Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Republika_21_10_2011

Republika_21_10_2011

Ratings: (0)|Views: 582 |Likes:
Published by ruhimat
Edisi Jumat, 21 Oktober 2011
Edisi Jumat, 21 Oktober 2011

More info:

Published by: ruhimat on Oct 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/16/2013

pdf

text

original

 
MENANG:
Para pejuang oposisi Libya merayakan jatuhnya Kota Sirte, Kamis (20/10), setelahpertempuran sengit selama hampir dua bulan di kotakelahiran Muamar Qadafi yang menjadi kubu perta-hanan terakhir pasukan Qadafi itu.
Gambar dari Aljazirah me-nunjukkan jenazah yangdiduga kuat sebagai mantanpenguasa Libya MuamarQadafi di sebuah lokasi yangtak disebutkan di dekatSirte, Kamis (20/10).
Saat-saat terakhirQadafi di Tripoli se-belum ibu kota jatuh ke tanganpemberontak.
www.republika.co.id
JUMAT, 21 OKTOBER 2011
23 DZULQAIDAH 1432 H
NOMOR 276/TAHUN KE-19
Rp 2.900 / 32 Halaman
LUAR P JAWA Rp 4.000 DITAMBAH ONGKOS KIRIM
MAHAKA MEDIA
IKLAN:
Telp: 021 791 84744, Faks: 021 798 1169,e-mail: iklan@republika co.id
SIRKULASI:
Telp 021 791 84746 Faks: 021 79198442 e-mail: sirkulasi@republika co.id
KISRUH KONGRESRAKYAT PAPUA
:: pro kontra ::
Baca selengkapnya di hlm 11
Anda bisa memberi komentar pro kontra inidi www.republika.co.id
Apa alasan penyeleng-garaan Kongres RakyatPapua III untuk deklarasikemerdekaan?
Ini sebagai bentuk aku-mulasi kekecewaan seluruhwarga Papua. Mereka yangikut kongres hanya segelin-tir yang beranimenyuarakan aspirasinya, tapi keliru ketika tu- juannya ingin memisahkan Papua dari NKRI(Negara Kesatuan Republik Indonesia—Red).
Mengapa konflik diPapua terus terjadi?
Konflik yang terjadi diPapua jangan dianggapmewakili Papua secara ke-seluruhan, termasuk dekla-rasi Papua Merdeka danpengibaran bendera bintangkejora ataupun konflik lain-nya. Tindakan itu hanya dilakukan sekelompokmasyarakat yang bertentangan. Mereka takbisa dikatakan merepresentasikan seluruhmasyarakat Papua, apalagi menghubungkannyadengan keinginan memerdekakan diri.
H
aji adalah momen yang mam-pu memberikan inspirasi bagikemajuan kemanusiaan. Pro-ses ini ditandai dengan jutaan manu-sia berbondong-bondong ke baitulKa’bah, simbol pemersatu umat Is-lam di seluruh dunia.Haji merupakan panggilan untukmemperlakukan manusia secarasama, adil, tanpa melihat ras, suku,dan latar belakang lainya. Harkatdan martabat mereka sebagaimanusia sama, hak dan kewajibansebagai hamba juga sama. Tujuandan arah perjuangan hidup merekahakikatnya juga sama, yaitu berusa-ha meraih kebahagiaan yang sejatiabadi. Itulah sesungguhnya yangmenjadi hikmah dan tujuan utama disyariatkannya ibadah haji.Mengutip Dr Ali Syariati dalambukunya Hajj, ibadah haji adalahevolusi manusia menuju Allah.Ibadah haji merupakan sebuahdemonstrasi simbolis dan falsafahpenciptaan Adam. Gambaran selan- jutnya, pelaksanaan ibadah haji dapat dikatakan sebagai suatupertunjukan banyak hal secaraserempak. Ibadah haji adalah se-buah pertunjukan tentang pencip-taan, sejarah, keesaan, ideologi Islam, dan ummah.Haji dapat dilihat dari sudut pan-dang praktis dan konseptual, pilar-pi-lar doktrin Islam terpenting yangmemotivasi bangsa Muslim danmenjadikannya sadar, bebas, terhor-mat dan, bertanggung jawab secarasosial adalah tauhid, jihad, dan haji.Dalam bahasa Alquran, hikmahdan tujuan ibadah haji diungkapkandengan istilah
liyasyhadu manafi’a lahum
, yaitu untuk “menyaksikan”kemanfaatan-kemanfaatan duniawidan ukhrawi (kebahagiaan se jati)yang mahadahsyat yang akan terusmengalir dan menjadi “milik” mere-ka yang berhasil menunaikan hajisecara mabrur. (QS al-Hajj [22]: 28).Semua itu, pada akhirnya, meng-antarkan seorang haji dapat hidupdengan pengamalan dan nilai kema-nusiaan universal. Dalam konteksniat sambil menanggalkan pakaianbiasa dan mengenakan pakaian ih-ram, haji memiliki makna yang lebihuniversal dengan nilai-nilai kemanu-siaan. Pakaian ihram, juga melam-bangkan pola, preferensi, status,dan perbedaan-perbedaan tertentu.Pembedaan tersebut dapat mengantar kepada status sosial,ekonomi, atau profesi. Pakaian jugadapat memberi pengaruh psikologispada pemakainya. Di Miqat, tempatritual ibadah haji dimulai, perbedaantersebut harus ditanggalkan. Semuaharus memakai pakaian yang sama.Di Miqat ini, apa pun ras dansuku harus dilepaskan. Semuapakaian yang dikenakan sehari-hariyang membedakan sebagai serigala(yang melambangkan kekejamandan penindasan), tikus (yang melam-bangkan kelicikan), anjing (yangmelambangkan tipu daya), ataudomba (yang melambangkan peng-hambaan) harus ditinggalkan.Terakhir, substansi haji adalahmencari dan mengukuhkan sandaranatau landasan yang hakiki bagi ke-hidupan menuju kebahagiaan sejatiyang merupakan fokus perhatiandan target pencarian yang ditujuoleh seluruh umat manusia. Karenaitu, banyak ulama menyebutkan, hajimabrur adalah yang disertai dengantanda-tanda kemabruran setelahberhaji.
Wallahu a’lam.
hikmah
Oleh
Dr HM Harry Mulya Zein
Haji dan Spirit Kebersamaan
W FRANS ANSANAE
PENGAMAT SOSIAL
Mereka Kecewa
JULIAN PASHA
JURU BICARA PRESIDEN
Hasil KRP tak Wakili Papua
rehat
KPK masih selidiki kasus Century
Dan, tuntasnya setelah 2014
kan 
?
Izin impor daging sapi diperjualbelikan
Nah, ini baru ‘ekonomi kreatif’
 H a l  2 5 - 3 2
 L I P S U S
PARETO
Bersambung ke hlm 11 kol 1-7
Gejolak PapuaTerabaikan
Erdy Nasrul,Bilal Ramadhan
JAKARTA — Presiden Susilo BambangYudhoyono dinilai mengabaikan gerakanseparatis di Papua dan lebih memilih fokuspada masalah
reshuffle
kabinet. Masalahseparatis Papua sudah ada sejak dulu, namunpemerintah lamban dan tak serius meng-atasinya.Menurut anggota Komisi I DPR GamariSutrisno, Presiden SBY sebenarnya sudahmemahami persoalan separatis di Papuakarena pernah menjabat Menteri KoordinatorPolitik dan Keamanan di era PresidenMegawati Soekarnoputri. Ketika itu di Ke-menterian Polkam sudah dibentuk bagiankhusus untuk menangani separatis Papua,yang bertanggung jawab kepada presiden.“Saya dulu deputinya SBY saat beliaumenjadi Menko Polkam,” kata Gamari, Kamis(20/10). Sepanjang 2011 ini di Papua terjadibanyak insiden penembakan terhadap wargadan aparat keamanan yang diduga dilakukan
REPUBLIKA
1970
Libya menutupkantor kedubesAmerika Serikatdan Inggris.
21 Agustus 2011
Kubu oposisi memasuki Tripoli.
19Maret2011
Pasukan koalisiBarat menyerangLibya dengan tamengmandat Resolusi DK PBBnomor 1973.
Desember 1988
Penerbangan Pan Am nomor103 dari London ke New Yorkdiledakkan agen rahasia Libyadi atas Lockerbie, Skotlandia,dan menewaskan 270 orang.
5 Maret 2011
Kubu oposisi, Dewan Transisi Na-sional (NTC), bertemu di Ben-ghazi, dan mendeklarasikandiri sebagai wakil resmiLibya.
Ditto Pappilanda
Qadafi terluka tembak di kepala dan kaki.
SIRTE — Berakhir sudah petualangan man-tan pemimpin Libya Muamar Qadafi. Me-menuhi janjinya bahwa dia tak akan pernahmeninggalkan Libya walau posisinya sudahdikepung pasukan oposisi beberapa bulanlalu, Qadafi tewas dalam sebuah bakutembak penghabisan di kota kelahir-annya, Sirte, Kamis (20/10).Menteri Informasi Dewan Tran-sisi Nasional (NTC) MahmudShamman telah mengonfirmasikematian Qadafi dari pejuangyang melihat langsung je-nazahnya. Dalam laporan lain,pejabat NTC Abdel MajidMlegta mengungkapkan, “Adabanyak penembakan terhadapkelompoknya, dan dia (Qadafi)
 
meninggal.” Dia juga menam-bahkan, Qadafi ditangkap dengankedua kaki terluka pada KamisSubuh saat melarikan diri darikonvoi kendaraan yang kemudiandiserang pesawat tempur PaktaPertahanan Atlantik Utara (NATO).NATO mengakui menyerang kon-voi kendaraan pendukung Qadafiyang melarikan diri dari Sirte yangtelah jatuh total ke tangan pasukanNTC. Tetapi, mereka belum bisamemastikan apakah Qadafi beradadalam konvoi itu. Dilaporkan bahwajenazah Qadafi yang menderita lukatembak di kepala dan kaki telah di-larikan ke sebuah rumah sakit.Seorang tentara NTC yang ikut dalampenyerbuan terakhir itu mengakumendengar teriakan Qadafi yangmengatakan, ‘’Jangantembak!’’ Salah satu ko-mandan pasukan NTCAbdul Hakim al-Jalilmenyebutkan, juru bi-cara Qadafi, Musa Ibra-him, beserta kepala pa-sukan Qadafi, Abu BakrYunus Jabt, juga ikut tewas di konvoi yangsama.Bahkan, dikabarkan pula putra Qadafi,Mutassim, ditemukan tewas di Sirte. Mendengar kabarmengejutkan ini, warga Tripoli menyambutnya dengan tem-bakan perayaan dan bunyi klakson di berbagai penjurukota. Sejak Tripoli jatuh ke tangan NTC pertengahanAgustus lalu, mereka masih menghadapi perlawanan sengitdi Sirte sebagai kubu pertahanan terakhir loyalis Qadafi.Kolonel Qadafi merupakan pemimpin terlama di Afrikadan dunia Arab, sejak menggulingkan Raja Idris I dalamkudeta tak berdarah pada 1969 saat usianya 27 tahun. Dik-tator yang berkuasa selama lebih dari 40 tahun ini dikenaldengan gaya busana yang flamboyan, serta dikawal perem-puan bersenjata.Qadafi juga dikenal sebagai orator politik terampil yanggesit membawa negaranya keluar dari isolasi diplomatikdunia Barat. Sejak lama dia berusaha menanamkan pengaruhdi Timur Tengah. Namun, banyak negeri menjauhi Libyakarena dukungannya terhadap sejumlah kelompok militan,termasuk Tentara Republik Irlandia Utara (IRA) dan Or-ganisasi Pembebasan Palestina (PLO). Presiden AS RonaldReagan bahkan menyebut Qadafi ‘anjing gila’.Setelah adanya penolakan atas usahanya menyatukandunia Arab, pada 1990 Qadafi mengalihkan perhatiannyake Afrika dengan mengusulkan sebuah ‘Amerika Serikat’di Benua Hitam itu. Untuk tampil meyakinkan, Qadafimengadopsi busananya dengan pakaian khas Afrika yangmencerminkan pemimpin Benua Hitam itu.Analis independen asal Amerika Serikat, BenjaminBarber, yang sempat menemui Qadafi dalam beberapa ke-sempatan, melihat sosok Qadafi sebagai anggota sejati sukuBerber dari Gurun Sahara. Itu membuatnya memiliki dayatahan yang tinggi, yang ditunjukkannya dengan tidakmelarikan diri keluar Libya saat kekuasaannya runtuh.
bbc
ed:
rahmad budi harto
September2008
Menteri Luar Negeri AS Con-doleezza Rice, bertemuQadafi di Tripoli. Iniadalah kun jungan per-tama bagi seorangmenlu AS sejak1953.
1942
 
Muamar Qadafi lahirpada 7 Juni di gurundekat Sirte.
1969
Qadafi merebutkekuasaan dariRaja Idris pada 1September.
September 2003
Dewan Keamanan PBB mencabut sanksi atasLibya yang dijatuhkan pada 1992, setelahLibya bersedia bertanggung jawab ataspengeboman Lockerbie.
A K H I R
 SA N G  F LA M B O YA N
20 Oktober2011
Qadafi tewas tertem-bak di Sirte, kota ke-lahirannya.
MANU BRABO/AP
 DA ’A N  YA H YA/ R E P U B L I KA
BEN CURTIS/APALJAZEERA/APAP
Reruntuhanbagiankokpit pe-sawat PanAm yang jatuh diLockerbie.
24 Agustus 2011
Qadafi yang bersembunyibersumpah akan menang atau matisyahid dalam perang melawan koa-lisi Barat.
17 Februari2011
Tentara Libya menumpas peng-unjuk rasa di Benghazi yang me-newaskan ribuan warga. Hari ituditetapkan sebagai hari amarah.
 
nasional
REPUBLIKA 
JUMAT, 21 OKTOBER 2011
2
Teguh Firmansyah
JAKARTA — Moratorium (penghentian sementara)tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia akan se-gera dicabut pada 1 Desember 2011. Hal ini setelahadanya kesepakatan bersama antara Pemerintah In-donesia dan Malaysia. Kesepakatan itu tertuang da-lam Amendemen MoU
on the Recruitment and Place-ment on Indonesian Workers
.Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Inter-nasional Teuku Faizasyah mengatakan, PemerintahIndonesia dan Malaysia telah menemui titik temumengenai TKI yang bekerja di Malaysia. Dengandemikian, moratorium yang sebelumnya diberlakukanakan segera dicabut pada 1 Desember mendatang.
Memorandum of Understanding
baru TKI antaraIndonesia dan Malaysia telah ditandatangani, tinggalmempersiapkan implementasinya,” kata Teuku,Kamis (20/10).Sebagaimana diketahui, Presiden Susilo BambangYudhyono menerima Perdana Menteri Malaysia Dato’Sri Mohd Najib beserta Datin Sri Rosmah Mansordalam Pertemuan Konsultasi Bilateral ke-8 Indonesiadan Malaysia, Kamis (20/10) siang.Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itudilakukan di kawasan Mandalika, Lombok. MenurutFaiza, Sejumlah klausul yang dimasukkan dalamkesepakatan itu, yakni, pertama, TKI berhak me-megang paspor yang dimilikinya. Kedua, adanyapengaturan hari libur bagi TKI. Terakhir, yaknipemberian upah atau gaji sesuai dengan standar ke-layakan. Sementara bagi Indonesia, pemerintah ha-rus memperbaiki sistem pelatihan bagi TKI sehinggakualitas TKI semakin membaik.
Tak tahu BNP2TKI
Sementara itu, Direktur
Indonesia
Strategic So-lution, Adhan Anwar, mengatakan bahwa mayoritasTKI mengaku tidak mengenal Badan Nasional Pe-nempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia(BNP2TKI). Hal ini mengejutkan karena harusnyaBNP2TKI merupakan pelindung dari para TKI.Temuan ini, menurut Adhan, merupakan hasilpenelitian kepada TKI yang baru tiba di tiga terminalkepulangan, yaitu Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda, dan
Mataram
. “Kami menye-barkan kuesioner ke lebih dari 600 responden,” tu-turnya. Hampir 60 persen hasil kuesioner menyebuttidak tahu BNP2TKI.Tidak itu saja, temuan Adnan juga menyebutkankalau 60 persen dari pengisi kuesioner mengakutanpa adanya kontrol dari pemerintah. Mereka meng-aku di luar negeri berjalan sendiri tanpa adanyapendampingan dari Kemenlu maupun kementerianterkait lainnya.Adnan menyebut bahwa persoalan TKI adalahpersoalan hulu bukan dipersoalan hilir. BanyaknyaTKI yang dipulangkan akibat dinilai kurang terampil.Diungkapkannya, masyarakat sebenarnya berharapBNP2TKI bisa lebih optimal sehingga TKI di luarnegeri bisa terlindungi dengan baik, terutama yangterkait hukum. Namun, harapan itu, lanjut Adnan,pupus sudah karena justru TKI banyak yang belumtahu tentang BNP2TKI.
ed:
 joko sadewo
PenghentianTKI ke MalaysiaDicabut 1 Desember
Erdy Nasrul
Demokrat desak PKS segera tentukansikap.
JAKARTA — PKS menegaskan bahwa mere-ka tidak akan rugi kalau harus menarik semuamenterinya dari kabinet. Munculnya perta-nyaan atas pengurangan kursi PKS di kabinetkarena PKS menghormati kontrak politik yangmereka buat dengan Presiden SBY.Kepala Humas DPP PKS yang juga anggotaKomisi V DPR Mardani mengatakan, PKS ti-dak pernah meminta jatah menteri dalam ka-binet. Semuanya adalah hak prerogratif Presi-den. Kalau kemudian PKS menarik semuakadernya, PKS juga tidak akan merasa rugi.Mardani mengungkapkan, seharusnya Presi-den
 fair
dalam melakukan
reshuffle
sehinggamelukai kontrak politik yang pernah merekabuat. Dikatakannya, tidak ada kader PKS da-lam kabinet SBY memiliki kesalahan fatal,yang membuat Presiden harus turun tanganlangsung menanganinya.“Bahkan, hasil pemeriksaan terhadap Ke-menristek di tangan Pak Suharna itu bersta- tus wajar tanpa pengecualian dari BPK,” kataMardani, Kamis (20/10). Dia mengatakan,tidak ada menteri dari PKS yang terlibat ko-rupsi. Tidak ada juga yang tersandung masalahmoral. Semuanya dinilai baik-baik saja da-lam menjalankan roda pemerintahan SBY.PKS memandang kontrak politik yangsudah mereka buat bukan main-main. “Kon-trak politik itu adalah dukungan kita sebagaipartai Islam kepada SBY pada saat Pilpres2009 lalu. Kita adalah parpol pertama yangmendukung pada saat parpol-parpol lain men-jagokan capres-capres lain,” jelas dia. Ditam-bahkannya, dukungan kepada SBY ketika itubanyak menuai protes, namun PKS ketika itutetap berijtihad pasangan SBY-Boediono adalahyang terbaik.Meski mengaku tidak rugi, Mardani menye-but dukungan kepada Presiden SBY sampaisaat ini masih terus diberikan. Tinggal nantikeputusan Majelis Syuro PKS yang akan me-nentukan lebih lanjut. “Kalau Majelis Syuromemutuskan PKS harus oposisi, seluruh men-teri di kabinet SBY akan ditarik,” jelasnya.Atas sikap ini, Partai Demokrat memintaagar PKS segera menentukan sikapnya. Halini dianggap perlu agar konstelasi politik tetapstabil setelah dilaksanakannya
reshuffle
. “Harusjelas apakah koalisi atau oposisi. Tidak adakoalisi-oposisi,” jelas Ketua Fraksi DemokratDPR Ja’far Hafsah.Pilihannya hanyalah masuk koalisi atautidak. “Tidak ada koalisi-oposisi. Itu logikayang bertentangan,” jelas Ja’far. PihakDemokrat menyatakan, tak dapat menghalangisikap PKS dalam berpolitik.
Golkar kecewa
Kekecewaan atas hasil
reshuffle
juga disam-paikan Ketua Dewan Penasihat Golkar AkbarTandjung. Mereka kecewa karena PresidenSBY mencopot Fadel Muhammad dari posisiMenteri Kelautan dan Perikanan. “Fadel Mu-hammad adalah figur menteri yang sangatberpendidikan dan memiliki kinerja baik, ta-pi mengapa diganti,” kata Akbar.Akbar Tandjung menjelaskan, Fadel Mu-hammad sudah bekerja secara sungguh-sung-guh, tekun, dan intensif. Fadel juga berinteraksilangsung dengan petani dan nelayan.Soal pergantian Fadel, menurut Akbar, iasudah bertanya kepada Ketua Umum PartaiGolkar Aburizal Bakrie. “Aburizal mengatakan,ia juga tidak menduga akan terjadi sepertiini,” katanya.
antara
ed:
 joko sadewo
PKS tak RugiJadi Oposisi
SEMINAR KEPEMUDAAN INDONESIA:
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Maruarar Sirait (kiri), Ketua Bapilu DPP Partai Hanura, Yuddy Chris-nadi (kanan) dan Ketua DPP PAN Bima Arya, saat hadir sebagai narasumber pada seminar kepemudaan bertema “Menyiapkan Indonesiayang akan Menggenggam Dunia di Tangan Pemuda” di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Kamis (20/10).
RENO ESNIR/ANTARA
 
nasional
REPUBLIKA 
JUMAT, 21 OKTOBER 2011
3
JAKARTA — Tersangka yang diduga menja -di otak Bom Bali I, Umar Patek, dibawa keBali untuk menjalani rekonstruksi, Kamis(20/10). Rencananya rekonstruksi dilakukandi empat lokasi dan dimulai pada pukul 06.00WITA. “Kegiatan rekonstruksi hari ini (20/10)akan dilaksanakan di empat lokasi,” kataKepala Divisi Humas Polri Irjen Anton BachrulAlam yang dihubungi
Republika
, kemarin.Patek dibawa ke Bali dari Rutan MakoBrimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (19/10),dan terbang dengan pesawat Lion Air dariBandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Ti-mur. Diterbangkannya Umar Patek dirahasi-akan. “Dari Jakarta pukul 11.35 WIB menggu-nakan pesawat Lion Air tiba di Bali pukul14.45 WITA. Di Bali, Umar Patek ditempatkandi Brimob Tohpati, Bali,” jelasnya.Keempat lokasi rekonstruksi peristiwa BomBali I, jelas Anton, adalah di rumah Jalan Pu-lau Menjangan Nomor 18, Denpasar, dan tro-toar samping kanan kantor Konsulat AmerikaSerikat (AS) di Jalan Raya Puputan, Renon,Denpasar. Lokasi lainnya di Terminal Ubungdan depan rumah di Jalan Gatot Subroto IINomor 11, Denpasar. Tim penyidik menjemputPatek sejak pukul 04.00 WITA.Dalam rekonstruksi itu, polisi menghadirkanlima kawan Umar Patek, yakni Ali Imron,Abdul Ghoni, Mubarok, Sawad, dan Idris.Kelimanya merupakan pelaku teroris yangsudah divonis hukuman seumur hidup.Dalam rekonstruksi itu diperlihatkan bahwabahan-bahan peledak dibawa Patek dari PulauJawa ke Bali. Rekonstruksi pun dilanjutkanJumat (21/10).Di tempat terpisah, Tim Densus 88 telahmenangkap seorang dari DPO bom Cirebon,Yadi al Hasan alias Abu Fatih alias Vijay, diKampung Pasindangan, Kecamatan GunungJati, Cirebon, Rabu (19/10) pukul 23.30 WIB.Yadi adalah pemimpin kelompok Cirebon,Taufik al-Jihad. “Yadi termasuk salah satudari tujuh orang DPO. Dia amir atau pim-pinannya kelompok Cirebon,” kata Anton.Menurutnya, Yadi mengajarkan bahwa Mas-jid Al-Zikra halal untuk dibom dan dihan-curkan. Karena itu, anggotanya, MuhammadSyarif, melakukan bom bunuh diri di masjiditu pada 15 April 2011. Kelompok ini dibentukusai para anggota keluar dari Jamaah AnsharutTauhid (JAT) Cirebon.Sebelumnya, Mabes Polri merilis ada tujuhorang DPO yang terlibat bom Cirebon danPoso. Untuk kelompok bom Cirebon, setelahYadi, polisi memburu Nanang Irawan aliasNang Ndut. Nanang merupakan ahli bomdalam kelompok Cirebon. Sedangkan kelompokPoso, yang menjadi DPO, yaitu Umar aliasBujang alias Dede alias Rosi; Santoso aliasSanto alias Abu Wardah; Cahya alias Ramzan;Imam Rasyidi alias Imam Sukanto alias Harunalias Yasir; dan Taufik Bulaga alias UpikLawanga.
bilal r/lilis s h/a baraas
ed:
dewi mardiani
Umar PatekRekonstruksiBom Bali I
JAKARTA — Undang-Un-dang Intelijen Negara (UU In-telijen) berpotensi disalahgu-nakan dan melanggar konsti-tusi. Pendapat ini disampaikanGuru Besar Hukum Tata Ne-gara Fakultas Hukum Univer-sitas Indonesia (FHUI) JimlyAsshidiqie dalam semiloka digedung Yayasan Lembaga Ban-tuan Hukum Indonesia (YLB-HI), Jakarta, Kamis (20/10).“Menurut saya, UU Inteli-jen ini dari baunya saja adakemungkinan melanggarkonstitusi,” kata mantan ketuaMahkamah Konstitusi (MK)itu. Meski demikian, pihaknyamenilai agar saat ini berbaiksangka dulu terhadap UU In-telijen. Jadi, dia menyarankanagar saat ini tak perlu diaju-kan dahulu UU Intelijen ituke MK untuk diujimaterikan.Karena, kata dia, tuntutanatau gugatan uji materi yangdiajukan belum tentu akurat.Dikatakannya, uji materibisa diajukan jika sudah adaalat bukti penyalahgunaandan inkonstitusionalnya UUdalam praktiknya. “Paling ti-dak, ada pasal-pasal tertentuyang bisa diuji konstitusio-nalitasnya. Kalau nanti adakasus, bisa jadi alat bukti.Daripada belum apa-apa kitasudah curiga dan langsungbawa ke MK.”Dia mengakui, tidak harusada kasus baru UU Intelijenbaru diajukan ke MK untukdiuji materi, tetapi cukup di-lihat dari turunan UU terse-but, yakni peraturan pemer-intah (PP). “Hal ini bisa di-jadikan alat bukti ke MK,apakah UU melanggar kon-stitusi atau tidak,” ucapnya.Dalam kesempatan yang sa-ma, Lembaga Swadaya Ma-syarakat (LSM) yang membi-dangi persoalan Hak AsasiManusia (HAM), Imparsial,menilai, UU Intelijen Negarayang telah disahkan oleh DPRitu masih jauh dari harapanpenegakan HAM. “RUU Inte-lijen meninggalkan banyakpermasalahan. UU ini jauh dariharapan untuk menjadikan in-telijen kita sebagai intelijenreformis,” kata Direktur Ek-sekutif Imparsial Poengky.Menurut dia, UU Intelijenmasih setengah hati mengako-modasi persoalan HAM. Halini terlihat dari 19 materi yangdinilai berpotensi melanggarhukum dan HAM. Selain itu,dia menilai, definisi dalamUU ini masih multitafsir, se-perti definisi intelijen yangtak jelas. Selain itu, subjekti-vitasnya masih sangat tinggidan yang paling mengkhawa-tirkan adalah masih dican-tumkannya fungsi pendalam-an intelijen dan pelibatan in-telijen dalam penyidikan.Poengky berpendapat,pemberian kewenangan padaintelijen untuk melakukan“penggalian informasi” beker-ja sama dengan aparat hu-kum sebagai ganti dari istilah“interogasi” akan merusak“Criminal Justice System” ka-rena melanggar KUHAP danHAM. Upaya yang dilakukanoleh Imparsial dan sejumlahLSM pemerhati HAM yangtergabung dalam KoalisiMasyarakat Sipil adalahmengajukan uji materi keMahkamah Konstitusi (MK).Sebelumnya, Wakil KetuaDPR Priyo Budi Santoso mem-persilakan jika ada sejumlahkalangan yang ingin mem-bawa UU Intelijen untuk diujimateri. “Uji materi silakansaja. Semangat yang dikha-watirkan itu sudah masuk se-mua. Tidak seperti yangdibayangkan orang nanti, adapayung hukum yang membuatbadan intelijen kita men-gerikan seperti monster,”katanya, beberapa waktu lalu.
antara/mansyur faqih
ed:
dewi mardiani
 
UU Intelijen Bisa Inkonstitusional
BENTROK:
Sejumlah mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat kepolisian saat mereka berunjuk rasadi dua tahun kepemimpinan SBY-Boediono di depan halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis(20/10). Dalam aksi itu, aparat kepolisian menangkap sedikitnya lima mahasiswa.
Penggantian Menkumhamdiduga terkait kasus Century.
JAKARTA — Instruksi yang disam-paikan Presiden Susilo Bambang Yu-dhoyono (SBY) untuk segera menye-lesaikan kasus Bank Century dinilaitak dapat diimplementasikan. Menurutanggota Panitia Khusus (Pansus) Cen-tury dari Komisi II DPR, Akbar Faisal,seharusnya SBY memberikan rinciankepada institusi yang menangani kasustersebut.“Seluruh penegak hukum sudahangkat tangan karena kasus iniberputar-putar di situ-situ saja. Merekajuga jadi serba salah dalam bersikap,”katanya, Kamis (20/10). Dia mengakudalam banyak hal, tak hanya dalamkasus hukum, pernyataan presidentidak dapat diimplementasikan ditingkat pelaksana. Presiden, kata diaseharusnya juga memberikan jaminanpolitik dan hukum agar mereka yangmenangani perkara ini tak dihadapkankepada masalah hukum.Anggota Pansus Century GanjarPranowo mengaku instruksi Presidensoal Century mengawang-awang.“Yang jelas saja kalau memberikanperintah. Kalau soal ini mengawang-awang. Presiden tak perlu menjanjikansesuatu yang sulit dilaksanakan. Kalaubisa dituntaskan dalam waktu tigabulan, itu artinya
reshuffle
ada hasil-nya.” Menurutnya, penyelesaian kasusini hanya dapat dilakukan kalau Pres-iden memerintahkan dan mendoronginstitusi terkait, yaitu KejaksaanAgung dan Kepolisian.Dia mengatakan, pemberian in-struksi ini bisa menjadi bumerangbagi SBY di kemudian hari. Pasalnya,kalau ternyata tidak ada jalan keluar,Presiden akan kehilangan wibawanya.Bagi masyarakat, lanjutnya, hanyaada dua hal dari kasus Century, yaituproses hukum dan pengembalian uangnasabah PT Antaboga Delta Sekuritas.Untuk penegakan hukumnya, sudahada 91 orang yang diperiksa KomisiPemberantasan Korupsi (KPK), danterakhir, ada temuan audit forensikBPK yang memperlihatkan ada in-dikasi masuknya dana ke Deputi Gu-bernur Bank Indonesia.Anggota Tim Pengawas (Timwas)Century di DPR, Hendrawan Supratik-no, berpendapat penyelesaian kasusini semakin sulit karena dijegal olehkepentingan politik yang besar untukmenutup kasus ini. Penggantian Men-kumham Patrialis Akbar dengan AmirSyamsuddin dari Partai Demokratmemperlihatkan hal ini. Di tanganMenkumham baru, dia pesimistis kasusini segera selesai. “Ini semakin jelaspenyelesaian kasus Century semakindijegal.”
KPK terus selidiki
KPK siap menjalankan instruksiSBY soal Century. Wakil Ketua KPKBibit Samad Riyanto mengatakan, KPKterus melakukan penyelidikan untukmenelusuri ke mana aliran uang senilaiRp 6,7 triliun tersebut. “Saat ini masihdalam tahap penyelidikan. KPK tidakbisa menetapkan tersangka tanpa alatbukti yang kuat,” kata Bibit.Wakil Ketua KPK M Jasin diBengkulu menegaskan, KPK menung-gu hasil audit menyeluruh dari BadanPemeriksa Keuangan (BPK) yangdiperkirakan selesai November 2011.“Jika dari hasil audit ditemui kerugiannegara, KPK akan mengusutnya hing-ga tuntas.” Jika dari BPK sudah adahasilnya, kata dia, KPK menyiapkankajian hukumnya. Sampai saat ini,KPK belum menemukan barang buktiuntuk menjerat tersangka dalamperkara ini.Sementara itu, permohonan kasasiatas terdakwa Robert Tantular terkaitgugatan penyitaan aset di Hong Kongtelah dikirim dari Pengadilan NegeriJakarta Pusat ke Mahkamah Agung(MA). Penasihat hukum Robert, TTriyanto, mengatakan, hakim telahmerampas harta pemohon yang tidakberasal dari terdakwa Hesyam Al War-raq dan Rafat Ali Rizfi (komisarisBank Century).Keduanya terbukti melakukan tin-dak pidana korupsi dan pencucianuang. Keduanya diganjar hukuman15 tahun penjara dan ganti rugi Rp3,115 triliun lewat putusan 339/Pid-B/2010/PN Jakpus pada 16 Desember2010. Robert tidak disebutkan orangyang terlibat melakukan korupsi.
m faqih/erdy nasrul/a syalaby i/c13
ed:
dewimardiani
 
KeseriusanPresiden SBYDiragukan
MATARAM — Dalam per-temuan Presiden Susilo Bam-bang Yudhoyono (SBY) danPerdana Menteri (PM) Ma-laysia Najib Razak di Man-dalika, Nusa Tenggara Barat(NTB), Kamis (20/10), mema-sukkan pembahasan masalahperbatasan kedua negara diantara isu lainnya. Masalahperbatasan yang diangkatadalah kesepakatan BatasLaut Teritorial Sementara diMalaysia. Di dalamnya tidakdibahas mengenai Camar Bu-lan dan Tanjung Datu di Kali-mantan Barat.“Dalam pertemuan empatmata antara Presiden dan PMMalaysia, beberapa isu akandibahas seperti perdagangan,TKI, dan kerja sama pendi-dikan,” kata Juru Bicara Presi-den Julian A Pasha. Keduakepala pemerintahan melaku-kan konsultasi bilateral tahun-an itu di NTB.Menteri Luar Negeri (Men-lu) Marty Natalegawa menya-takan, pembahasan batas lautyang diangkat adalah yangada di Laut Sulawesi danpembahasan teknis pada seg-men perbatasan di sekitar Se-lat Singapura. Isu pencaplok-an pada beberapa waktu ter-akhir di dalam negeri sempatmuncul mengenai pencaplok-an wilayah Indonesia di Pro-vinsi Kalimantan Barat olehMalaysia yang telah dibantahMenlu Marty.Di Jakarta, Ketua MPRTaufiq Kiemas mengatakan,Indonesia akan kalah kalaumembawa masalah perbatas- an, khususnya wilayah CamarBulan, Sambas, KalimantanBarat, ke Mahkamah Interna-sional. “Kalau kita ribut-ributterus, akan ribut terus. Kalausampai ke pengadilan interna-sional kemungkinan kita kalahlebih besar lagi,” katanya, digedung DPR, Jakarta.Pada Selasa (18/10) danRabu (19/10) Taufiq bersamadengan rombongan MPR me-ngunjungi Malaysia dan mem-bahas mengenai polemik yangterjadi terkait perbatasanwilayah di Camar Bulan. Tau-fiq membahasnya dengan to-koh Organisasi Nasional Me-layu Bersatu (UMNO), antaralain, Perdana Menteri Malay-sia M Najib serta AbdullahBadawi. Hasilnya, disarankanagar pemerintah melakukanperundingan kedua negara.Pihak Malaysia sudah mem-buka diri. “Masih (mau be-runding—Red). Justru kitayang teriak-teriak terus.”Sementara itu, guru besarhukum internasional Hikma-hanto Juwana sependapat de-ngan Taufiq. Menurutnya, ke-dua negara sebaiknya melan-jutkan perundingan perbatas-annya. “Pertemuan pimpinanMPR dengan mantan PM Ab-dullah Badawi di Putrajaya,Badawi mengusulkan agarmasalah perbatasan terus-menerus dirundingkan olehkedua negara,” katanya dalampernyataan persnya.Ajakan Badawi itu, katadia, perlu disambut Indonesia,karena selama ini di TanjungDatu, Malaysia adalah tidakingin membuka perundingandengan Indonesia karena telahada MoU 1978 yag telah di-tandatangani oleh kedua ne-gara. Ia menilai seharusnyaPemerintah Indonesia mencaritahu dan mempertanyakankepada Pemerintah Malaysiaapa yang menjadi metode dandasar pembuatan peta Malay-sia. “Bila Malaysia mau ber-iktikad baik maka Malaysiaakan tidak akan berkeberatanbila koordinat di Tanjung Datuditinjau dan dirundingkankembali.”Ditegaskannya, Indonesiaharus gigih memperjuangkanagar Tanjung Datu dijadikan
outstanding boundary prob-lems
agar disetujui oleh Ma-laysia. “Bila Malaysia belumjuga menyetujui maka peme -rintah harus menganggap ko-ordinat di Tanjung Datu belumkonklusif dan belum ada yangdisepakati.”
mansyur faqih/antara
ed:
dewi mardiani
 
SBY-PM Malaysia Bahas Perbatasan
Oleh
Muhammad Hafil
S
eolah lupa bahwa mere-ka pernah bersaingdalam Pemilihan Presi-den (Pilpres) 2009, PresidenSusilo Bambang Yudhoyono(SBY) dan mantan wakil presi-den Jusuf Kalla (JK), Kamis(20/10), berjabat tangandalam memperjuangkan PulauKomodo untuk menjadi salahsatu dari tujuh keajaiban duniayang baru. Peristiwa itu terjadidi sela-sela acara peresmianBandara Internasional Lom-bok, di Mataram, Nusa Teng-gara Barat (NTB).Di tengah pidato peresmianbandara itu, SBY mengatakan,“Silakan Pak JK naik ke ataspodium.” SBY juga meminta se- jumlah menteri kabinet yanghadir dalam acara itu bersama-sama ke podium dan mengajakpara tamu untuk mengirim pe-san singkat dukungan bagi Pu-lau Komodo. “Ketik KOMODOkirim ke 9818,” kata SBY danJK yang merupakan duta PulauKomodo itu secara bersama.SBY berharap, dalam beber-apa waktu terakhir, gerakankampanye mendukung komodoIndonesia mampu men jangkauseluruh masyarakat Indonesia.Pulau Komodo yang terletak diNusa Tenggara Timur (NTT)adalah satu-satunya pulau didunia yang dihuni oleh reptillangka itu.Dalam kegiatan itu, SBYberharap agar Pulau Komodomasuk ke dalam tujuh keajaib-an dunia yang baru. Dengandemikian, diharapkan duniakepariwisataan Indonesia,khususnya NTT, semakin me-ningkat.Sementara itu, puluhan ma-hasiswa asal NTT di Yogya-karta berencana melakukanpromosi terhadap binatanglangka komodo dalam ke-giatan “Jogya Java Carnaval”yang digelar pada 22 Oktober2011. Mereka yang sedangmelaksanakan studi di berba-gai perguruan tinggi di Yogyaitu berupaya memberikandukungan terhadap perjuanganpemerintah dan rakyat Indone-sia untuk menjadikan komodosebagai salah satu dari tujuhkeajaiban dunia“Kami juga ingin mem-berikan kontribusi dalam per- juangan menjadikan komodosebagai salah satu dari tujuhkeajaiban dunia. Bentuk kon-tribusi adalah dengan mengge-lar promosi pada ajang ‘JogyaJava Carnaval’,” kata Koordi-nator anak-anak NTT, GasparManbaik, Kamis.Dia mengatakan, saat inipara mahasiswa dari berbagaidaerah di NTT sedang mendaurulang bahan-bahan bekas untukmembuat replika komodo sepan- jang 22 meter. Replika komodoraksasa ini akan diarak berkelil-ing oleh 44 anak NTT padapawai di Yogya, sekaligus menga- jak masyarakat di provinsi DIYuntuk memberikan dukungankepada komodo melalui pesansingkat. Di punggung komodoakan ditulis cara memberikandukungan pada komodo melaluiponsel ke nomor 9818 untukmemudahkan masyarakat dalammemberikan dukungannya.Selain mempromosikan ko-modo, anak-anak NTT jugaakan mempromosikan berbagaitarian daerah pada kegiatan ak-bar itu. Tarian ini akandibawakan oleh mahasiswaasal NTT. “Kami yang sedangmempersipkan acara ini sekitar80 orang. Ada 25 orang dariperwakilan Kabupaten Mang-garai, Flores, 34 orang dariKabupaten Belu, 21 orang dariAnakalang, Sumba Barat, ada juga dari Kabupaten TTU (timortengah utara) dan daerah laindi NTT,” ujar Manbaik.Dia berharap, dukunganyang diberikan kalangan maha-siswa NTT di Yogya ini dapatmemberikan manfaat bagi In-donesia, khususnya NTTdalam menjadikan komodo se-bagai salah satu dari tujuhkeajaiban dunia.
antara
ed:
dewi mardiani
 
Saat SBY-JK Bersatu Dukung Komodo
DAKWAAN SYARIFUDDIN:
Terdakwa mantan hakim pengawas kepailitan Pengadilan Negeri JakartaPusat, Syarifuddin Umar usai mengikuti sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta,Kamis (20/10). Syarifuddin terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara, karena diduga menerimasuap dari kurator PT Skycamping Indonesia (PT SCI), Puguh Wirawan, sebesar Rp 250 juta.
JAKARTA — Perseteruanantara anggota Komisi II DPRdari Fraksi Hanura Miryam SHaryani dan komisioner Om-budsman RI (ORI) akhirnyaterselesaikan. Kedua belah pi-hak sepakat berdamai terkaitkasus pencemaran nama baikdan tuduhan permintaan jatahproyek untuk meloloskananggaran Ombudsman di DPR.Kepada pers seusai mediasiantara pihak ORI dan MiryamHaryani, yang dipimpin WakilKetua Komisi II DPR GanjarPranowo dan Taufik Effendidi gedung DPR Jakarta, Gan-jar menyatakan, persoalanpencemaran nama baik terkaittudingan permintaan jatahproyek di DPR itu sudah se-lesai. “Telah ada klarifikasidari semua pihak terkait bah-wa sama sekali tidak ada per-mintaan-permintaan uangseperti itu. Saya menjaminitu. Sekarang semua sudah
clear
,” ujarnya, Kamis (20/10).Ganjar yang juga politikusPDIP itu juga telah memintaklarifikasi ke badan anggaran(banggar) serta menanyakanmengapa Ombudsman tidakmendapat alokasi anggarandan diperoleh jawaban bahwaORI tidak dapat karena sudahtidak ada lagi sisa anggaran,serta tidak optimalnya pen-capaian target ORI.Senada dengan Ganjar Pra-nowo, Taufik Effendi meny-atakan, Komisi II memang te-lah berkomitmen untuk mem-bantu mitra-mitra kerjanyayang alokasi anggarannya se-lama ini masih sangat rendah,seperti Bawaslu dan ORI. “Na-mun, setelah kita perjuangkan,ternyata alokasi anggarannyamemang tidak ada untuk saatini maka kemudian berkem-bang banyak isu,” ujarnya.Sementara itu, MiryamHaryani menyatakan, setelahtercapai kesepakatan berda-mai itu, pihaknya segera men-cabut laporan pencemarannama baik yang telah di-lakukan Sekjen ORI Suhariy-ono terkait sinyalemen adanyapermainan dalam pembahasanAPBN-P 2011 di mana Mir-yam Haryani dituduh memin-ta
 fee
berupa komitmen proyekagar anggaran ORI bisa dik-abulkan.“Sudah
clear
, tidak adamasalah. Mungkin hanya me-dia kemarin yang membaha-sakan salah terkait pernyataanOmbudsman. Saya kira, untukselesaikan semuanya, sayaakan mencabut laporan kepolisi,” ujarnya.Perselisihan antara MiryamHaryani dan Ombdusman ber-mula ketika komisi pengawasitu mengajukan anggaran tam-bahan dalam Anggaran Penda-patan Belanja Negara Perubah-an (APBN-P 2011) pada Maretlalu. Ombudsman mengajukananggaran tambahan sebesarRp 31,7 miliar. Anggaran ituuntuk membangun kantor per-wakilan di lima provinsi, pen-gangkatan 25 staf, termasukdigunakan untuk sosialisasidan publikasi kerja Ombuds-man.
antara
ed:
 joko sadewo
 
DPR dan OmbudsmanAkhirnya Berdamai
IMAM BUDI UTOMO/REPUBLIKAEDWIN DWI PUTRANTO/REPUBLIKA

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
akmalm_2 liked this
Allvesz Nahak liked this
Yuli Khairunnisa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->