Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 336|Likes:
Published by Shintya Subhan

More info:

Published by: Shintya Subhan on Oct 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/20/2013

pdf

text

original

 
MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARANMetode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Metode ceramah.
 Dalam metode ceramah proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru umumnyadidominasi dengan cara ceramah.Dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (TIK), ada beberapa motode yang umumdigunakan, diantaranya adalah :
a.
 
Metode Tanya jawab
 
Metode tanya jawab adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan mengahasilkanpertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut. Metoda TanyaJawab akan menjadi efektif bila materi yang menjadi topik bahasan menarik, menantang danmemiliki nilai aplikasi tinggi. Pertanyaaan yang diajukan bervariasi, meliputi pertanyaan tertutup(pertanyaan yang jawabannya hanya satu kemungkinan) dan pertanyaan terbuka (pertanyaandengan banyak kemungkinan jawaban), serta disajikan dengan cara yang menarik.
 
b.
 
Metode Diskusi
 
Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melaluipemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangatterbuka. Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semuaanggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.
 
Jika metoda ini dikelola dengan baik, antusiasme siswa untuk terlibat dalam forum ini sangattinggi. Tata caranya adalah sebagai berikut: harus ada pimpinan diskusi, topik yang menjadibahan diskusi harus jelas dan menarik, peserta diskusi dapat menerima dan memberi, dansuasana diskusi tanpa tekanan.
 
c.
 
Metode Pemberian Tugas
 
Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswauntuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat secara individual atau kelompok.Pemberian tugas untuk setiap siswa atau kelompok dapat sama dan dapat pula berbeda.
 
Agar pemberian tugas dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka: 1) tugasharus bisa dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa, 2) hasil dari kegiatan ini dapatditindaklanjuti dengan presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa darikelompok yang lain atau oleh guru yang bersangkutan, serta 3) di akhir kegiatan adakesimpulan yang didapat.
 
d.
 
Metode Eksperimen
 
Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukanaktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya.Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiridengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan danmenarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya. Di dalam TIK, percobaan banyakdilakukan pada pendekatan pembelajaran analisis sistem terhadap produk teknik atau bahan.
 
 
Percobaan dapat dilakukan melalui kegiatan individual atau kelompok. Hal ini tergantung daritujuan dan makna percobaan atau jumlah alat yang tersedia. Percobaan ini dapat dilakukandengan demonstrasi, bila alat yang tersedia hanya satu atau dua perangkat saja.
 
e.
 
Metode Demonstrasi
 
Metode demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan ataumempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produkteknologi yang sedang dipelajari. Demontrasi dapat dilakukan dengan menunjukkan benda baikyang sebenarnya, model, maupun tiruannya dan disertai dengan penjelasan lisan.
 
Demonstrasi akan menjadi aktif jika dilakukan dengan baik oleh guru dan selanjutnya dilakukanoleh siswa. Metoda ini dapat dilakukan untuk kegiatan yang alatnya terbatas tetapi akandilakukan terus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.
 
f.
 
Metode Tutorial/Bimbingan
 
Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui prosesbimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan ataukelompok kecil siswa. Disamping metoda yang lain, dalam pembelajaran Pendidikan TeknologiDasar, metoda ini banyak sekali digunakan, khususnya pada saat siswa sudah terlibat dalamkerja kelompok.
 
Peran guru sebagi fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing sangat dibutuhkan olehsiswa untuk mendampingi mereka membahas dan menyelesaikan tugas-tugasnya
 
Penyelenggaraan metoda tutorial dapat dilakukan seperti contoh berikut ini:
 
-
 
Misalkan sebuah kelas dalam bahan ajar Pengerjaan Kayu 2, jam pelajaran pertamadigunakan dalam bentuk kegiatan klasikal untuk menjelaskan secara umum tentang teori danprinsip.
 
-
 
Kemudian para siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk membahas pokok bahasan yangberbeda, selanjutnya dilakukan rotasi antar kelompok.
 
-
 
Sementara para siswa mempelajari maupun mengerjakan tugas-tugas, guru berkelilingdiantara para siswa, mendengar, menjelaskan teori, dan membimbing mereka untukmemecahkan problemanya.
 
-
 
Dengan bantuan guru, para siswa memperoleh kebiasaan tentang bagaimana mencariinformasi yang diperlukan, belajar sendiri dan berfikir sendiri.
 
Perhatian guru dapat diberikan lebih intensif kepada siswa yang sedang mengoperasikan alat-alat yang belum biasa digunakan.
 
Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode,Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran 
Posted Rab, 28/09/2011 - 13:12 by santiawatioleh:
Santiawati
 Dalam proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memiliki kemiripan makna, sehinggaseringkali orang merasa bingung untuk membedakannya. Istilah-istilah tersebut adalah: (1)pendekatan pembelajaran, (2) strategi pembelajaran, (3) metode pembelajaran; (4) teknik pembelajaran; (5) taktik pembelajaran; dan (6) model pembelajaran. Berikut ini akan dipaparkanistilah-istilah tersebut, dengan harapan dapat memberikan kejelasaan tentang penggunaan istilahtersebut.
Pendekatan pembelajaran
dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadapproses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yangsifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatarimetode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya,pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yangberorientasi atau berpusat pada siswa (
student centered approach
) dan (2) pendekatanpembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (
teacher centered approach
).Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategipembelajaran. Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan empatunsur strategi dari setiap usaha, yaitu :1.
 
Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran(target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakatyang memerlukannya.2.
 
Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.3.
 
Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->