Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Keuangan Sektor Publik

Laporan Keuangan Sektor Publik

Ratings: (0)|Views: 2,385|Likes:
Published by Jonathan Widodo

More info:

Published by: Jonathan Widodo on Oct 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK
Oleh : M. Soleiman Abdulah1. PENDAHULUAN 
PENDAHULUAN
Perkembangan informasi berlanjut sangat cepat, dalam era globalisasibatasan dunia makin tidak jelas, hubungan antar organisasi tidak terbatas hanyadalam satu negara tetapi antar negara. Informasi-informasi dalam berbagaibentuk dibutuhkan makin cepat dan lengkap, antara lain adalah informasi yangdiperoleh dari laporan-laporan keuangan. Laporan keuangan menyajikaninformasi yang dibutuhkan berbagai pihak seperti pemerintah, rakyat, pemegangsaham, penanam modal dan kreditur untuk pengambilan keputusan-keputusanyang harus dilakukan dengan cepat berdasarkan informasi yang memadai.Karena itu baik sektor publik maupun sektor swasta semakin dituntut untukmenyajikan informasi keuangan yang diperlukan untuk menilai pertanggung jawaban dan pelaksanaan manajemen. Di sisi lain, kegiatan sektor publikmaupun swasta semakin luas dan kompleks, terutama sektor publik yangmelaksanakan berbagai program sesuai tuntutan masyarakat. Akibatnya makinsulit untuk menyajikan informasi-informasi dalam laporan keuangan yang dapatmemenuhi kebutuhan berbagai pihak.Makalah ini membahas mengenai laporan keuangan sektor publik, baikdari segi konsepsual teori mengenai bagaimana laporan keuangan sektor publikyang baik, maupun mengenai praktek pelaporan keuangan di beberapa negarayang dianggap baik dan di Indonesia sendiri. Di samping itu dibahas pula usaha-usaha yang sedang dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkatkankecepatan dan keandalan informasi yang disajikan dalam laporan keuanganpemerintah, baik untuk keperluan intern pemerintah, DPR, kreditur maupunpemakai lainnya yang kompeten.
 
 KERANGKA ACUAN KONSEPTUALLAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK
 PENGERTIAN SEKTOR PUBLIK
Dimaksudkan dengan sektor publik adalah pemerintah dan unit-unitorganisasinya, yaitu unit-unit yang dilelola pemerintah dan berkaitan denganhajat hidup orang banyak atau pelayanan masyarakat seperti kesehatan,pendidikan, dan keamanan. Berdasarkan independensi, kompleksitas maupunpertimbangan lainnya, unit-unit organisasi pemerintah tertentu perlu membuatlapporan keuangan agar pihak-pihak yang berkepentingan dapat menilai kondisikeuangan dan pengelolaan unit tersebut.Pada saat ini sektor publik telah mengalami perkembangan yang sangatpesat, misalnya pada pemerintah Indonesia hal ini dapat dilihat dari jumlahAPBN yang dikelola. Pada awal PJP I tahun anggaran 1969 /1970, APBN adalahsebesar Rp. 327 milyar, pada akhir PJP I tahun anggaran 1994 / 1995, jumlahAPBN telah menjadi Rp. 69,749 trilyun, atau 213 kali lebih bessar. Pada tahunanggaran 1996 / 1997 ini, telah meningkat lagi menjadi Rp. 90,616 trilyun.Karena itu laporan keuangan sektor publik makin penting untukmenginformasikan pengelolaan kegiatan dan keuangan sebaik mungkin.
0100020003000400050006000700080006970949596973-D Column 13-D Column 23-D Column 3
 
LINGKUNGAN SEKTOR PUBLIK
Sektor publik yang memegang peran utama dalam pemberian jasa danpelayanan kepada masyarakat mempunyai lingkungan yang berbeda dengansektor swasta. Hal ini menjadi pertimbangan dalam penyusunan laporankeuangan sektor publik. National Council on Governmental Accounting ((NCGA)Statement 1, yang dikukuhkan kembali dalam Governmental AccountingStandards Board (GASB) Statement 1, menyatakan dalam mengevaluasi sistem
 
pelaporan yang ada dan praktek-praktek yang dikembangkan dalam sistemakuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah perlu dipertimbangkan sasarandan lingkungannya.Dalam buku Governmental Accounting, auditing and Financial Reportingyang disusun oleh Governmental Financial Officers Association dikemukakanbahwa untuk dapat memahami model lapporan keuangan pemerintah dengantepat, perlu mempertimbangkan tiga hal sebagai berikut :
Struktur Pemerintahan
Umumnya struktur pemerintahan diperlukan untuk melindungi danmelayani kebutuhan warga negaranya. Pada pemerintah yang demokratisbiasanya dilakukan pemisahan fungsi, antara fungsi eksekutif, legislatif danyudikatif untuk pengecekan dan keseimbangan (checks and balances). Ketigakelompok ini bisa mempunyai kesimpulan yang berbeda mengenai bagaimanawarga negara dilindungi dan dilayani. Keberhasilan pemerintah diukur denganpelayanan dan efisiensi penggunaan sumber daya, berbeda dengan sektorswasta yang pengukuran utamanya pada perolehan laba.
Sifat sumber daya
Di sektor swasta terdapat hubungan langsung antara barang / jasa yangyang diberikan dengan harga yang harus dibayar. Di sektor pemerintah, hal initidak ada, sangat sulit mengidentifikasikan hubungan pertukaran antara pajakyang dibayar seseorang dengan jasa yang diterma secara proposional.
STRUKTURPEMERINTAHANSIFAT SUMBERDAYALAPORANKEUANGANPEMERINTAHPROSESPOLITIK

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
boedoetae liked this
Pebi Febryanti liked this
Lilin Cah Sragen liked this
Elvina Launa liked this
David Chia liked this
Dodi Wisnu Aji liked this
Muhammad Ihsan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->