Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah tentang Pendidikan Di Aceh

Makalah tentang Pendidikan Di Aceh

Ratings: (0)|Views: 1,407|Likes:
Published by Tanzil Al Khair

More info:

Published by: Tanzil Al Khair on Oct 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

 
1
PENDIDIKAN ISLAM DI ACEH
“Gaseh mak oh rambat, gaseh ayah oh jeurat, gaseh teungku troh akherat”
 (kasih ibu sampai ditangga, saying ayah sampai di pusara, cinta ulama hingga alam baka)
A.
 
Waktu Masuknya Islam ke Aceh
Banyak sarjana telah menyatakan pendapatnya tentang penetapan waktu yangpasti masuknya agama islam ke Indonesia, khususnya ke aceh. Hal ini tidak mengherankan, karena warisan sejarah zaman yang lalu kebanyakan telah bercampurdengan dongeng banyak sekali perbedaan tentang masuknya islam ke Indonesia. Ada yangmenyatakan pada abad 13 masehi menurut
 Hoesein Djajaningrat, A Mukti Ali dam Mahmud Yunus.
Dan ada juga yang menyatakan bahwa islam masuk ke indonesia padapada abad 7-8 masehi. Pendapat ini didukung oleh
 Hamka, Moh Said, D.Q nasution, Ok  Rahmat, Dahlan Mansur 
dan lain-lain.
1
 Pada umumnya para ahli sejarah berpendapat bahwa pantai Sumatera bagianutara-lah yang mula-mula menerima ajaran Islam. Ada juga yang berpendapat bahwaBarus adalah daerah islam pertama di Indonesia. Alasan bahwa Barus yang mula-mulamenerima penyiaran Islam, karena sejak zaman kuno Barus sudah berperan sebagai Bandartransito dalam dunia perdagangan di wilayah nusantara. perdagangan Islam lebih dahuludatang di Barus, baru menuju Bandar-bandar dagang lainnya di Nusantara . H. M.Zainuddin berpendapat bahwa Peureulak yang mula-mula menerima agama islam denganmenggunakan sumber kitab
 Idhahul Haq fi mamlakatil,
buah tangan Abu Ishak Al-makarany.
B.
 
Defenisi Pendidikan Umun dan Islam
1.
 
Arti Pendidikan secara etimologi
Pendidikan bersala dari bahaa yunani yaitu “Paedagogie”. Yang terdiri dari kata“PAIS” , artinya anak, dan “AGAIN” diterjemahkan membimbing, jadi paedagogie yaitu
bimbingan yang diberikan kepada anak.
1
H.M Thamrin Z,
 Aceh melawan Penjajahan Belanda,
CV. Wahana, Jakarta, 2004 Hal : 7
 
22.
 
Secara definitif pendidikan (Paedagogie) diartikan oleh para tokohpendidikan, sebagai berikut :a)
 
John DeweyPendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapanfumdamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesamamanusia.b)
 
LangeveldMendidik adalah mempengaruhi anak dalam usahamembimbingnya supaya menjadi dewasa. Usaha membimbing adalah usahayang disadari dan dilaksanakan dengan sengaja antara orang dewasa dengananak/ yang elum dewasa.c)
 
HoogeveldMendidik adalah membantu anak supaya ia cukup cakapmenyelnggarakan tugas hidupnya atas tanggung jawabnya sendiri.d)
 
SA. Bratanata dkk.Pendidikan adalah usaha yang disengaja diadakan baik langsungmaupun dengan ara yang tidak langsung untuk membantu anak dalamperkembangannya mencapai kedewasaannya.e)
 
RousseauPendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada padamasa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.f)
 
Ki Hajar DewantaraMendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada padaanak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakatdapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.g)
 
GBHNPendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadiandan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumurhidup.
2
 
2
Drs. H. Abu Ahmadi & Dra. Nur Uhbiyati,
 Ilmu Pedidikan,
hal : 68-70
 
3
Tentang kata “Islam”,
ada yang mengartikannya sebagai penyerahan diri secaratentram dengan sepenuhnya terhadap kehendak Allah tanpa perlawanan. Disisi lain adayang m
engartikan “Islam” itu dengan perkataan damai atau sejahtera.
 
Dengan demikian “
 Pendidikan Islam”
dapat diartikan sebagai pendidikan yangberdasarkan kepada jaran islam sesuai dengan ajaran islam. Pendidikan islam menuntutagar setiap orang dengan ikhlas berserah diri kepada Allah. Pendidikan islam berusahamencapai kesejahteraan dan keselamatan hidup baik di dunia maupun di akhirat denganselalu berpedoman kepada perintah Allah dan rasulnya.
3
 Pengertian pendidikan secara umum yang dihubungkan dengan Islam
 — 
sebagaisuatu system keagamaan
 — 
menimbulkan pengertian-pengertian baru, yang secara implicitmenjelaskan karakteristik-karakteristik yang dimilikinya.Pengertian pendidikan dengan seluruh totalitasnya dalam konteks Islam inheren
dengan konotasi istilah “tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib” yang harus dipahami secara bersama
-sama. Ketiga istilah ini mengandung makna yang mendalam menyangkut manusia danmasyarakat serta lingkungan yang dalam hubungannya dengan Tuhan saling berkaitan satusama lain. Istilah-istilah itu pula sekaligus menjelaskan ruang lingkup pendidikan Islam:informal, formal dan non formal.Hasan Langgulung merumuskan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapangenerasi muda untuk Tujuan pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam,yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang selalu bertakwa kepadaNya,dan dapat mencapai kehidupan yang berbahagia di dunia dan akhirat (lihat S. Al-Dzariat:56; S. ali Imran: 102).
4
 Pendidikan dalam Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaanmanusia menuju
taklif 
[kedewasaan], baik secara akal, mental maupun moral, untuk 
3
H.M Thamrin Z,
 Aceh melawan Penjajahan Belanda,
CV. Wahana, Jakarta, 2004 Hal : 16
4
 
Ditulis pada Februari 27, 2008 oleh mawardiumm
.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Singgih Setiawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->