Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dos Dan Linux

Dos Dan Linux

Ratings: (0)|Views: 7,985|Likes:
Published by Muhammad Rizal

More info:

Published by: Muhammad Rizal on Oct 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

 
TUGAS PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 
“MS DOS dan LINUX”
 
NAMA : MUH.RIZALNIM : H12111274KELOMPOK : 3ASISTEN :1.
 
AGUSMAN 6. SUPRI BIN HJ. AMIR2.
 
AKBAR 7. RAHMAT JANUAR NOOR3.
 
ZULFIQAR BUSRAH 8. NURFUAIDAH SUARDI4.
 
FACHRUL ISLAM 9. RIZAL MANSUR5.
 
ANDI TENRI WULENG 10. FIRMAN SAPUTRA
LABORATORIUM KOMPUTASIJURUSAN MATEMATIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR2011
 
 
1.
 
Perkembangan DOS dan jenis-jenisnya(versi) !Jawab:
 
System Operasi DOS
DOS Singkatan dari Disk Operating System. DOS dapat mengacu pada beberapasistem operasi (FreeDOS, PC-DOS) tapi lebih populer sebagai singkatan dari MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Awalnya dibuat oleh Microsoft untuk IBM, dulu MS-DOS merupakan sistem operasi standar untuk seluruh komputeryang dibuat oleh IBM dan beberapa manufaktur lain yang merilis sistem yangkompatibel dengan IBM (IBM compatible personal computers). Seperti halnyasistem operasi yang lain, DOS menyediakan beberapa fungsi dasar sepertiManajemen berkas (File Management), Operasi berkas (Working with the Files)dan konfigurasi sistem (System Configuration).
 
Sejarah Singkat Mengenai DOS
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yangbernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--padatahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS(singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubahnamanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan padakomputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengnharga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebutdengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.
 
Perkembangan Dos dari Tahun 1980-2008.
Seiring pesatnya perkembangan zaman khususnya bidang teknologi,dalam waktubeberapa detik bisa saja terjadi banyak perubahan.Oleh karena itu , selaindefenisi,seluk-beluk (sejarah) perkembangan sistem operasi/ operating system(OS) juga perlu untuk diketahui.
 
Pada tahun 1980:
* QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dariOS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System)dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.* Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya keberbagai perusahaan komputer.
Pada tahun 1981:
* PC¬ DOS : IBM meluncurkan PC¬ DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.* MS¬ DOS : Microsoft menggunakan nama MS¬ DOS untuk OS ini jika dijualoleh perusahaan diluar IBM.
Pada tahun 1983:
 * MS¬ DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS¬ DOS diluncurkan pada komputer PC XT.
Pada tahun 1984:
 * System 1.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dariBSD UNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasisgrafis dan menggunakan mouse.* MS ¬DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yangmenggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.* MS ¬DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MS¬DOS 3.1 yang memberikandukungan untuk jaringan.
Pada tahun 1985:
 * MS ¬Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MS¬Windows, sistem operasiyang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuanmultitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.* Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.
Pada tahun 1986:
* MS¬ DOS 3.2 : Microsoft meluncurkan MS¬ DOS 3.2 yang menambahkandukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yheni Fharida liked this
Mus Priana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->