Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 1 (SBK Kelas 7 (penerbit : Erlangga))

Bab 1 (SBK Kelas 7 (penerbit : Erlangga))

Ratings: (0)|Views: 1,686 |Likes:

More info:

Published by: Sholihatunnisa Nurmaulid on Nov 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2013

pdf

text

original

 
 
 
 1
Beberapa tokoh mengungkapkan pengertian Budaya. Koentjaraningratmenyatakan
Kebudayaan 
berasal dari kata Sansekerta
buddhayah 
, bentuk jamak dari
buddhi 
yang berarti
budi
atau
akal
. Kebudayaan dapat diartikan sebagai hal- hal yang bersangkutan dengan akal. Pendapat lain mengatakan kata budayasebagai suatu perkembangan dari majemuk budidaya, yang berarti
daya daribudi
.Menurut Rapoport, kebudayaan dapat dipandang sebagai latar bagi suatutipe manusia, yang bersifat normatif bagi kelompok tertentu, dan yang melahirkangaya hidup tertentu yang secara tipikal dan bermakna berbeda dengan kelompok lainnya, yang merupakan latar bagi perwujudan kelakuan dan karya manusia, yangmemberikan sumbangan bagi terwujudnya suatu gaya hidup yang memilaikai cirikhas. Sehingga, segala kelakuan dan karya manusianya mencerminkan kebudayaanyang mempengaruhinya.Menurut pendapat penulis, budaya atau kebudayaan dapat diartikan sebagaikeseluruhan pengetahuan, kepercayaan, nilai - nilai yang dimiliki oleh manusiasebagai makhluk sosial; yang isinya adalah perangkat - perangkat modelpengertahuan atau system - system makna yang terjalin secara menyeluruh dalamsymbol - symbol yang ditransmisikan secara historis. Dengan perkataan lain,kebudayaan dapat diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan, kepercayaan, sertanilai - nilai yang dimiliki oleh manusia, dan disebar luaskan secara turun - menurun.Kebudayaan memiliki beberapa unsur yang membentuknya. Ada tujuh unsur kebudayaan yang universal, yaitu: bahasa, sistem pengetahuan, organisasi social,sistem teknologi, sistem ekonomi, sistem religi, dan kesenian. Tiap - tiap unsur kebudayaan tersebut menjelma dalam tiga wujud. Yaitu sebagi: ide, gagasan, nilai,norma, peraturan, dan sebagainya; aktivitas dan tindakkan berpola; serta benda -benda hasil karya.B.
 
Konsep SeniSeni dan kesenian. Kata - kata ini pasti sering kamu ucapkan atau gunakandalam percakapan sehari - hari. Tapi apa arti seni sesungguhnya ?Seni mempunyai pengertian : (1) halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembutdan enak didengar, mungil dan elok; (2) keahlian membuat karya yang bermutu;(3) kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang kesanggupan luar biasa.
 
 2
Seni ialah peniruan alam, sehingga karya seni merupakan tiruan dari bentuk alam seperti manusia, binatang dan tumbuhan.Murid plato ini menggambarkan bahwa peniruan terhadap alam itu harus ideal,serba baik. Misalnya, menggambar bentuk harus yang sempurna, membuatpatung manusia harus yang baik (gagah, bagus, cantik).Kesenian adalah penciptaan wujud - wujud yang merupakan symbol dariperadaban manusia.Seni itu meliputi penciptaan dari segala hal atau benda yang karena keindahanbentuknya orang senang melihatnya atau mendengarnya.Seni ialah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realitas (mencerminkankenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai dayauntuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.Seni itu merupakan perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya danbersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia.Dari pendapat para ahli tentang seni, maka dapat disimpulkan bahwa :
 
Seni merupakan kegiatan ekspresi rohani/jiwa/gagasan/perasaan manusia.
 
Seni merupakan kemahiran/keterampilan/kelakuan manusia yang luar biasa.
 
Seni merupakan penciptaan yang menghasilkan karya.
 
Seni merupakan karya yang memiliki nilai estetis.
 
Seni merupakan karya yang memiliki makna simbolik.Dengan demikian dapat dikatakan, bahwa seni atau kesenian merupakanbagian dari kebudayaan, dalam hal ini diartikan sebagai gagasan manusia yangdiekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan karya yangindah dan bermakna. Wujud kesenian ini terbagi dalam : pengetahuan, gagasan,nilai - nilai yang ada pada pikiran manusia; pola kelakuan tertentu untuk mewujudkan gagasan; dan hasil kelakuan yang berupa karya seni.Ekspresi seni manusia dimuka bumi ini tidaklah seragam. Perbedaan budaya,kondisi social, dan alam sekitar akan membentuk seni yang berbeda. Maka tak heran, keragaman nilai - nilai budaya di nusantara menimbulkaan keseniannusantara.
Kesenian Nusantara
adalah ekspresi gagasan atau perasaan manusiayang berisi nilai - nilai budaya nusantara melalui pola kelakuan yang menghasilkankarya yang bersifat estetis dan bermakna.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anis Bona liked this
Fiana Fransisca liked this
Nurul Amalia liked this
Diedie RadaItem liked this
Afifah Azzahra liked this
Ridwan Zakaria liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->