Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
74Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Pelatihan Web Mysql

Modul Pelatihan Web Mysql

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 2,651 |Likes:
Published by api-3781201

More info:

Published by: api-3781201 on Oct 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

MySQL
MODUL
Pelatihan Web
AL AZHAR COMPUTER CLUB
Oleh :
Achmad Fachrie
Jakarta, 2006
Al Azhar Computer Club
MySQL

Dalam melakukan pengembangan aplikasi, salah satu komponen yang terpenting adalah database.D ata b ase merupakan aplikasi pendukung yang menyimpan data yang berhubungan dengan aplikasi yang digunakan.D atab a se tersusun atas table-table yang berhubungan, dan dalam table tersusun atas baris dan kolom yang memuat suatu data. Tanpad atab ase, maka data-data yang digunakan aplikasi tidak tersimpan.

Pengenalan MySQL
MySQL adalah salah satu database pendukung aplikasicl ient- server yang sangat terkenal
penggunaannya. MySQL digunakan karena menggunakan bahasa SQL (Structured Query
Language) standar sebagai bahasa dasar untuk melakukan aksesnya. SQL sendiri merupakan

bahasaquery yang digunakan untuk melakukan suatu perintah eksekusi dalam database. MySQL merupakan database SQL open source yang paling populer. Karena yang menarik, MySQL bersifatfree, juga tersedia pada berbagaiplatform, dan juga memiliki pendukung kompabilitas pada aplikasi-aplikasi lain. Aplikasi MySQL ini sendiri dapat didownload langsung melalui situsnya yaituh t tp : // ww w. mysq l. or g atauh t tp : // ww w. mysq l. com.

MySQL dikatakan database open source, yang berarti memungkinkan semua orang untuk dapat menggunakan dan memodifikasi software. Siapapun dapat men-downlaod MySQL dari Internet dan menggunakannya dengan bebas tanpa mengeluarkan biaya apapun. Jadi, kita bisa mempelajari source code dan mengembangkan sesuai dengan keinginan kita. MySQL menggunakan GPL (General Public License).

MySQL merupakan database yang bersifat DBMS (Database Management System) dan RDBMS (Relational Database Management System). DBMS berarti database yang secara terstruktur menyimpan kumpulan data. Data ini dapat berupa apa saja dari yang paling simple, daftar penjualan dan pembelian hingga data foto galeri suatu institusi. Sementara RDBMS berarti sistem database yang di dalamnya terdapat tabel-tabel yang saling berhubungan (relasi) antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga bukanlah satu data yang tersimpan bertumpuk dalam tempat yang besar, tapi terbagi-bagi dan saling berhubungan.

Selain itu MySQL banyak digunakan karena sangat cepat, reliable, dan mudah digunakan (ease
to use). MySQL dirancang untuk menangani database yang besar dengan cepat, serta

menawarkan berbagai fitur dan fungsi. Dengan konektivitasnya, kecepatannya, dan keamanannya membuat MySQL dipilih sebagai database yang paling cocok untuk koneksi dalam Internet.

Instalasi MySQL pad Windows
Pada sistem operasi Windows, instalasi MySQL cukup mudah dilakukan. Ekstrak file zip dalam
program instalasi MySQL. Lokasid ef au lt dalam peng-instal-an MySQL terdapat pada c:\mysql.
Memulai MySQL

Pada pembahasan ini, setelah melakukan peng-instal-an MySQL pada c:\mysql. Maka selanjutnya untuk mengaktifkan MySQL dengan menjalankan sejumlah programe xecu t ab le yang berada pada c:\mysql\bin. Disinilah terdapat kumpulan program MySQL.

Untuk masuk ke dalam program MySQL dapat dilakukan dengan menjalankan program MySQL yang didapatkan dari hasil instalasi, yaitumy sql.e xe, yang terdapat dic :\my s ql\bin. Berikut contoh menggunakan command prompt dengan menjalankan perintah berikut ini :

C:\>mysql\bin\mysql(ent er )
Kemudian akan masuk ke dalam mysql dalam bentuk seperti ini :

Bentuk prompt>mysql menunjukkan sudah berada dalam program MySQL, dan di prompt>mysql inilah tempat untuk mengetikkan perintahq ue ry MySQL dan yang harus diketahui bahwa setiap penulisanq ue ry tersebut harus di akhiri dengan tanda titik-koma \u201c;\u201d.

Activity (74)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arif Anggriawan liked this
Arris Setiawan liked this
ankholish6830 liked this
Nung Momu liked this
evan_id83 liked this
Feby Polymorpa liked this
manankom liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->