Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
400Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Beberapa Reaksi Kimia

Laporan Praktikum Beberapa Reaksi Kimia

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 14,478 |Likes:
Published by Susita Pratiwi

More info:

Published by: Susita Pratiwi on Oct 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
I. TUJUAN PERCOBAAN
1.Mengetahui konsep reaksi kimia.2.Mengamati peristiwa kimia dan perubahan yang terjadi dalam reaksi kimia.
II. LANDASAN TEORI
Reaksi kimia merupakan peristiwa yang sering terjadi didalam kehidupankita. Reaksi kimia adalah peristiwa perubahan kimia dari zat-zat yang bereaksi(reaktan) menjadi zat-zat hasil reaksi (produk). Reaksi kimia ditandai dengan berubahnya zat menjadi zat lainnya Pada reaksi kimia selalu dihasilkan zat-zatyang baru dengan sifat-sifat yang baru. Salah satu contoh peristiwa kimia yangdapat kita lihat adalah pembakaran, misalnya pembakaran gas etana (elpijidengan udara ). Pada proses pembakaran ini diperlukan etanol dan oksigensebagai bahan dasar, yang kemudian akan menghasilkan karbon dioksida dan air.Dalam hal ini etanol dan oksigen disebut sebagai zat pereaksi (reaktan),sedangkan karbon dioksida dan air disebut hasil reaksi (produk). Contoh peristiwareaksi kimia ini pada umumnya dituliskan pula dalam sebuah persamaan reaksi.Persamaan reaksi kimia adalah gabungan lambang yang menunjukkan suatureaksi kimia. Rumus-rumus pereaksi diletakan disebelah kiri dan hasil reaksidiletakan disebelah kanan. Diantara dua sisi tersebut digabungkan dengan tandakesamaan (=) atau tanda panah (→).Pada saat terjadinya reaksi kimia, terjadi perubahan-perubahan yang dapatdiamati untuk mengetahui zat tersebut bereaksi atau tidak. Ciri ciri berlangsungnya reaksi kimia adalah sebagai berikut :
a.
Reaksi Kimia Menimbulkan Perubahan Warna
Sebagai contoh kita mengamati warna larutan Cu(NO
3
)
2
berwarna biruterang akan berubah jika direaksikan dengan larutan NaOH warna bening,yang menghasilkan larutan Cu(OH)
2
 
 berwarna biru keputihan..Perubahan warna merupakan salah satu ciri yang dapat dilihat dimanamembuktikan bahwa suatu zat telah bereaksi.
b.
Reaksi Kimia Menimbulkan Gas
 
Logam Cu yang direaksikan dengan larutan HNO
3
menghasilkan gas NO.Selain itu, munculnya uap yang menempel pada didinding gelas beker.Hal ini dapat membuktikan bahwa peristiwa reaksi kimia dapatmenghasilkan gas.
c.
Reaksi Kimia Menimbulkan Perubahan Suhu
Reaksi eksoterm adalah reaksi yang menghasilkan energi. Energi yangdihasilkan dapat berupa panas atau kalor. Reaksi kimia yang memerlukanenergi dinamakan reaksi endoterm. Kalor adalah energi yang berpindahdari suatu sistem ke lingkungan atau sebaliknya karena perbedaan suhu,yaitu dari suhu lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah. Reaksi eksotermdan endoterm dapat dikenali dari perubahan suatu sistem yang mengalami perubahan suhu di sekitar lingkungan menjadi panas, dingin danmengembun.
d.
Reaksi Kimia Menyebabkan Terjadinya Endapan
Endapan adalah zat yang memisahkan diri sebagai fase padat dari larutan.Endapan dapat berupa kristal (kristalin) atau koloid dan dapat dikeluarkandari larutan dengan penyaringan atau sentrifugasi. Endapan terbentuk jikalarutan menjadi terlalu jenuh dengan zat terlarut. Kelarutan suatu endapansama dengan konsentrasi molar dari larutan jenuhnya. Kelarutan endapan bertambah besar dengan kenaikan suhu,meskipun dalam beberapa halkhusus terjadi sebaliknya. Laju kenaikan kelarutan dengan suhu berbeda- beda. Pada beberapa hal, perubahan kelarutan dengan berubahnya suhudapat menjadi alasan pemisahan. Contohnya larutan Cu(NO
3
)
2
dan larutan NaOH direaksikan, terbentuklah endapan berwarna hitam pekat.
e.
Reaksi Kimia Menyebabkan Terjadinya Bau Yang Baru
Sebagai contoh dari reaksi logam Cu dengan larutan HNO
3
. Padaumumnya logam Cu serta larutan HNO
3
tidak menimbulkan bau, bau ituhanya berlangsung pada saat reaksi berlangsung. Hal ini membuktikan bahwa timbulnya bau membuktikan bahwa larutan dan logam tersebuttelah bereaksi.
 
f.
Reaksi Kimia Menyebabkan Habisnya Zat Yang Bereaksi danTimbulnya Produk Baru
Habisnya zat yang bereaksi merupakan salah satu fakta yang paling mudahuntuk membuktikan bahwa suatu zat telah bereaksi atau tidak, kemudianakan dilanjutkan dengan menghasilkan produk baru. Suatu reaksi kimiadihasilkan dengan perbandingan massa yang tetap sesudah dan sebelumhasil reaksi.Didalam sebuah reaksi kimia , besar maupun kecilnya suatu laju reaksikimia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :1. KonsentrasiSemakin besar konsentrasi, semakin besar laju reaksi. Konsentrasi semakin besar maka jumlah partikel yang bertumbukan lebih banyak.2. SuhuApabila suhu semakin besar, maka laju reaksi semakin besar.3. Luas PermukaanSemakin besar luas permukaan zat reaksi, semakin besar laju reaksi. Carauntuk memperluas permukaan adalah dengan mengubah zat menjadi lebihhalus/kecil, sehingga tumbukan antar partikel zat pereaksi lebih besar.4. Katalisator Katalisator adalah zat yang dapat mempercepat laju reaksi. Adapun beberapa sifat katalisator yaitu :
o
Menurunkan energi aktifasi
o
Mempercepat laju reaksi baik reaksi maju mapun reaksi balik 
o
Konsentrasi katalis semakin besar, reaksi semakincepat.
o
Logam transisi banyak digunakan sebagai katalisheterogen
o
Katalis tidak mengubah ketetapan kesetimbangan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->