Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
60Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Jaka Tingkir - Karebet

Sejarah Jaka Tingkir - Karebet

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 16,246 |Likes:
Published by api-3807262

More info:

Published by: api-3807262 on Oct 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
SEJARAH JAKA TINGKIR - RADEN HADIWIJOYO – MAS KAREBET
Keris atau pisau dua mata berombak adalah benda yang dipercaya oleh masyarakat mempunyai daya magis.Bahkan setiap keris mempunyai nama yang menandakan bahwa benda-benda itu keramat.Rangkud berangkat ke Kudus mengendarai kudanya dengan cepat. Tempat pertama yang dikunjungi adalahSunan Kudus untuk meminta jampi-jampi bagi kerisnya agar bertuah. Sesampainya disana kelihatan Sunansudah menunggu; nampaknya dia sudah tau akan kedatangan Rangkud dan tau apa maksudnya. Kemudian kerisditerimakan dan dibacakan jampi-jampi. Setelah itu keris diserahkan kembali sambil beliau berpesan, " Rangkud jalankan perintah tuanmu dengan baik; engkau adalah orang yang dipercaya; saya beritahukan bahwa tugaskamu menjadi ringan disebabkan Sultan sedang sakit sekarang ini."" Ya Sunan, saya akan menjalankan perintah dengan baik," kata Rangkud.Sesampainya dipinggir kota Demak, dia titipkan kudanya kepada seseorang dikampung. Dan dengan cepat diapergi ke Istana pada tengah malam. Dia tidak dapat memasuki Istana karena dipintu gerbang ada penjaganya.Kemudian dia duduk bersila diatas rumput dan membacakan mentera agar semua perajurit yang bertugas jagadapat megantuk dan akhirnya akan tertidur nyenyak. Beberapa menit kemudian, dunia seolah-olah menjadisunyi, tidak ada suara bahkan tidak ada suara jangkrik. Para perajurit tertidur, demikian penjaga pintu gerbang.Rangkud memasuki Istana tanpa halangan apa-apa karena semua penjaga tertidur. Akhirnya dia sampai ketempat tidur Raja. Dimuka pintu kamar tidur Raja ada empat penjaga yang tertidur. Rangkud melangkahitubuh-tubuh yang tertidur perlahan-lahan dan membuka pintu kamar. Beruntung dia karena pintu kamar tidakterkunci." Selamat datang anak muda dan laksanakan tugasmu dengan baik; apakah engkau tidak menyadari bahwaengkau memasuki kamar Raja Demak untuk maksud pembunuhan dan sadarkah engkau bahwa engkau akandihukum, hukuman mati,' kata Sultan Prawoto.
 
Rangkud terkejut, mengapa Sultan tidak tertidur seperti semua orang di Istana. Tentunya Sultan mempunyaikesaktian yang tak mungkin dibunuh. Rangkud bermaksud lari dari situ, tetapi dia teringat akan tugas dariTuannya, Aryo Penangsang. Maka dia genggam hulu kerisnya dan maju perlahan-lahan." Siapakah engkau anak muda?, mengapa engkau mau membunuhku? Siapa yang menyuruhmu membuhuhku?,tanya Sultan." Saya Rangkud, tamtama dari Jipang Panolan; Aryo Penangsang yang menyuruhku membunuhmu; Saya harussiap melaksanakan semua perintah layaknya seorang perajurit yang harus melaksanakan perintah Rajanya,"Jawab Rangkud." Baiklah laksanakan tugasmu, tetapi dengan satu syarat saya mohon kepadamu, jangan melukai isteriku, karenadia tidak tersangkut dengan bisnis ini," kata Sultan. Nampaknya Sultan menyadari kesalahannya membunuhayah Aryo Penangsang waktu dulu, dan sekarang dia akan membayar semua hutangnya." Baik Sultan saya akan melaksanakan tugas saya dan saya berjanji tidak akan melukai isterimu," kata Rangkud." Ingatlah bila engkau melukai isteriku, maka engakau akan mati dan bukan aku," Kata Sultan.Sementara itu isteri Raja terbangun dan terkejut," Lihat kakang Prabu, siapakah orang gila yang telah memasukikamar kita? dan membawa senjata ditangannya, Tolong, hai pengawal tolong, semua orang tolong,"Rangkud dengan gerakan cepat menusuk badan Raja. Tetapi bukan hanya Raja yang tertusuk tetapi jugaisterinya, disebabkan isterinya merangkulnya dari belakang. Sultan mengangakt kerisnya yang namanya KiaiBetok." Hai Rangkud engkau telah melanggar janjimu," kata Sultan.
 
Rangkud berbalik dan lari kearah pintu. Sultan melemparkan kerisnya; Kiai Betok terbang kearah targetnya dipaha Rangkud dekat kemaluannya. Rangkud mati seketika didekat pintu kamar; Raja dan Permaisuru juga mati.Sementara itu para perajurit tetap tidur selama kejadian itu, tetapi setelah Rangkud mati barulah merekaterbangun; mereka terkejut dan takut mendapatkan Raja dan Permaisuri wafat bersama sipembunuh.Aryo Penangsang sangat puas dengan misi Rangkud yang dianggap berhasil. Dia berpikir bahwa tidak ada bukti-bukti pembunuhan disebabkan sipembunuh juga ikut tewas. Tetapi dia salah, siapakah yang tidak kenal siapaRangkud sebenarnya. Keluarga kerajaan waspada akan pembunuhan berikutnya oleh Aryo Penagsang. Mereka juga berunding bagaimana melunakan kebrutalan Aryo Penangsang. Anak-anak Sultan ditempatkan disuatutempat yang dianggap aman.Setelah wafatnya Sultan Prawoto atau Pangeran Mukmin, tidak ada seorang Raja yang dinobatkan; karena anakSultan, Aryo Panggiri masih terlalu kecil untuk menjadi Raja. Jadi Demak menjadi kerajaan tanpa Raja untukwaktu pendek. Sementara itu Sultan Hadiwijoyo dari Pajang atau Jaka Tingkir akan mendapat tugasmenyelesaikan masalah administrasi kerajaan.Sementara itu Ratu Kali Nyamat sedang berunding dengan suaminya, Pangeran Hadiri, Adipati Jepara, dalammenghadapi kebrutalan Aryo Penangsang." Apa saran Kang Mas didalam menghadapi kebrutalan Aryo Penangsang? tanya Ratu Kali Nyamat." Kita mempunyai seseorang yang bijaksana yang kita anggap sebagai senior kita;kepadanya kita mintakanpengaruhnya dan dapat membuat semua orang puas dan senang; orang itu adalah Sunan Kudus. Jadi marilahkita bersama membuat kunjungan kesana," kata Pangeran Hadiri." Kamu benar, hanya Sunan Kudus yang dapat membuat suasana menjadi dingin kembali di Kerajaan Demak ini,"kata Ratu Kali Nyamat.

Activity (60)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Prana Adi Tya added this note
seru skali ..
Hari Wibowo added this note
whuaaaa seru serunya kok berhenti...
Ainur Rochim SH added this note
mana sambungannya??????? lagi asyik kok tersedak.
Tewoks Al Kosri liked this
Taufiq Matakita added this note
koq rasanya belom tuntas deh?
Erza Erlinda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->