Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Ski tentang Dinasti Safawi Di Persia

Makalah Ski tentang Dinasti Safawi Di Persia

Ratings: (0)|Views: 1,195 |Likes:
Published by Tanzil Al Khair

More info:

Published by: Tanzil Al Khair on Oct 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Pada waktu kerajaan Turki Usmani sudah mencapai puncak kejayaannya,kerajaan Safawi di Persia masih baru berdiri. Namun pada kenyataannya, kerajaan ini berkembang dengan cepat. Nama Safawi ini terus di pertahankan sampai tarekatSafawiyah menjadi suatu gerakan politik dan menjadi sebuah kerajaan yang disebutkerajaan Safawi. Dalam perkembangannya, kerajaan Safawi sering berselisih dengankerajaan Turki Usmani (Yatim, 1998:138). Kerajaan Safawi mempunyai perbedaan daridua kerajaan besar Islam lainnya seperti kerajaan Turki Usmani dan Mughal. Kerajaanini menyatakan sebagai penganut Syi'ah dan dijadikan sebagai madzhab negara. Olehkarena itu, kerajaan Safawi dianggap sebagai peletak dasar pertama terbentuknya negaraIran dewasa ini .
 
BAB IIPEMBAHASAN
KERAJAAN SAFAWI
A.Asal Usul Bangsa Safawi
Kerajan Safawi bermula dari gerakan tarekat yang berdiri di Ardabil, sebuahkota di Azerbaijan. Tarekat ini diberi nama Safawiyah karena pendirinya bernama SyechSafuyudin Ishaq (1252-1334) seorang guru agama yang lahir dari sebuah keluaraga Kurdidi Iran Utara. Beliau merupakan anak murid seorang imam Sufi yiaitu Sheikh ZahedGilani (1216–1301, dari Lahijan.) Safi Al-Din kemudiannya menukar Ajaran Sufi inikepada Ajaran Safawiyah sebagai tindak balas kepada pencerobohan tentera Mongol diwilayah AzerbaijanPada mulanya gerakan tasawuf Safawiyah ini bertujuan untuk memerangiorang-orang ingkar dan golongan Ahl al-Bid’ah Namun pada perkembangannya, gerakantasawuf yang bersifat lokal ini berubah menjadi gerakan keagamaan yang mempunyai pengaruh besar di Persia, Syria dan Anatolia. Di negeri-negeri yang berada di luaArdabil inilah, Safi al-Din menempatkan seorang wakil yang diberi gelar Khalifah untuk memimpin murid-murid di daerahnya masing-masing.
 
Gerakan Safawi mewakili sebuah kebangkitan Islam Populer yang menentangdominasi militer yang meresahkan dan bersifat eksploitatif. Tidak seperti gerakanlainnya,gerakan Safawiyah memprakarsai penaklukan Iran dan mendirikan sebuah baruyang berkuasa dari 1501 sampai 1722. Sang pendiri mengawali gerakannya denganseruan untuk memurnikan dan memulihkan kembali ajaran Islam.Pada waktu kerajaan Turki Usmani sudah mencapai puncak kejayaan,kerajaan Safawi di Persia masih baru berdiri. Namun pada kenyataannya, kerajaan inidapat berkembang dengan cepat. Nama safawi ini terus dipertahankan sampai tarekatSfawiyah menjadi gerakan politik dan menjadi sebuah kerajaan yang disebut kerajaanSafawi. Dalam perkembangannya, kerajaan Safawi sering berselisih dengan kerajaanTurki UsmaniKerajaan Safawi mempunyai perbedaan dari dua kerjaan besarislam lainnyaseperti kerajan Turki Usmani dan Mughal. Kerajaan ini menyatakan sebagai penganutSyi’ah dan dijadikan madzhab Negara. Oleh karena itu, kerajaan Safawi dianggapsebagai peletak dasar pertama terbentuknya Negara Iran dewasa ini.
B.Perkembangan Kerajaan Safawi
Dalam perkembangannya Bangsa Safawi (tarekat Safawiyah) sangat fanatik terhadapajaran-ajarannya. Hal ini ditandai dengan kuatnya keinginan mereka untuk  berkuasa karena dengan berkuasa mereka dapat menjalankan ajaran agama yang telahmereka yakini (ajaran Syi’ah). Karena itu, lama kelamaan murid-murid tarekatSafawiyah menjadi tentara yang teratur, fanatik dalam kepercayaan dan menentang setiaporang yang bermazhab selain Syiah.Bermula dari perajurit akhirnya mereka memasuki dunia perpolitikan padamasa kepemimpinan syah al junaid. Dinasti safawi memperluas geraknya denganmenumbuhkan kegiatan politik di dalam kegiatan kegiatan keagamaan. Perluasankegiatan ini menimbulkan konflik dengan penguasaan kara koyunlu(domba hitam), salahsatu suku bangsa turki yang akhirnya menyebabkan kelompok junaid kalah dan diasingkan kesuatu tempat. Di tempat baru ini ia mendapatkan perlindungan dari penguasaDiyar bakr, AK –Koyunlu juga suku bangsa turki. Ia tinggal diistana Uzun hasan, yangketika itu menguasai sebagian besar Persia.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iman Musaffa liked this
Neo Nj liked this
Endang Munawar liked this
Nur Faidah Jhe liked this
Uswah Azhari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->