalamkavum uteri, tetapi belum keluar dari kavum uteri.
2.
Inversio uteri sedang: jika fundus uteri terbalik masuk ke dalam vagina.
3.
Inversio uteri berat: bila semua bagian fundus uteri bahkan terbalik dansebagian sudah menonjol keluar vagina atau vulva.
B.
Berdasarkan derajat kelainannya:
3-6,9,16,18
1.Derajat satu (inversio uteri subtotal/inkomplit): bila fundus uteri belummelewati kanalis servikalis.2.Derajat dua (inversio uteri total/komplit): bila fundus uteri sudah melewatikanalis servikalis.3.Derajat tiga (inversio uteri prolaps): bila fundus uteri sudah menonjol keluar dari vulva.C.Berdasarkan pada waktu kejadian:
3,6,17-19,
1.Inversio uteri akut: suatu inversio uteri yang terjadi segera setelah kelahiran bayi atau plasenta sebelum terjadi kontraksi cincin serviks uteri.
2
 
2.Inversio uteri subakut: yaitu inversio uteri yang terjadi hingga terjadikontraksi cincin serviks uteri.3.Inversio uteri kronis: yaitu inversio uteri yang terjadi selama lebih dari 4minggu ataupun sudah didapatkan gangren.D.Berdasarkan etiologinya:
9,11
1.Inversio uteri nonobstetri2.Inversio uteri puerpuralis
 
3

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Evi Silvia liked this
Santi Lintang liked this
Mayank WahyOuni liked this
Asep Budiman liked this
Yuli Afrianti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->