Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal

Proposal

Ratings: (0)|Views: 567 |Likes:
Published by Sptya Permana

More info:

Published by: Sptya Permana on Nov 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

 
PROPOSAL
KEBUN BIBIT RAKYAT 
PROGRAM KEMENTERIAN PERTANIANREPUBLIK INDONESIATAHUN 2011DIUSULKAN OLEH :KELOMPOK PEMBIBITAN PERTANIAN
KELOMPOK MULYA TANI PUTRI 
DESA CIHIDEUNG KECAMATAN PARONGPONGKABUPATEN BANDUNG BARAT – PROVINSI JAWA BARATSEKRETARIAT :KP. SUKAMULYADESA CIHIDEUNG KECAMATAN PARONGPONGKABUPATEN BANDUNG BARAT – PROVINSI JAWA BARAT
PROPOSAL KEBUN BIBIT RAKYATPROGRAM KEMENTRIAN KEHUTANANREPUBLIK INDONESIATAHUN 2011
 
PENDAHULUANI.LATAR BELAKANG
Pertanian merupakan jantung kehidupan umat manusia yang palingdominan, yaitu sumber air dan udara. Karena dari Pertanianlahkebutuhan utama manusia itu tersedia, tanpa udara dan tanpa air yangseimbang maka manusia akan kehilangan sumber kehidupan.Terjadinya bencana alam pada akhir-akhir ini, yaitu banjir, longsor,pemanasan bumi dan bencana alam lainnya, maka para ahliberpendapat itu terjadi disebabkan ketidakseimbangan daerahpemukiman, serta jumlah industri yang semakin banyak. Satu hal yangsangat mengkhawatirkan adalah jumlah pertanian kritis yang diakibatkanoleh jumlah penanaman pohon oleh masyarakat. Hal ini dapatmenimbulkan potensi kerugian yang berkepanjangan, hilangnyakesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan Pertanian, sehinggaperilaku alih pungsi lahan tidak diimbangi dengan kesadaran manusiauntuk menanam kembali, yang merupakan tindakan yang merugikanbaik sekarang maupun dimasa yang akan datang.Melihat kondisi yang semakin kritis dikarenakan isu pemanasan global( global warming ) yang dirasakan di berbagai negara termasukIndonesia maka sudah sepantasnya kita sebagai salah satu negaradengan daerah Pertanian terbesar melakukan suatu tindakan yang nyatayaitu dengan memperbanyak wilayah Pertanian baru ataupun denganpenanaman bibit baru di wilayah pertanian yang mulai gundul sebagaisalah satu bentuk atau kepedulian masyarakat atau pemerintahIndonesia untuk mengantisipasi dampak dari pada pemanasan globaltersebut, dengan adanya program kebun bibit rakyat diharapkanpemerintah dan masyarakat Indonesia dapat bersatu dan bekerjasamauntuk menggapai tujuan yang mulia ini.Maka kami khususnya masyarakat Jawa Barat khususnya di DesaCihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat siap untukberpartisipasi dan melakukan kegiatan tersebut.
II.UPAYA
Melihat hal tersebut di atas, upaya menjaga kelestarian hutan di DesaCihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat siap untukberpartisipasi dengan melakukan gemar menanam dan menjaga hutansangatlah penting. Maka Kelompok Pembibit Bibit Kehutanan DesaCihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat ProvinsiJawa Barat merasa perlu untuk ikut andil dalam menjaga danmelestarikan hutan kita. Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah :
 
Pembibitan bibit kehutanan dan perkebunan, walaupun ini belummemadai (masih dalam jumlah yang kecil).
Mengajak dan memberikan motivasi pada masyarakat sekitar, akanpentingnya menanam pohon yang dapat memberi keuntungan baik darisegi ekonomi maupun dari segi sosial.
Membentuk wadah dengan nama kelompok
Kelompok 
 
MULYA TANI Putri 
dengan maksud untuk lebih mengakrabkan kepada masyarakatdalam melaksanakan kegiatan dengan ikatan silaturahmi penuhpersaudaraan.
III.KENDALA
Dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok
Kelompok MULYA TANI PUTRI 
seiring dengan waktu mengalami perubahan yangpositif, sedikit demi sedikit ada peningkatan dari kegiatan yangdiusahakan. Namun walaupun demikian masih terdapat beberapakendala yang kita dapatkan. Adapun kendala tersebut,diantaranya sbb:
Keterbatasan sarana dan prasarana. Hal ini yang menjadi penentupembibitan sehingga sampai saat ini hanya bisa membibitkan dengan jumlah skala kecil saja, tidak seimbang dengan jumlah bibit yangdibutuhkan masyarakat.
Keterbatasan bimbingan dan informasi. Belum bisa mengakses untukbekerjasama dengan pihak lain yang dapat lebih meningkatkan kamajuankelompok dan masyarakat. 
IV.
 
SOLUSI
Dengan adanya program pemerintah, dalam hal ini KementerianKehutanan Republik Indonesia dengan program Kebun Bibit Raya (KBR)tahun 2011, merupakan salah satu solusi untuk menjaga kelestarianhutan Indonesia khususnya di daerah Kecamatan Parongpong

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
roejack liked this
Badaruddin Ibad liked this
tyox_cupu liked this
Munawwir Taher liked this
Ismail Lutfi liked this
Hermaini Robert liked this
Erigas Ekaputra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->