Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MENENTUKAN VARIABEL

MENENTUKAN VARIABEL

Ratings: (0)|Views: 276|Likes:
Published by trueamour
metopel
metopel

More info:

Published by: trueamour on Oct 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/28/2012

pdf

text

original

 
MENENTUKAN VARIABEL1.
 
Teori, Konsep, Konstrak, Definisi, Proposisi, Variabel
 
Teori adalah kumpulan konstrak atau konsep, definisi, dan proposisi yangmenggambarkan fenomena secara sistematis melalui penentuan hubungan antarvariabel dengan tujuan menjelaskan (memprediksikan) fenomena alam. Teori terdiriatas konstrak, konsep, definisi dan proposisi.
 
Konsep merupakan sebuah istilah yang menggambarkan suatu fenomena secaraabstrak, disebut abstrak dikarenakan istilah tersebut merupakan generalisasi(abstraksi) dari suatu fenomena tertentu. Contoh : sebuah fenomena -> pisang -> buah-buahan.
 
Konstrak merupakan jenis konsep tertentu yang berada dalam tingkatan abstraksi yanglebih tinggi dari konsep dan diciptakan untuk tujuan teoritis tertentu. Konstrak dapat berupa sebuah pandangan atau pendapat yang biasanya ditemukan untuk sebuahpenelitian atau pembentukan teori.
Contoh : ‘kepuasan’. Kata kepuasan merupakan
suatu konsep, tetapi ia bisa berubah menjadi suatu konstrak ketika kepuasan itu perludiamati atau diuji.
 
Definisi adalah menggambarkan sebuah konsep dengan batasan tertentu secaralengkap.
 
Sedangkan proposisi adalah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentanghubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengankata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui ataumengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain.
 
Variabel adalah konstrak yang mempunyai variasi nilai. Badan bukan variabel, karenabadan tidak mengandung suatu pengertian tentang adanya nilai yang bervariasi tetapiberat badan dan tinggi badan memiliki nilai yang berbeda-beda (bervariasi), maka berat badan dan tinggi badan tersebut variabel.
Dua Cara Mendefinisikan Variabel :
A constitutive definition adalah mendifinisikan konstrak dengan konstrak lainnya.Contoh: Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba selama satuperiode akuntansi, area sebagai luas sebidang tanah.An operational definition adalah pemberian makna pada konstrak atau variabel denganmenentukan aktivitas atau operasionalisasi yang diperlukan untuk mengukur variabel tersebut.Contoh: Profitabilitas diukur berdasarkan rasio antara laba bersih setelah pajak dengan jumlahekuitas.
Kegunaan Variabel Penelitian
 
Untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data.
 
Untuk mempersiapkan metode analisis/pengolahan data.
 
Untuk pengujian hipotesis
 
Variabel Penelitian yang baik :
 
Relevan dengan tujuan penelitian.
 
Dapat diamati dan dapat diukur.Dalam suatu penelitian, variebel perlu
Diidentifikasi, Diklasifikasi
dan
Didefinisikan
 secara operasional dengan jelas dan tegas agar tidak menimbulkan kesalahan dalampengumpulan dan pengolahan data serta dalam pengujian hipotesis.
2.
 
Jenis-jenis Variabel Penelitian
Dalam terminologi Metodologik, dikenal beberapa macam variabel penelitian.Berdasarkan hubungan antara satu variable dengan variable yang lain, maka macam
macamvariabel dalam penelitian dapat dibedakan menjadi:
Variabel independent 
 Variable ini sering disebut sebagai Variabel Stimulus, Variabel Pengaruh, atau VariableBebas. Variabel Bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebabperubahannya atau timbulnya variabel Dependen (terikat). Dinamakan sebagai Variabel Bebaskarena bebas dalam mempengaruhi variabel lain.Contoh :
“Pengaruh
Therapi Musik 
terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan…”
 Variable independent / bebas
Variabel Dependen
 Sering disebut sebagai Variabel Efek, Variabel Terpengaruh, Variabel Terikat atauVariabel Tergantung. Variabel Terikat merupakan Variabel yang dipengaruhi atau yang menjadiakibat karena adanya variabel bebas. Disebut Variabel Terikat karena variabel ini dipengaruhioleh variabel bebas/variabel independent.Contoh :
“Pen
garuh Therapi Musik terhadap Penurunan
Tingkat Kecemasan
…”
 Variable dependen / terikat 
Variable moderator 
 Variabel Moderator adalah variabel yang mempengaruhi (Memperkuat danMemperlemah) hubungan antara Variabel Bebas dan Variabel Terikat.Contoh: Hubungan Variabel Independen
Moderator
Dependen :
 
Hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan dosen dalammenciptakan iklim/lingkungan belajar sangat baik, dan hubungan semakin rendah bila peranandosen kurang baik dalam menciptakan iklim belajar.
Variable intervening
 Dalam hal ini Tuckman (1988) menyatakan
“an intervening variable is that factor that theoretically affect the observed phenomenon but cannot be seen, measure, or manipulate”
.Variabel Intervening adalah Variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antaraVariabel Bebas dengan Variabel Terikat, tetapi Tidak Dapat Diamati dan Diukur. Variabel inimerupakan variabel Penyela/Antara yang terletak diantara Variabel Bebas dan Variabel Terikat,sehingga Variabel Bebas tidak secara langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnyaVariabel Terikat.Contoh :Tinggi rendahnya penghasilan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadapumur harapan hidup. Di sini ada varaibel antaranya yaitu yang berupa Gaya Hidup seseorang.Antara variabel penghasilan dan gaya hidup terdapat variabel moderator yaitu BudayaLingkungan Tempat Tinggal.
Variable control 
 Variabel Kontrol adalah Variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehinggahubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti. Variabel Kontrol sering dipakai oleh peneliti dalam penelitian yang bersifat membandingkan, melalui penelitian eksperimental.Contoh :Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Penguasaan Keterampilan Pertolongan.Variabel Bebasnya adalah Metode Pembelajaran, misalnya Metode Ceramah & MetodeDemonstrasi. Sedangkan Variabel Kontrol yang ditetapkan adalah sama, misalnya StandardKeterampilan sama, dari kelompok mahasiswa dengan latar belakang sama(tingkat/semesternya sama), dari institusi yang sama. Dengan adanya Variabel Kontroltersebut, maka besarnya pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Penguasaan Keterampilandapat diketahui lebih pasti.
Variabel Kontinyu dan Variabel Diskret 
Variabel kontinyu adalah variabel yang secara teoritis dapat mempunyai nilai yangbergerak tak terbatas antara dua nilai. Tinggi orang boleh jadi 1.5 m; 1,534 m; 1,5348 m danseterusnya, bergantung pada kecermatan pengukuran. Variabel diskret hanya mempunyai satunilai tertentu saja. Jumlah anak yang dimiliki adalah variabel diskret yang mempunyai nilai1,2,3,4,5 dan seterunya dan tidak mungkin 1,5; 1,37; atau 2,5. dalam variabel diskret tidak adanilai pecahan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->