Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ibu Hamil Dan Menyusui

Ibu Hamil Dan Menyusui

Ratings: (0)|Views: 1,649|Likes:
Published by Teuki ルリ

More info:

Published by: Teuki ルリ on Oct 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
Manfaat Zat 
-
Zat Gizi bagi wanitaSepanjang Daur Kehidupannya
 
Keberhasilan pembangunan nasional suatu bangsa ditentukan olehketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, yaitu SDM yangmemiliki fisik yang tangguh, mental yang kuat dan kesehatan yang prima disamping penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Kekurangangizi dapat merusak kualitas SDM.Pada saat ini, sebagian besar atau 50% penduduk Indonesia dapatdikatakan tidak sakit akan tetapi juga tidak sehat, umumnya disebutkekurangan gizi. Kejadian kekurangan gizi sering terluputkan dari penglihatanatau pengamatan biasa, akan tetapi secara perlahan berdampak pada tingginyaangka kematian ibu, angka kematian bayi, angka kematian balita, sertarendahnya umur harapan hidup.Masa kehamilan merupakan periode yang sangat menentukan kualitasSDM di masa depan, karena tumbuh kembang anak sangat ditentukan olehkondisinya saat masa janin dalam kandungan. Akan tetapi perlu diingat bahwakeadaan kesehatan dan status gizi ibu hamil ditentukan juga jauh sebelumnya, yaitu pada saat remaja atau usia sekolah. Demikian seterusnya status giziremaja atau usia sekolah ditentukan juga pada kondisi kesehatan dan gizi padasaat lahir dan balita.United Nations (Januari, 2000)
1
memfokuskan usaha perbaikan gizidalam kaitannya dengan upaya peningkatan SDM pada seluruh kelompokumur, dengan mengikuti siklus kehidupan. Pada Gambar 1 dapat dilihatkelompok penduduk yang perlu mendapat perhatian pada upaya perbaikan gizi.Pada Gambar 1 ini diperlihatkan juga faktor yang mempengaruhi memburuknyakeadaan gizi, yaitu pelayanan kesehatan yang tidak memadai, penyakit infeksi,pola asuh, konsumsi makanan yang kurang, dan lain-lain yang pada akhirnyaberdampak pada kematian. Untuk lebih jelas mengetahui faktor penyebabmasalah gizi, bagan 1 (Unicef, 1998
2
) menunjukkan secara sistimatisdeterminan yang berpengaruh pada masalah gizi yang dapat terjadi pada
1
Nutrition throughout life cycle. 4
th
report on The World Nutrition Situation, January 2000.
2
 
Unicef (1998). The State of the World’s Children 1998. Oxford: Oxford University Press
.
 
masyarakat. Sehingga upaya perbaikan gizi akan lebih efektif dengan selalumengkaji faktor penyebab tersebut.
Bagan 1. Penyebab kurang gizi
KURANG GIZIMakanTidak SeimbangPenyakit InfeksiTidak CukupPersediaan PanganPola Asuh Anak Tidak MemadaiSanitasi dan AirBersih/PelayananKesehatan DasarTidak MemadaiKurang Pendidikan, Pengetahuan dan KeterampilanKurang pemberdayaan wanitadan keluarga, kurang pemanfaatansumberdaya masyarakatPengangguran, inflasi, kurang pangan dan kemiskinanKrisis Ekonomi, Politik,dan SosialDampak PenyebablangsungPenyebabTidak langsungPokok Masalahdi Masyarakat Akar Masalah(nasional)
 
Masalah Gizi Menurut Siklus Kehidupan
Kehidupan manusia dimulai sejak di dalam kandungan ibu. Sehinggacalon ibu perlu memounyai kondisi yang baik. Kesehatan dan gizi ibu hamilmerupakan kondisi yang sangat diperlukan bagi sang bayi untuk menjadisehat. Jika tidak, maka dari awal kehidupan kehidupan manusia akanbermasalah pada kehidupan selanjutnya.Bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah keadaan bayi lahir dengan beratbadan <2500 gram. Keadaan gizi ibu yang kurang baik sebelum hamil dan padawaktu hamil cenderung melahirkan BBLR, bahkan kemungkinan bayimeninggal dunia.Sejak anak dalam kandungan hingga berumur 2 tahun merupakan masaemas yang merupakan masa kritis untuk tumbuh kembang fisik, mental dansosial. Pada masa ini tumbuh kembang otak paling pesat (80%) yang akanmenentukan kualitas SDM pada masa dewasa. Sehingga potensi anak denganIQ yang rendah sangat memungkinkan.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Hengky Sanjaya liked this
Arman Adhe liked this
Cinta Putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->