Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
59Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KUMPULAN artikel TRAINING PENGEMBANGAN Majalah Human Capital

KUMPULAN artikel TRAINING PENGEMBANGAN Majalah Human Capital

Ratings:

4.8

(5)
|Views: 24,676|Likes:
Published by api-3782823

More info:

Published by: api-3782823 on Oct 16, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
KUMPULAN artikel TRAINING PENGEMBANGAN Majalah Human Capital
Mengenal Lebih Dekat Produk-Produk Asuransi JiwaNo. 02 - April 2004
Maraknya bisnis asuransi unit link saat ini menandai pergeseran penetrasi pasarasuransi jiwa dari produk-produk asuransi jiwa tradisional ke produk-produk asuransi jiwa modern yang menjanjikan tingkat pengembalian investasi lebih baik sertamampu menyumbangkan pertumbuhan premi yang signifikan.Hal ini juga tidak terlepas dari pengaruh bahwa konsumen sudah mulai rasionaldalam menentukan dan memutuskan jenis produk asuransi yang akan mereka beli.Pernyataan di atas memang tidak berlebihan ditujukan untuk sebuah mekanismedalam memutuskan produk apa yang akan dibeli dan kenapa harus produk tersebutyang harus dibeli.Usaha asuransi jiwa merupakan usaha di bidang jasa, dimana wujud produk yangdihasilkan bukanlah suatu barang tetapi jasa yang berbentuk aktivitas dan bersifatabstrak atau "intangible". Jasa yang dijual itu berupa jaminan perlindungan bagikonsumen (nasabah), yang berkaitan dengan hidup dan kehidupannya dalam suatu jangka waktu tertentu atau seumur hidup. Itulah yang dimaksud dengan istilah "lifeassurance", yang hendaknya tidak diartikan secara harfiah yaitu "jaminan hidup",melainkan "jaminan yang berkaitan dengan kehidupan", di mana di dalamnya terkaitsejumlah uang dan waktu. Jaminan di dalam asuransi jiwa berkisar antara kurang dari satu tahun sampaidengan seumur hidup, dan jaminan tersebut berangsur-angsur akan habisterkonsumsi sejalan dengan berlalunya waktu. Dalam jaminan itu terkandung suatu janji dari perusahaan asuransi jiwa untuk memberikan santunan dalam bentuksejumlah uang jika tertanggung mengalami peristiwa seperti: meninggal dunia,cacat, sakit dan mencapai hari tua. Jaminan tersebut secara implisit memberikansuatu kepastian kepada nasabah atas permasalahaan ketidakpastian mengenaikehilangan pendapatan sebagai akibat terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut.Pada tulisan pertama ini, akan dibicarakan beberapa jenis produk-produk asuransi jiwa yang dipasarkan oleh perusahaan asuransi jiwa di Indonesia serta mengenalimanfaat-manfaat apa saja yang ditawarkan dari produk-produk asuransi jiwatersebut. Produk asuransi jiwa yang ditawarkan di pasar pada dasarnya terdiri atastiga bentuk, yaitu Term Insurance, Whole Life Insurance dan Endowment Insurance,dimana produk-produk inilah yang dikategorikan sebagai produk-produk tradisional.Sementara produk-produk asuransi jiwa tradisional yang dikembangkan denganmelekatkan instrument-instrument investasi di dalamnya serta transparansi laporanbaik laporan biaya-biaya dan keuntungan yang akan diperoleh tertanggung nantinya,dikategorikan sebagai produk-produk asuransi modern, seperti produk asuransi unitlink.
APA SAJA PRODUK ASURANSI JIWA YANG DIPASARKAN DEWASA INI.
Banyak jenis produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa,dimana pada dasarnya merupakan Endowment Insurance yang dikombinasikandengan Term Life Insurance dan Whole Life Insurance. Misalnya, EndowmentInsurance dengan manfaat meninggal dunia 2 kali atau lebih besar dari manfaat jatuh tempo. Ada juga produk asuransi jiwa yang memberikan santunan meninggalberupa uang pertanggungan ditambah semua premi yang telah dibayar.Pengembalian premi diberikan apabila tertanggung meninggal dunia kapan saja, inimerupakan produk Whole Life Insurance. Produk Endowment Insurance dimanapembayaran manfaat asuransi diberikan secara berkala baik tahunan maupunbulanan disebut Anticipated Endowment. Besar manfaat yang diberikan secaraberkala dibuat bervariasi misalnya dengan kenaikkan setiap tahun sebesar 2%, 5%,10% atau lebih. Jenis lain produk Endowment Insurance yang sering dijumpai dipasar, diantaranya adalah:
 
Dana Beasiswa. Produk ini merupakan produk Endowment Insurance yangdikaitkan dengan biaya sekolah, biasanya dikenal dengan nama Asuransi BeaSiswa, School Fee dan lain-lain.
Dana Bertahap. Produk ini juga berbentuk Endowment Insurance tepatnyaPure Endowment Insurance, dimana jika tertanggung hidup pada akhir tahuntertentu selama masa asuransi, manfaat asuransi akan dibayarkan sebesarpersentase tertentu dari uang pertanggungan.
PRODUK ASURANSI JIWA MODERN.
 Tersedianya berbagai bentuk instrument surat berharga pasar uang, obligasi danberbagai macam program tabungan, bagaimanapun juga memiliki dampak langsungterhadap produk asuransi jiwa, yaitu mengurangi daya tarik polis asuransi jiwa nilaitunai tradisional. Konsumen semakin banyak tertarik untuk ikut melakukanperdagangan dengan menggunakan instrumen yang lebih cepat mendatangkankeuntungan. Keadaan dan kecenderungan tersebut memaksa perusahaan-perusahaan asuransi jiwa menciptakan atau merancang produk-produk asuransi jiwadengan mengkombinasikan keunggulan-keunggulan asuransi jiwa nilai tunai (yaitusifat terpaksa menabung dan sebagainya), dan berbagai pilihan produk yangmemberikan keuntungan yang lebih tinggi. Produk ini pada saat diciptakannyadinamakan universal life insurance.Dalam perkembangannya, banyak perusahaan asuransi asuransi jiwa mengeluarkan jenis asuransi jiwa dengan produk atau jenis polis yang sama disertai dengankeunggulan masing-masing polis. Nama-nama produk tersebut juga mengalamiperubahan, misalnya challenger, complete life, solution dan sebagainya untukmenarik calon-calon konsumen untuk membeli produk-produknya. Nama-namaproduk asuransi jiwa tersebut pada prinsipnya didasarkan pada produk universal life.Di Indonesia saat ini telah beredar beberapa nama produk asuransi jiwa universallife, yaitu PruLink (PT Prudential Life Assurance), Zlink (PT Zurich Life), AJBN Link (PTAsuransi Jiwa Binadaya Nusaindah) serta masih ada produk-produk asuransi dengannama'Link' di belakang nama produknya. Sampai saat ini masih dibuat produk serupaoleh beberapa perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, yang tentunya akanmenambah perbendaharaan nama produk universal life di Indonesia.
MENGENALI CIRI-CIRI PRODUK ASURANSI JIWA TRADISIONAL DAN PRODUK ASURANSI JIWA MODERN.
Seperti yang dijelaskan pada bagian terdahulu, perkembangan produk asuransi jiwadapat dikelompokkan menurut periodenya, yaitu produk asuransi jiwa tradisional danproduk asuransi jiwa modern. Ciri-ciri dari produk asuransi jiwa tradisionaldiantaranya adalah:
Besar premi dan uang pertanggungannya tetap (konstan) sejak dimulainyaasuransi sampai dengan habisnya masa asuransi.
 Jadual pembayaran premi ditetapkan sebelumnya, misalnya setiap tahun,enam bulan, tiga bulan atau bulanan.
Sejak kontrak dimulai nilai tunai polis sudah dapat diketahui.
Komposisi biaya, tabel mortalita dan tingkat bunga tidak dirinci dan tidakdiketahui oleh calon pemegang polis.
Besar tingkat bunga yang dinikmati oleh pemegang polis konstan sepanjangkontrak asuransi.Sedangkan untuk produk asuransi jiwa modern mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Komposisi premi dirinci secara terpisah antara premi asuransi murni, biayadan tingkat bunga.
Semua rincian tersebut diketahui oleh calon pemegang polis.
Masa pembayaran premi dan besarnya uang pertanggungan dapat berubah-ubah, dan tidak mempunyai jadual yang tetap, karena produk asuransi jiwamodern ini memungkinkan adanya penambahan premi kapan saja.
 
Produk ini memerlukan administrasi yang jauh lebih rumit daripada produkasuransi jiwa tradisional, oleh karena produk ini memiliki bagian premi untukinvestasi yang cukup besar dan harus dikelola secara profesional.
Calon pemegang polis boleh menentukan dimana dana (premi) diinvestasikan,seperti saham, obligasi, pasar uang, deposito dan sebagainya.
Nilai tunai dari polis ini ditentukan oleh kinerja komite investasi dariperusahaan asuransi jiwa yang mengelola, sehingga pemegang polis tidaktahu persis berapa nilai tunai yang akan ia terima apabila lapse.
Bentuk asuransi jiwa biasanya Whole Life Insurance dengan ditambahkanbeberapa rider seperti personal accident dan total pemanent and disability.Ciri-ciri yang diuraikan di atas, memberikan gambaran yang lebih baik dalammengenali produk-produk asuransi yang dikategorikan tradisional dan moderntersebut. Tentunya setiap produk memiliki nilai plus minus jika dilihat dari setiap ciri-ciri tersebut di atas. Keputusan untuk menentukan produk asuransi mana yangpaling tepat untuk dibeli, menjadi suatu pertimbangan yang komprehensif bagi calontertanggung selain sebagai tujuan proteksi calon tertanggung itu sendiri. Bisa sajapertimbangan akan tingkat pengembalian hasil akan menjadi preferensi utamadalam memutuskan membeli produk asuransi tersebut. Pada tulisan selanjutnyaakan dibahas mengenai manfaat-manfaat besar dalam membeli suatu produkasuransi jiwa.Sumber: Majalah Human Capital No. 02 | April 2004
DelegasiNo. 03 Tahun 2004
Mendelegasikan atau pelimpahan pekerjaan pada bawahan, seringkali dipandangsebagai suatu keuntungan atau fasilitas yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Namuncukup mengejutkan mengetahui ternyata tidak semua menyukai danmempergunakannya, saat menjadi pemimpin.Ada beberapa alasan yang mendasari atasan sehingga tidak melakukanpendelegasikan pekerjaan:
 Tidak mengerti pekerjaan apa yang harus di delegasikan
 Tidak yakin bawahannya dapat mengerjakan sesuai standart kerjanya
Menganggap bila dikerjakan sendiri akan lebih cepat selesai
 Tidak percaya terhadap kemampuan, pengetahuan dan keahlian kerjabawahan
Bawahannya semua telah cukup sibuk dengan pekerjaannya masing-masing
 Tidak mengerti cara mendelegasikan pekerjaan dengan efektif 
Khawatir bila mendelegasikan pekerjaan, dirinya sendiri tidak melakukan apa-apa.Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi. Pada beberapa perusahaan, atasan justrumempergunakan pendelegasian pekerjaan sebagai alat "penyundul" posisi. Denganmenunjukkan bahwa bawahannya dapat mengerjakan sebagian pekerjaannyadengan baik, maka atasan memiliki alasan untuk meminta tanggung jawab yanglebih. Otomatis, dengan berkembangnya lingkup pekerjaan yang dikerjakan, atasantersebut pun dapat berharap mendapatkan penilaian kinerja yang baik dan promosi.Pendelegasian tidak hanya melulu mencangkup pelimpahan pekerjaan padabawahan, tapi juga harus merupakan pembangunan iklim kerja berdasarkankepercayaan serta merupakan proses peningkatan motivasi kerja pegawai. Terasasulit memang, namun bukan berarti tidak dapat dipelajari. Agar tercapai, berikutbeberapa langkah strategis sederhana yang dapat dilakukan para atasan.
1. Menganalisa pekerjaan
Kenali pekerjaan tersebut, termasuk seberapa penting dan kapan pekerjaantersebut harus selesai.

Activity (59)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
putri_luvmum3932 liked this
Dessy Octavanie liked this
Jiwanda D. Puti liked this
CHie Aiizz LHa liked this
Nandho Jrs liked this
Linda Veronica liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->