Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Filsafat Pendidikan Tentang Filsafat Pendidikan Dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan

Makalah Filsafat Pendidikan Tentang Filsafat Pendidikan Dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 532 |Likes:
Published by Tanzil Al Khair

More info:

Published by: Tanzil Al Khair on Oct 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi pesertadidik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadinyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-citakemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan,kesatuan, organis, harmonis, dan dinamis. Guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan.Filsafat pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.Bidang ilmu pendidikan dengan berbagai cabang-cabangnya merupakanlandasan ilmiah bagi pelaksanaan pendidikan, yang terus berkembang secara dinamis.Sedangkan filsafat pendidikan sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofisyang menjiwai seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan. Kedua bidang diatasharus menjadi pengetahuan dasar (basic knowledge) bagi setiap pelaksana pendidikan,apakah ia guru ataukah sarjana pendidikan. Membekali mereka dengan pengetahuandimaksud diatas berarti memberikan dasar yang kuat bagi sosialnya profesi mereka.Dengan demikian seorang guru dan sarjana pendidikan seyogyanya mengapproachmasalah pendidikan dengan masalah dengan masalah approach yang komprehensif danintegral : dan bukan dengan approach yang elementer, bahkan tidak dengan approachilmiah semata-mata. Untuk maksud ini perlu dipahami arti dan fungsi filsafatpendidikan di samping ilmu pendidikan (dan cabang-cabangnya).Setiap orang memiliki filsafat walaupun ia mungkin tidak sadar akan haltersebut. Kita semua mempunyai ide-ide tentang benda-benda, tentang sejarah, artikehidupan, mati, Tuhan, benar atau salah, keindahan atau kejelekan dan sebagainya. 1)Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yangbiasanya diterima secara tidak kritis. Definisi tersebut menunjukkan arti sebagaiinformal. 2) Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaanyang sikap yang sangat kita junjung tinggi. Ini adalah arti yang formal. 3) Filsafatadalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan. 4) Filsafat adalah sebagaianalisa logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep. 5) Filsafat adalahsekumpulan problema-problema yang langsung yang mendapat perhatian dari manusiadan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat.
 
2
Dari beberapa definisi tadi bahwasanya semua jawaban yang ada difilsafat tadihanyalah buah pemikiran dari ahli filsafat saja secara rasio. Banyak orang termenungpada suatu waktu. Kadang-kadang karena ada kejadian yang membingungkan dankadang-kadang hanya karena ingin tahu, dan berfikir sungguh-sungguh tentang soal-soal yang pokok. Apakah kehidupan itu, dan mengapa aku berada disini? Mengapa adasesuatu? Apakah kedudukan kehidupan dalam alam yang besar ini ? Apakah alam itubersahabat atau bermusuhan ? apakah yang terjadi itu telah terjadi secara kebetulan ?atau karena mekanisme, atau karena ada rencana, ataukah ada maksud dan fikirandidalam benda .Semua soal tadi adalah falsafi, usaha untuk mendapatkan jawaban ataupemecahan terhadapnya telah menimbulkan teori-teori dan sistem pemikiran sepertiidealisme, realisme, pragmatisme. Oleh karena itu filsafat dimulai oleh rasa heran,bertanya dan memikir tentang asumsi-asumsi kita yang fundamental (mendasar), makakita perlukan untuk meneliti bagaimana filsafat itu menjawabnya.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Filsafat Pendidikan
Kata filsafat berasal dari bahasa yunani kuno, philos artinya cinta dan shopiaartinya kearifan atau kebijakan. Filsafat berarti cinta yang mendalam terhadap kearifanatau kebijakan. Dan dapat pula diartikan sebagai sikap atau pandangan seseorang yangmemikirkan segala sesuatunya secara mendalam dan melihat dari segi yang luas danmenyeluruh dengan segala hubungan. Menurut Harold titus, dalam arti sempit filsafatdiartikan sebagai sains yang berkaitan dengan metodologi, dan dalam arti luas filsafatmencoba mengintegrasikan pengetahuan manusia yang berbeda-bedadan menjadikansuatu pandangan yang komprehensif tentang alam semesta, hidup, dan makna hidup.Secara istilah, filsafat mengandung banyak pengertian sesuai sudut pandangpara ahli bersangkutan, diantaranya :1.
 
Muhammad Noor Syam (1986) merumuskan pengertian filsafat dari dua sisi.Pertama, filsafat sebagai aktivitas berfikir murni, atau kegiatan akal manusiadalam usaha mengerti secara mendalam mengenai segala sesuatu. Pengertianfilsafat disini ialah berfilsafat. Kedua, filsafat sebagai produk kegiatan berfikirmurni. Jadi merupakan suatu wujud ilmu sebagai hasil pemikiran danpenyelidikan berfilsafat, sehingga merupakan suatu bentuk perbendaharaan yangterorganisasi, memiliki sistematika tertentu filsafat juga diartikan satu bentuk ajaran tentang sesuatu atau tentang segala sesuatu sebagai satu ideology.2.
 
Menurut Hasbullah Bakry (dalam prasetya, 1997) filsafat adalah ilmu yangmenyelidiki segala sesuatu dengsn mendalam mengenai ketuhanan, alamsemesta dan manusi sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentangbagaimana hakekatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimanasikap manusia itu seharusnya setelah mengetahui pengetahuan itu.Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yangmerupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat jugadiartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anton S Purba liked this
Nanda Elansyah liked this
Abdul Hamid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->