Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH

MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH

Ratings: (0)|Views: 1,387|Likes:
Published by Toil Urank Kembayan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Toil Urank Kembayan on Oct 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAHA.Pendahuluan
Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akanturut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Sebagaimana yangterjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemenkeuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.Beberapa kegiatan manajemen keuangan yaitu me
mperoleh dan menetapkan sumber- sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggungjawaban
(Lipham, 1985; Keith, 1991)Menurut Depdiknas (2000) bahwa manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan Dengan demikian, manajemenkeuangan sekolah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas mengatur keuangansekolah mulai dari perencanaan, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan dan pertanggung-jawaban keuangan sekolah.Sekolah adalah sebuah aktifitas besar yang di dalamnya ada empat komponen yangsaling berkaitan. Empat komponen yang di maksud adalah Staf Tata laksanaAdministrasi, Staf Teknis pendidikan didalamnya ada Kepala Sekolah dan Guru,Komite sekolah sebagai badan independent yang membantu terlaksananya operasional pendidikan, dan siswa sebagai peserta didik yang bisa di tempatkan sebagai konsumendengan tingkat pelayanan yang harus memadai. Hubungan keempatnya harus sinergis,karena keberlangsungan operasioal sekolah terbentuknya dari hubungan “simbiosismutualis” keempat komponen tersebut karena kebutuhan akan pendidikan demikiantinggi, tentulah harus dihadapi dengan kesiapan yang optimal semata-mata demikebutuhan anak didik. Salah satu unsur yang penting dimiliki oleh suatu sekolah agar menjadi sekolah yang dapat mencetak anak didik yang baik adalah dari segi keuangan.Manajemen keuangan sekolah sangat penting hubungannya dalam pelaksanaan kegiatansekolah.
 
Ada beragam sumber dana yang dimiliki oleh suatu sekolah, baik dari pemerintahmaupun pihak lain. Ketika dana masyarakat atau dana pihak ketiga lainnya mengalir masuk, harus dipersiapkan sistem pengelolaan keuangan yang professional dan jujur.Pengelolaan keuangan secara umum sebenarnya telah dilakukan dengan baik olehsemua sekolah. Hanya kadar substansi pelaksanaanya yang beragam antara sekolahyang satu dengan yang lainnya. Adanya keragaman ini bergantung kepada besar kecilnya tiap sekolah, letak sekolah dan julukan sekolah. Pada sekolah-sekolah biasayang daya dukung masyarakatnya masih tergolong rendah, pengelolaan keuangannya pun masih sederhana. Sedangkan, pada sekolah-sekolah biasa yang daya dukungmasyarakatnya besar, bahkan mungkin sangat besar, tentu saja pengelolaankeuangannya cenderung menjadi lebih rumit. Kecenderungan ini dilakukan karenasekolah harus mampu menampung berbagai kegiatan yang semakin banyak dituntutoleh masyarakatnya.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka yang menjadi permasalahan dan diungkapkandalam makalah ini adalah :1.Bagaimana prinsip-prinsip manajemen keuangan sekolah?
2.
Apakah tujuan, peran dan fungsi manajemen keuangan sekolah?3.Darimana sumber keuangan sekolah?4.Bagaimana proses pengelolaan keuangan sekolah?5.Bagaimana pelaksanaan pembelanjaan dan pembukuan keuangan sekolah?6.Bagaimana pengawasan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan sekolah?
C.Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dilakukan pembatasan masalah yaitu pengelolaan manajemen keuangan pada tingkat sekolah menengah atas.
D.Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini adalah :1.Mengetahui prinsip-prinsip manajemen keuangan sekolah
 
2.Mengetahui tujuan, peran dan fungsi manajemen keuangan sekolah3.Mengetahui sumber keuangan sekolah4.Mengetahui proses pengelolaan keuangan sekolah5.Mengetahui pelaksanaan pembelanjaan dan pembukuan keuangan sekolah6.Mengetahui pengawasan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan sekolah
E.Pembahasan
A.Prinsip-prinsip manajemen keuanganManajemen keuangan sekolah perlu memperhatikan sejumlah prinsip. Undang-undang No 20 Tahun 2003 pasal 48 menyatakan bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik.Disamping itu prinsip efektivitas juga perlu mendapat penekanan. Berikut ini dibahasmasing-masing prinsip tersebut, yaitu transparansi, akuntabilitas, efektivitas, danefisiensi.
1.
TransparansiTransparan berarti adanya keterbukaan. Transparan di bidang manajemen berarti adanyaketerbukaan dalam mengelola suatu kegiatan. Di lembaga pendidikan, bidangmanajemen keuangan yang transparan berarti adanya keterbukaan dalam manajemenkeuangan lembaga pendidikan, yaitu keterbukaan sumber keuangan dan jumlahnya,rincian penggunaan, dan pertanggungjawabannya harus jelas sehingga bisamemudahkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahuinya. Transparansikeuangan sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan dukungan orangtua,masyarakat dan pemerintah dalam penyelenggaraan seluruh program pendidikan disekolah. Disamping itu transparansi dapat menciptakan kepercayaan timbal balik antara pemerintah, masyarakat, orang tua siswa dan warga sekolah melalui penyediaaninformasi dan menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat danmemadai. Beberapa informasi keuangan yang bebas diketahui oleh semua wargasekolah dan orang tua siswa misalnya rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah(RAPBS) bisa ditempel di papan pengumuman di ruang guru atau di depan ruang tatausaha sehingga bagi siapa saja yang membutuhkan informasi itu dapat dengan mudahmendapatkannya. Orang tua siswa bisa mengetahui berapa jumlah uang yang diterima

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mnas liked this
Volumee Kacau liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->