Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
analisis Michael E Porter

analisis Michael E Porter

Ratings: (0)|Views: 2,353 |Likes:
Published by Bimz Nns

More info:

Published by: Bimz Nns on Nov 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

 
TUGAS TAKE HOME
MANAJEMEN STRATEGI
Oleh :
DEWANDONO BIMO SAKTIH0809024
JURUSAN AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
 
2011
 
Model Lima kekuatan Porter
merupakan kerangka untuk analisisindustri dan pengembangan strategi bisnis yang dikembangkan oleh Michael E.Porter dari Harvard Business School pada 1979. Menggunakan konsep-konseppengembangan, Organisasi Industri ekonomi untuk menurunkan lima kekuatanyang menentukan intensitas kompetitif dan karena itu daya tarik dari pasar.Porter menyatakan bahwa kelima kekuatan bersaing tersebut dapatmengembangkan strategi persaingan dengan mempengaruhi atau mengubahkekuatan tersebut agar dapat memberikan situasi yang menguntungkan bagiperusahaan. Faktor persaingan antar pesaing dalam industri yang sama inilah yangmenjadi sentral kekuatan persaingan.KEKUATAN-KEKUATAN YANG MEMPENGARUHI PERSAINGANINDUSTRIAncaman masuknyapendatang barukekuatan kekuatantawar tawarmenawar menawarAncaman produk atauJasa penggantiSumber : Michael E Porter (1994)
PENDATANGBARUPOTENSIALPERSAINGANINDUSTRIPEMBELIPEMASOKPRODUKPENGGANTI
 
1.
 
Ancaman pendatang baru
pada suatu industri membawa kapasitas baru,keinginan untuk merebut sebagian pasar, serta barangkali juga sumber dayayang besar. Akibatnya harga menjadi turun atau biaya membengkak sehingga mengurangi laba pada perusahaan. Ancaman masuknya pendatangbaru ke dalam industri tergantung pada rintangan masuk yang ada, digabungdengan reaksi para pesaing yang sudah ada yang dapat di perkirakan olehpendatang baru. Jika rintangan masuk besar dan ada perlawanan yang kerasdari pendatang lama, maka ancaman masuknya pendatang baru akan rendah.Sumber utama penghalang masuk bagi pendatang baru seperti :a.
 
Skala ekonomisUntuk pesaing ekonomis yang kecil , pasti mereka akan memerluka biayaproduksi yang relatif lebih besar karena mereka memproduksi persatuan.Sedangkan industri besar mereka memproduksi dengan masal. Untuk para pendatang baru dalam skala ekonomi kecil akan mengalamikesulitan dalam menembus industri besar dan bersaing.b.
 
Diferensiasi produk Differensiasi produk akan menjadi penghambat masuk dengan memaksapendatang baru mengeluarkan biaya yang besar untuk mengatasikesetiaan pelanggan yang sudah ada.c.
 
Kebutuhan modalKebutuhan untuk menanamkan sumberdaya keuangan yang besar agardapat bersaing menciptakan hambatan hambatan masuk, khususnya jikamodal tersebut diperlukan untuk periklanan sebagai garis depan yangtidak dapat kembali atau untuk kegiatan penelitian dan pengembanganyang penuh resiko.d.
 
Biya beralih ke pemasok (switching cost)Hambatan masuk tercipta dengan adanya biaya beralih pemasok yaitubiaya satu kali (one time cost) yang harus dikeluarakan pembeli bilamanaberpindah dari produk pemasok tertentu ke produk pemasok tertentu kepemasok produk lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->