Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HU Cianjur Ekspres edisi KAMIS, 20 OKTOBER 2011

HU Cianjur Ekspres edisi KAMIS, 20 OKTOBER 2011

Ratings: (0)|Views: 1,285|Likes:
Published by Deden Sundara
Harian Umum Cianjur Ekspres
Terbit Edisi Kamis, 20 Oktober 2011

Koran Pertama dan Utama di Cianjur
Harian Umum Cianjur Ekspres
Terbit Edisi Kamis, 20 Oktober 2011

Koran Pertama dan Utama di Cianjur

More info:

Published by: Deden Sundara on Oct 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
CM Y K CM Y K
REDAKSI: Jalan Pangeran Hidayatulloh No. 7D Cianjur. Informasi langganan hubungi: 085659058455, (0263) 262829
email: cianjurekspres@yahoo.com | cjrekspres@gmail.com
Koran Pertama dan Utama di CianjurHARIAN UMUM
KAMIS, 20 OKTOBERTAHUN 2011HARGA Rp.1000, TERBIT 12 HALAMAN
Melihat Geliat Usaha Sentra Manisan Khas Cianjur (1)
Mengembangkan Sembari Tetap Menjaga Cita Rasa Warisan
bersambung ke halaman 11
adalah MA Komarudin. Anak ketiga dari delapan bersaudaraini mengaku telah menggelutibisnis manisan selama 6 tahun.Ia mengaku tumbuh dan dibe-sarkan di lingkungan keluarga yang menggeluti bisnis ini tu-run-temurun. Tak heran, jika ki-ni saudara-saudaranya pun tu-rut mengikuti jejak bisnis keluar-ga ini sekaligus mengembang-kanya.“Ini ibarat bisnis keluarga. Sa- ya lahir dan dibesarkan olehorangtua yang menggeluti usa-ha sentra manisan. Namun, bu-kan hanya itu, sebagai putradaerah, saya juga memiliki ke-
Jika mendengar Cianjur, orang pasti mengaitkandengan beras Pandanwangi, tauco, dan tentu saja,manisan. Kabupaten yang memiliki penduduk lebih dari2 juta jiwa ini sejak dulu memang cukup
sohor 
sebagaisentra kuliner. Salah satunya, manisan yangpeminatnya sudah menembus pasar nasional. Simakpenuturannya.SISKA DIAN KLARESIA, Warungkondang
SISKADIANKLARESIA/CIANJUREKSPRES
CITA RASA: MA Komarudin adalah salah satu pedagang manisanyang masih setia berjualan ketika banyak pedagang manisanyang beralih profesi.
bersambung ke halaman 11
Sophia Latjuba 
SUAMIBEBERKANRENCANA CERAI
LEBIH
enam tahun Michael Villareal membangun rumahtangga dengan Sophia Latjuba.Lama tak terdengar kabarnya,Michael tiba-tiba mengungkaprencana perceraiannya dengan wajiban untuk mengembang-kan usaha makanan khas Cian- jur ini,” ujar ayah empat anak inisaat ditemui di toko tempat sen-tra usaha manisan “UKM PutraSawargi” di Jl Raya SukabumiKM 9, Warungkondang, Cianjur,kemarin (19/10).Ia mengaku, bergelut di bi-dang manisan ini memiliki tan-tangan besar. Di toko yang kinisudah mulai berkembang danmenjadi sentra bisnis binaanpemerintah, khususnya DinasKoperasi Kabupaten Cianjurini, banyak hal yang ia pelajaridan alami.
DataTraffickingBelum Akurat
Matakna, lulus SD geus dikawinkeun…
SIAPA
 yang tidak kenal dantidak pernah mencicipi mani-san buah? Hampir semua or-ang, kecuali yang belum me-ngenal manisan, tentu pernahmencicipi dan merasakan le-zatnya manisan. Jenis mani-san pun bermacam-macamkarena hampir semua buahbisa dijadikan manisan. Se-lain itu, rasanya juga beragam,ada yang manis ada pula yangpedas. Termasuk pilihan yangbasah maupun yang kering.Salah seorang pelaku usaha yang menggeluti bisnis ini
MAMIC:JANGAN TEKANPERSIB JADI JUARA 
BANDUNG
—Pelatih PersibDrago Mamic menilai, tekananpublik kepada dirinya untuk membawa Persib juara Indone-sia Premier League (IPL) 2011/2012, terlalu besar pada dirinya.Namun demikian, jika tekananitu terus menerus ditujukankepada tim, dia pun merasakeberatan dengan hal tersebut.”Jangan terlalu menekan sayauntuk jadi juara. Ekspekstasi
bersambung ke halaman 11
Suranto Jangan
Jadi Pengecut!
Gatot: JabatanBukan Hadiah
JL KH A BIN NUH
—Keretak-kan di tubuh pasangan Cerdasmendapat tanggapan seriusdari sejumlah kalanagan. Bah-kan, Sekretaris Umum DPCPartai DemokratKabupatenCianjurGatotSu-broto,me-man-dang Wakil Bupati Cianjur HSuranto dipandang sebagaipengecut jika sampai mundurdari jabatnnya.”Saya kira Pak Suranto akan jadi seorang pengecut jika me-ngundurkan diri. Harus di-ingat, jabatan tersebut dipilihlangsung oleh rakyat, bukanhadiah dari pihak mana pun.Semuanya harus dikembali-kan pada kepentingan rakyat,”tutur Gatot kepada
Cianjur Ekspres
, di Gedung DPRD Ci-anjur Jalan KH.Adbullah BinNUh, kemarin (19/10).Namun demikian, Gatot jugamengingatkan kepada BupatiCianjur Tjetjep Muchtar Soleh:kemenangan pada Pemiluka-da kemarin merupakan keme-nangan semua tim sukses,mulai dari hulu hingga hilir.Bagi dia, raihan suara dalamPemilukada, tidak hanya di-menangkan dengan suaraBupati. Tidak sedikit jugasuara dari pendukungdan simpatisan WakilBupati, karena masing-masing mempunyai ba-sis yang kuat hinggabisa sukses menjabatCianjur 1 dan 2..”Tidak bisa ditakarkemenangan dalam
Golkar Mulai Lakukan Rekonsiliasi Jelang Pilgub 2013
JL SILIWANGI
—Peserta RapatKerja Daerah (Rakerda) DPD IIPartai Golkar Kabupaten Cian- jur membulatkan tekad mendu-kung pencalonan Ketua DPD IPartai Golkar Jawa Barat IriantoMS Syafiudin –Biasa disapaKang Yance— menjadi Guber-nur Jawa Barat pada PemilihanGubernu (Pilgub) Jawa Barat2013.Ketua Umum DPD II PartaiGolkar Kabupaten Cianjur AdeBarkah Surahman mengatakan,semua peserta Rakerda yangterdiri dari Pengurus DPD II, Pe-
bersambung ke halaman 11
MIKHSAN/CIANJUREKSPRES
TIUP LILIN: Yance terlihat meniup lilin sebagai tanda ulangtahunnya, kemarin. Dia tidak menyangka akan diberi kejutanoleh kader Golkar di Cianjur.
Beres Dilantik, DahlanSetir Mobil Sendiri
Istana Cipanas Belum Ada Persiapan Khusus
CIPANAS
—Tanda tanya me-ngenai kapan tanggal pernika-han Putra kedua Presiden SusiloBambang Yudhoyono (SBY), Adhie Baskoro Yudhoyono(Ibas) dengan putri Menko Per-ekonomian Hatta Rajasa, SitiRuby Aliya Rajasa, akhirnya ter- jawab. Pasangan itu rencana-nya akan melangsungkan akadpada 26 November mendatangdi Istana Presiden, Cipanas.Staff Rumah Tangga dan Proto-kol Kepresiden Istana Cipanas,Dimas Rama Sip mengatakan,pihaknya tidak melakukan per-siapan ekstra menyambut haja-
Ibas Ucapkan Akaddi 26 November
 Akan Minta IzinGunakan Fasilitas Milik Pribadi ke Presiden
JAKARTA
— Gaya Menteri Ba-dan Usaha Milik Negara (BUMN)Dahlan Iskan memang berbedadengan menteri lain. Tak hanyamemakai sepatu kets, Dahlanmemilih menyetir sendiri mobil-nya.Sesudah pelantikan, Dahlankeluar dari Istana Negara menu- ju tempat parkir mobilnya. Na-mun, bedanya, mobil Dahlan ti-dak diparkir di komplek IstanaKepresidenan. Mobil sangmenteri yang sebelumnya men- jabat direktur utama PT Perusa-
bersambung ke halaman 11bersambung ke halaman 11bersambung ke halaman 11
JPPHOTO
NYETIR SENIDIRI: Menteri BUMN Dahlan Iskan terlihat setirmobilnya sendiri usai dilantik Presiden, kemarin.TETAP SENYUM:Wabup Cianjurdr H Surantoterlihattersenyumsaat ditemuiCianjurEkspres,belum lama ini.
 
ningkatkan sikap menjadi lebihbaik lagi, untuk pengabdian,dan masih banyak lagi,” je-lasnya beberapa saat yang lalu kepada tim
 Xpresi
.Bapak berusia28 tahun ini jugapernah menda-pat hadiah yangmenurutnya meru-pakan hadiah terindah.“Saya pernah mendapatkanhadiah dari istri saya saat sayaulang tahun, yaitu kue, jacket,dan kemeja. Itu menjadi ha-diah terindah karena hadiahtersebut pemberian dari istrisaya. Dan yang paling berke-san, anak saya yang masih bayi
Pak Ahmad Irsan Saputra
Guru Matematika SMK Nurul Islam Sukaluyu 
KAMIS, 20 OKTOBER 2011
Pengen jadi Sobat Xpresi (Sobex)? Pengen nambahtemen? Gak susah kok! yang rajin aja komen di FBXpresi Cianjur Ekspres. Ayo, Xpresikan dirimu sob!!
xpresicianjurekspres@yahoo.com
COMMENT
Tim Reporter Xpresi:
Ifan, Andi, Nurul, Jajang,Eka, Yadi, Abdul (SMK Islamiyah Sayang),Putri Riham, Putri Sariaji, Rafika,Bening, Chantra (SMK Broadcast Cianjur),Putri Lia, Lukman, Ahmad, Ithessa (SMAN 1 Sukaresmi).
UngkapkanSayangdenganHadiah
SOBEX 
, tentunya udah gak asing lagi dong denger kata ha-diah? Biasanya kita dapet ha-diah di momen-momen terten-tu, misalnya pas ulang tahun,dapet peringkat pertama di ke-las, atau pas jadi pemenang disuatu kompetisi.Gimana sih perasaan kaliandisaat mendapatkan hadiah?Seneng dong?? Kalo gitu samahalnya dengan Pak Ahmad Ir-san Saputra, guru Matematikadi SMK Nurul Islam SukaluyuCianjur yang merasa senangketika mendapatkan hadiah da-ri seseorang yang berarti ba-ginya.Menurut Bapak yang akrabdipanggil Pak Irsan ini, hadiahadalah sesuatu yang diberikanatas dasar prestasi, kasih sa- yang, penghormatan ataupenghargaan. Kita akan me-rasa senang dan bangga ketikamendapatkan hadiah atasusaha yang kita lakukan a-taupun mendapat hadiah dariorang yang spesial, maka ha-diahnya pun akan menjadispesial.Memberi hadiah juga gak se-mata-mata memberikan suatubarang ke seseorang aja loh. Na-mun juga ada makna dan man-faatnya. Pak Irsan juga men- jelaskan manfaat dari memberihadiah kepada orang lain, “Yak-ni sebagai motivasi agar lebihmeningkatkan prestasi, me-memegang tulisan ucapan u-lang tahun. Hal tersebut mem-punyai kesan tersen-diri dihati saya,ungkapnya.“Pernah keti-ka istri saya u-lang tahun,berniat inginmembuat keju-tan buat istri saya.Tapi mungkin kare-na saya kurang lihaiketika hendak mem-buat kejutan saya malah ke-tauan.
surprise
pun jadi ber- jalan tidak begitu mulus. Mes-kipun kurang sesuai dengan yang diharapkan, tapi kejutanitu tetap dilanjutkan. Dikare-nakan uang yang saya pegangpada saat itu juga terbatas.Jadi, daripada memikirkan ke- jutan yang lain, lebih baik lanjutkan saja rencana yangawal,” ceritanya.Nah,
buy the way 
 
Sobex 
sukabingung gak sih kalo mau nga-sih hadiah, tapi gak tau mestingasih hadiah apa?Maka dari itu, Pak Irsan me-nyarankan ketika kita inginmemberi hadiah, alangkahbaiknya cari tahu terlebih da-hulu apa yang disukai atau yang diinginkan orang terse-but, kemudian berikan padasaat tertentu.
(rafiqa akmalia-unyu2/smk broadcast al-i’anah cianjur)
SOBEX 
, di dunia ini banyak hal yang bisa bikin kita bahagia. Salahsatunya mendapatkan kado spe-sial dari orang yang istimewa. Baik dari orang tua kita, kakak, temen,sahabat, ataupun pacar yang kitasayangi.Karena berasal dari orang yangspesial, kado yang kita terimapastinya akan merasa berhargadan spesial. Ngomongin soal ka-do, hadiah apa sih yang palingberharga buat
Sobex 
...? Pena-saran gimana komentar dari
So-bex 
...? Yuk kita simak terus!Komentar pertama datang dariReni Juniatio. Siswi kelas XI AP 1SMKN 1 Cianjur ini mengaku kalohadiah adalah ungkapan rasasayang orang lain kepada dirinya.”Kalo menurut aku, hadiah me-rupakan sesuatu yang bisa di-bilang berharga. Sebagai ungka-pan rasa sayang kita pada se-seorang,” ucapnya saat ditemuitim
 Xpresi
, kemarin.Lebih jauh, cewek berkerudungini bercerita, kalo dirinya memilikihadiah yang berharga. “Aku per-nah dikasih hadiah boneka samapacar aku. Aku ngerasa senengbanget, soalnya pacar aku ngasihboneka itu pas hari jadi aku samadia,” ujarnya.Komentar kedua datang dariMardiana. Siswi kelas X AK 1 SMKMardi Yuana ini juga mengakudirinya pernah diberi hadiah sa-ma mantan pacarnya. “Aku se-neng banget pas Ultah di kasihboneka,” jelas cewek berambutpanjang tersebut.Karena diberi hadiah oleh man-tannya, Diana berharap hadiahtersebut bisa dijadikan barangkenangan bagi dirinya. ”Semogahadiah yang dikasih sama man-tan itu bisa jadi kenangan yangpaling indah, dan bermakna bagiaku sama mantan aku,” jelasnya.Komentar ketiga datang dari Anissa. Siswi kelas XII PS 3 SM-KN 1 Cianjur ini bercerita per-nah dapetin hadiah yang indah juga. “Kalo aku sendiri pernahdikasih sebuah boneka dari or-ang yang paling aku sayang pasdi hari ulang tahun aku,” terang-nya cewe yang hobi bikin nasikuning itu.Hadiah tersebut, menurutnyaadalah hadiah yang paling ber-harga. ”Hadiah ini gak akan akulupakan sampai kapanpun,”pungkasnya.
(chantra-unyu2/smk broadcast)
 Gak Suka Punya Musuh 
HAI
, nama aku Mutya Puji Nurachman.Sekarang aku kelas X 9 SMAN 1 Cianjur. Aku orangnya sedikit pemarah, tapi mu-dah memaafkan. Aku cukup punya rasasolidaritas, dan tidak pilih-pilih teman. Aku paling suka sama kegiatan olahraga,terutama olahraga renang dan badmin-ton. Kalo udah asyik olahraga, aku palinggak suka kalo ada orang yang jail ngeng-gangguin.Selain olahraga, hal yang paling akusukai adalah menulis puisi dan bercanda. Aku orangnya sering bercanda makanyagampang akrab sama orang lain. Makadari itu, aku gak suka kalo punya musuh.Oya, aku juga sedikit manja, soalnyaanak mamah dan papah satu-satunya.Hehe.
(mg4)
Jaman Dulu,
Tinta Terbuat dariDarah yang Dibekukan
SOBEX 
,
pasti tahu dong tinta…? Yups, cairan kental ini seringmengisi ruang pulpen, dan membantu kita mengingat sesuatudengan catatan dari tinta yang kita tuliskan di sebuah kertas.Tapi, tahukah
Sobex 
ternyata jaman dulu, tinta terbuat dari darahmanusia yang dibekukan…? Penasaran kan, simak terus ya!Seperti yang dikutip dari Damma Citta, pada awalnya di negaraMesir, tinta terbuat dari mahluk laut, seperti tintan yang dikeluarkanoleh cumi-cumi, yang biasa disebut sepia. Ada juga tinta yangberasal dari serpihan besi, tumbuh-tumbuhan, dan walnut (sejenisbuah kenari) yang sering digunakan pelukis kuno untukmenggambar.Sejak 5000 tahun yg lalu, tinta digunakan untuk menghitamkanpermukaan yang timbul, salah satunya terpahat di batu dandikembangkan di Cina. Tinta permulaan ini merupakan campuranantara jelaga dari asap kayu cemara, lampu minyak dan jelatindari kulit binatang serta darah yang dibekukan.Di India, tinta terus dikembangkan yang dihasilkan daripembakaran tulang, aspal, dan bahan lainnya yang pertama kaliditemukan di India pada akhir abad keempat sebelum masehi.Tinta tersebut yang terdiri dari beberapa cairan kimia itu disemutmasi (pantes ya nenek kita sering nyebut tinta itu ‘mangsi’, mungkinada hubungannya juga, hehe).-Karena zaman semakin berkembang, kini tinta berasal darisenyawa kimia yang terdiri dari pelarut, pigmen, celupan, resin,pelumas dan sollubilizer, yakni senyawa yang membentuk ion-ion polimer yang tahan lama.
(mg4/bbs)Civha Fivers Purple
eeeemmhhh app ea?Smwa ynx dya berikan menurut akhu ,indaahhhhSo, dya ttuch orang ynx pling berartydlm hdup QJheee
N'deew Triie Pranatha
Sajak indah yangdidedikasikan oleh hati
Meiisya RaTna JuwiTha
D.ksh boneka .. Cokelat cincin ... Smahp ...Seneng bnget lla tp kdang dha nyeselea ....!!!
Cuadhel Ekha Fitria
kado trindah boneka dolpinitu di kasih ma pacar aku waktu usiakuberanjak 17 tahun
Bima Tria Satrio
hadiah yang mungkin bagi saya terbaikadalah orang yang sayangi itu dapatbersama saya
Deeaa Iiskandarr
dikasih cincin harga 2 ribu 2 tahun lalu:Dsampe sekarang masih di pake samadea :)itu kado terindah menurut dea , jrang jarang lho :D
Abex Sang Gurita
emp..ga muluk2 sih berhubung aneorangnya urak2kan,hadiahnya cukupsebuah tasbih atau alQuran aje biarsedikit bener.thank
Ferdy Romero Tjandra
dkasih hadiah sepatu baru,,,, waktukelas 1 SD,,,, itu adalah sepatu pertamayg ku punya,,,,,,,,, wuiiiiiiiihhhhhh senengx minta ampun sampe2 ku tidur pksepatu haaaaaaaaa
Dian Rosdiana
Dikasih foto masa kecil'a... Lucu bgt dh.Kta'a klo jd nikah,anak'a pst kyagini...hihihi
SOBEX
, pastinya seneng dong dikasihhadiah sama orang yang kitasayangi... BTW, hadiah apa sih yangterindah yang pernah kamu da-petin...? sharing disini yuk ditungguyaaa. :)
(tim unyu2-smk broadcastcianjur)
 
CM Y K
METROPOLIS
KAMIS, 20 OKTOBER 2011
CM Y K
Netty Herawati
Koordinator Kader Posyandu &Ketua RW15 Desa Margaluyu Kelurahan Muka 
 TERUSMEMOTIVASIIBU RUMAH TANGGA 
SIAPA
bilang pekerjaan ibu ru-mah tangga hanya berurusandengan aktifitas memasak, me-ngurus rumah, atau mengasuk anak. Ternyata melalui gerakankader Pos Pelayanan Terpadu(Posyandu) serta aktifitas lain-nya di tingkat RT atau RW dapatmemaksimalkan fungsi merekadalam kegiatan kemasyarakatan.“Saya terus berkomitmen un-tuk memotivasi para kader agaraktif di bidang pelayanan kema-syarakatan. Sebab, ibu rumahtangga pun bisa aktif mengurusmasyarakat. Dan, saya yakinmereka memiliki semangat dankemampuan melakukan berba-gai aktivitas dengan baik,” jelasNetty Herawati, KoordinatorKader Posyandu yang jugamenjabat sebagai Ketua RW15Desa Margaluyu KelurahanMuka, Cianjur, kepada
Cianjur Ekspres
, kemarin (19/10).
(mg3)
Bambang Setiadi
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Cianjur 
PERKUATSDMDANSENTRAUMKM
BANYAKNYA
para pelaku usa-ha mikro, kecil, dan menengah(UMKM) yang gulung tikar me-nyebabkan perekenomian diKabupaten Cianjur menurun.Berbagai faktor, terutama kenda-la modal dan
skill 
, menjadi satuhal yang harus digenjot sekali-gus mendapatkan perhatian se-mua pihak. Sebab, hal ini ber-dampak pada semakin tinggi-nya angka pengangguran diKabupaten Cianjur.“UMKM yang mampu berta-han adalah yang memiliki SDM yang baik dan mapan. Di sam-ping keahlian dalam memasar-kan produk yang mereka hasil-kan, juga bisa menyebarkan se-cara luas melalui jejaring danprogram kerja sama denganpara pelaku bisnis lainnya. Me-reka bukan hanya akan hidupsecara mandiri, tetapi dapat me-ngurangi angka pengangguran yang ada,” tandasnya.
(mg3)
InspirasiSOSOK
ingu
, ngingu, memeliharadengan baik; ngingu hayam,memelihara ayam
injeum
, nginjeum, pinjam,meminjam
injuk
, ijuk
inohong
, tokoh, orang pen-ting
intip
, ngintip, mengintip,mengintai
inum
, nginum, minum
ipis
, tipis
ipis biwir,
cengeng, gam-pang menangis
ipuk
, ngipuk, menyemaikanbenih
ipukan
, 1. persemaian; 2.yang disemaikan; 3. arti kia-san; anak-anak yang dididikagar menjadi orang yang ber-guna
Belum Pasti
Suspect 
Flu Burung
 ARAHA
– Informasi mengenaiadaya pasien
suspect 
flu burung yang dirawat di RSUD Cianjurhingga kini belum bisa dipasti-kan kebenarannya. Malah, disi-nyalir penyakit yang dideritapasien tersebut adalah InfeksiSaluran Pernapasan Akut (ISPA) yang gejala serta kondisinyahampir mirip dengan pasien yang terkena flu burung.Hal tersebut ditandaskan KasiBina Kesehatan Ikan dan HewanDinas Peternakan, Perikanan,dan Kelautan Kabupaten Cian- jur, M. Agung Rianto, S.Pt. Menu-rut dia, setiap wilayah yang ter-indikasi penyakit yang berasaldari hewan terutama unggas,seperti flu burung, pasti dapatterdeteksi dengan sigap olehpetugas
Participatory DiseasesSurveylance and Respons
(PDSR).“Saya sudah mendapatkaninformasi lengkap dari pihak rumah sakit berdasarkan la-poran dari petugas PDSR di la-pangan. Namun, belum bisadipastikan
suspect 
flu burungatau bukan. Namun sebagailangkah antisipasi, pihak rumahsakit dan dokter sudah menem-patkan pasien terpisah, yaitu diruang isolasi Ruang Mawar un-tuk pemeriksaan lebih jauh,” je-lasnya kepada
Cianjur Ekspres
saat ditemui di ruang kerjanya,kemarin (19/10).Menurutnya, berdasarkan da-ta, hingga saat ini belum pernahditemui kasus flu burung di wilayah kabupaten Cianjur. “DiCianjur belum pernah ada kasusflu burung,” ujarnya.Lebih lanjut Agung memapar-kan, setelah mendapatkan la-poran mengenai gejala penyakitpasien berjenis kelamin perem-puan berinisial NN (29) wargaKampung Pasirkunci RT 5/3Desa Sindangsari KecamatanCilaku, Tim PDSR langsung me-lakukan kroscek ke tempat ting-gal pasien tersebut. Hal ini dila-kukan untuk melihat indikasiadanya faktor penyebab flu bu-rung (
avian influenza
).“Tim yang terjun ke lapanganlangsung melakukan pengece-kan, ternyata tidak ada indikasipenyebab flu burung ini. Terle-bih, setelah dipastikan korbantidak pernah bersentuhan de-ngan unggas apapun dan tidak memiliki catatan medikal ten-tang penyakit ini,” jelasnya.Petugas PDSR, Riswanto, me-ngaku telah mengecek langsungkondisi lingkungan serta tempattinggal NN. Menurut data yangdihimpunnya, NN mengalamidemam tinggi seusai menengok saudaranya yang dirawat di ru-mah sakit. NN sakit sejak Senin(10/10) dan tidak kunjung redameskipun sudah dibawa kepuskesmas setempat. Akhirnyadia dirujuk ke RSUD Cianjurpada hari Jumat (14/10) danditangani dokter yang langsungmenempatkannya di ruang iso-lasi hingga sekarang.“Gejalanya memang mirip, na-mun kemungkinan besar pasienterkena ISPA. Panas yang diala-mi pasien akibat kecapekan.Selain itu, tidak ada kasus kema-tian unggas secara mendadak,” jelas dia.Sampai saat ini belum adaketerangan dari pihak RSUDCianjur. Salah seorang petugasdi Ruang Mawar yang enggandisebutkan identitasnya hanyamembenarkan adanya pasien yang dirawat di ruang isolasi.“Ya, memang ada, tapi maaf sa- ya tidak bisa memberikan kete-rangan,” pungkasnya.
(mg3)PACET
- Ketika Indonesiadilanda krisis ekonomi be-rkepanjangan sekitar tahun1998, hanya pelaku usahamikro, kecil, dan menengah yang mampu bertahan. Seba-liknya, pengusaha besar ba-nyak yang kelimpungan,bahkan bangkrut.Hal tersebut dikemukakanKetua DPD Partai Golkar JawaBarat Irianto MS Syaifudindalam sambutanya saat mem-buka kegiatan pelatihan pe-ningkatan keahlian serta pe-ngetahuan usaha kecil dengantema “Gerakan Ayo Bangkit”di Wisma Sinar Kasih, Pacet,Cianjur, kemarin (19/10).“Pelatihan ini merupakanupaya nyata Partai Golkaruntuk mengatasi masalahtingginya angka kemiskinandan pengangguran. Sehinggadiharapkan para pelaku usa-ha yang ikut bisa menularkansemangat berwirausaha ke-pada masyarakat lainnya,tutur Irianto MS Syaifudin yang biasa disapa
Kang 
Yan-ce, kemarin.Di hadapan seratusan peser-ta pelatihan yang merupakanpengusaha mikro dan kecildari berbagai daerah di JawaBarat ini, Yance menyampai-kan bahwa pelatihan ini me-rupakan kegiatan lanjutandari program Gerakan AyoBangkit tahap pertama yangtelah digelar periode April-Mei2011 lalu yang diresmikan diJakarta oleh Ketua Umum Par-tai Golkar Aburizal Bakrie.Sementara itu, Ketua DPDPartai Golkar Kabupaten Ci-anjur, Ade Barkah Surahman,menjelaskan, Partai Golkarmengajak semua elemen ma-syarakat untuk bangkit dariketerpurukan ekonomi ma-syarakat selama ini. “Pelati-han ini merupakan suatu buk-ti jika Partai Golkar sangat pe-duli dengan usaha mikro dankecil. Sebab, merekalah yangharus bangkit terlebih dahuludari tingkat paling bawah se-bagai tonggak kebangkitanrakyat Indonesia, khususnyadi Kabupaten Cianjur,” ujar Ade Barkah.Selain membuka kegiatanpelatihan, pada kesempatantersebut, Yance dan Ade Bar-kah bersama ratusan kaderdan simpatisan Partai Golkar,turut merayakan HUT PartaiGolkar ke-47 secara sederha-na. Yance pun didaulat untuk meniup lilin dan memotongtumpeng, lalu potongan tum-peng itu diberikan kepada sa-lah seorang peserta pelati-han.
(mg6)
Pasien Diduga Terkena ISPA
KEPEDULIAN
Pada Pengusaha Kecil
JL SILIWANGI
- Kasus perda-gangan orang atau
trafficking 
me-mang tidak pernah tuntas, bah-kan cenderung bertambah, sela-ma pemerintah tidak bekerja se-cara total. Salah satunya, persoa-lan pendataan kasus yang akuratsesuai dengan klasifikasinya.Hal tersebut diungkapkan Ke-pala Subbidang PemberdayaanPerempuan BKBPP KabupatenCianjur, Yenny Rosyenny. Me-nurutnya, sejumlah LSM atauorganisasi keperempuananlainnya memiliki dataan tersen-diri berdasarkan hasil peneliti-an internal mereka. Sehinggahasilnya tidak bisa dipukul ratasebagai data rekapitulasi selu-ruh kasus di wilayah KabupatenCianjur.“Setiap lembaga punya carapendataan dan hasil data masing-masing. Tidak bisa dipukul ratasebagai data seluruh kasus diKabupaten Cianjur. Terlebih, diCianjur kan banyak lembaga yangkonsern di bidang ini,” jelasnya. Yenny mengungkapkan, un-tuk data rekapitulasi di BKBPPsendiri, sampai saat ini belumterangkum secara keseluruhan.Sebab, dalam proses pen-dataan, BKBPP sering berkoor-dinasi dengan sejumlah lem-baga perempuan yang ada diKabupaten Cianjur.“Untuk data tahun 2011 belumdirekap karena lembaga terkaitmasih melakukan pendataansehingga belum ada jumlahnya.Terlebih kami juga harus benar-benar selektif memasukan jum-lah setiap kasus,” jelasnya.Sejumlah kasus yang terdata,antara lain kekerasan dalam ru-mah tangga (KDRT), pencabu-lan, perdagangan perempuan,dan buruh migran. jika tidak dila-kukan secara selektif, dikhawa-tirkan tercampur kasus per kasus.Meskipun semuanya berkaitandengan masalah
trafficking 
.“Karena sekarang sedang tren
trafficking 
, banyak kasus masuk ke dalam
trafficking 
. Kami harusselektif, kan semua data berda-sarkan laporan yang masuk kelembaga-lembaga tadi,” pung-kasnya.
(mg3)
Data
Trafficking 
Belum Akurat
Pelatihan UMKM Partai Golkar
Pedagang Pasar MukaMinta Perbaikan Lantai
MUKA - Pengurus Pasar MukaCianjur, berencana mengaju-kan permohonan bantuan ke-pada pemerintah untuk mem-perbaiki lantai yang sudah rusak dan harus segera diperbaiki.Sejak 10 tahun berdiri, pasar inibelum mengalami perbaikan,termasuk perbaikan lantai se-luas sekitar 3.340 meter.“Banyak pedagang yang me-ngeluhkan kondisi ini karenaPasar Muka termasuk salah satupasar yang ramai dan cukuppadat pengunjung sehinggaperlu adanya perbaikan, teruta-ma lantai,” ujar Sekertaris K5Pasar Muka, U Sofyan alias Arbakepada
Cianjur Ekspres
, belumlama ini.Kata Arba, pihaknya berupayauntuk menciptakan kenyama-nan pegunjung pasar ketikaberbelanja. Sebab, selain calonpembeli yang berbelanja di pa-sar tradisional, pengunjung pa-sar ini pun termasuk yang hen-dak berbelanja di pasar modern(Ramayan Dept Store) di di lan-tai 2.“Keberadan Ramayana bagiPasar Muka jelas memberikankeuntugan. Masyarakat yangberjualan di sini pun tidak kebe-ratan. Malah para pembeli ada yang habis belanja dari Rama- yan langsung belanja keperluandapur di pasar tradisional, atausebaliknya,” jelasnya. Menurut-nya, hal ini memberikan keun-tungan bagi kedua belah pihak.Sehingga fasilitas pasar pun per-lu ditingkatkan demi melayanipara pengunjung di dua pasarini.
(mg3)
MOCHIKHSAN/CIANJUREKSPRES
ULTAH: Ketua DPD Golkar Jabar, Irianto MS Saifudin alias Yance, didampingi Ketua DPDGolkar Cianjur, Ade Barkah Surahman memberikan potongan tumpeng kepada pesertapelatihan usaha kecil di Wisma Sinar Kasih, Pacet, kemarin.SUSPECT:Pihak DinasKesehatanKabupatenCianjurmengklaimsampaisaat inibelumpernah adakasus fluburung.PasienRSUD yangdisangka
suspect 
didugamenderitaISPA
ISTIMEWA

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Micky Fegriano liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->