Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perc Korosi Aka

Perc Korosi Aka

Ratings: (0)|Views: 35 |Likes:
Published by Rhisman Anwar

More info:

Published by: Rhisman Anwar on Oct 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2012

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMKIMIA FISIKAPERCOBAAN XIKOROSI
NAMA : A K B A RNIM : H 311 09 263KELOMPOK : V (LIMA)HARI/TANGGAL PERC. : KAMIS/ 13 OKTOBER 2011ASISTEN : NATALIA SHINTADEVI
LABORATORIUM KIMIA FISIKAJURUSAN KIMIAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGEAHUAN ALAMUNIVERSITAS HASANUDDINMAKASSAR2011
 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari korosi dapat terjadi pada berbagai jenis logam.Peralatan yang menggunakan komponen logam seperti seng, tembaga, besi, baja dansebagainya menjadi sasaran korosi. Korosi dapat terjadi karena beberapa faktor,diantaranya air dan kelembapan udara, elektrolit, adanya oksigen, permukaan logamyang tidak rata, serta nilai potensial reduksi logam. Korosi dapat dicegah denganbeberapa cara seperti pengecetan, galvanisasi, elektroplating, serta denganperlindungan katodik.Besi adalah salah satu dari sekian banyak jenis logam yang penggunaannyasangat luas dalam kehidupan sehari-hari. Namun salah satu kekurangan dari besiadalah sifatnya yang sangat mudah mengalami korosi. Besi yang telah mengalamiperistiwa korosi akan kehilangan nilai jual dan fungsi komersialnya. Ini tentu sajasangat merugikan sekaligus membahayakan.Logam banyak digunakan untuk bahan bangunan, maka logam tersebut harusdiproteksi terhadap kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya korosi dengancepat. Pengecatan dan pelapisan permukaaan lainnya merupakan metode untuk menghindari korosi.Berdasarkan pada asumsi diatas, penting kiranya dilakukan penelitian yangserius dalam upaya pencegahan terhadap peristiwa korosi khususnya pada besi. Olehkarena itu melalui percobaan korosi yang dilakukan ini dapat ditentukan logam-logamyang dapat menghambat korosi sesuai dengan sifat kimia logam tersebut serta logamyang tidak dapat mencegah korosi malah dapat mempercepat proses korosi.
 
1.2 Maksud dan Tujuan Percobaan1.2.1 Maksud Percobaan
Untuk mempelajari peristiwa korosi dengan menggunakan paku tanpa dankontak dengan berbagai logam misalnya logam Cu dan Al.
1.2.2 Tujuan Percobaan
 Untuk menentukan logam yang mempercepat korosi besi dan yangmenghambat korosi.
1.3 Prinsip Percobaan
Mengamati proses terjadinya korosi pada besi dengan membandingkan besiyang tidak dilapisi dan dilapisi Al dan Cu dengan bantuan larutan indikator PP dimanaakan menghasilkan warna merah muda yang menunjukkan tempat terjadinya reaksireduksi dan menghasilkan warna biru yang menunjukkan tempat terjadinya reaksioksidasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->