Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permintaan Input Mikroekonomi 2

Permintaan Input Mikroekonomi 2

Ratings: (0)|Views: 2,119 |Likes:
Menjelaskan sub dalam permintaan input yaitu pengertian permintaan input, derived demand, comparative statics of input demand, dan derivasi matematis permintaan input yang disertai contoh soal dan pengerjaannya
Menjelaskan sub dalam permintaan input yaitu pengertian permintaan input, derived demand, comparative statics of input demand, dan derivasi matematis permintaan input yang disertai contoh soal dan pengerjaannya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Andistya Oktaning Listra on Nov 02, 2011
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH MIKROEKONOMI II
PERMINTAAN INPUTDosen : Dr. Multifiah, SE., MS.,KELOMPOK 8 :ANDISTYA OKTANING LISTRA (0910210022)MATELDA FABRIANA (0910213096)WINDY SEPTYA A.P (0910213127)
1
 
1.1LATAR BELAKANG
Kegiatan ekonomi yang dilakukan antar pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian, yaitu antara rumah tangga dan perusahaan melalui pasar input (faktor  produksi) dan pasar output (produk barang dan jasa). Pasar output, bertindak sebagai penjual output adalah perusahaan dan sebagai pembeli output adalah rumah tangga.Pada pasar input, bertindak sebagai penjual input adalah rumah tangga dan sebagai pembeli input adalah perusahaan. Adapun hal utama yang harus diperhatikan dari permintan input, adalah dua sifat khusus yaitu :1.Sifat saling ketergantungan antar input yang satu dengan input lainnya. Berasaldari kenyataan teknologis, bahwa input biasanya tidak bekerja sendiri yangmerupakan permintaan turunan (derived demand) dari permintaan output yangdapat dihasilkan oleh input tersebut.2.Bagaimana perusahaan berusaha memaksimalkan laba dengan menentukankombinasi input yang optimal yang memungkinkan penjelasan mengenai kurva permintaan input itu sendiri.
1.2
PILIHAN PERUSAHAAN DI PASAR INPUT
Sesuai dengan gambar diatas maka alur pilihan perusahaan di pasar input dimulaidari rumah tangga dimana akhirnya menawarkan beberapa tenaga kerja di pasar tenagakerja. Dalam hal ini, jumlah tenaga kerja yang ditawarkan biasanya sesuai dengan permintaan tenaga kerja yang dibutuhkan di perusahaan. Begitu pula dengan analisisimbalan yang akan diterima rumah tangga, pendapatan yang di terima oleh rumahtangga tergantung jenis input yang ditawarkan oleh rumah tangga kepada perusahaan.Besar kecilnya pendapatan dari rumah tangga tergantung harga dan jumlah masing-masing input yang digunakan oleh perusahaan.
2
 
1.2
1.3ANALISIS MANFAAT PERMINTAAN INPUT
Manfaat dalam input sendiri bagi perusahaan dan imbalan apa yang akan diterimarumah tangga, jelas sekali nampak pada gambar diatas. Ditunjukkan bahwa perusahaanakan memanfaatkan input tersebut untuk kebutuhannya dalam rangka kegiatan produksimenghasilkan produk yang serupa dengan barang dan jasa.Analisis manfaat input bagi perusahaan, apabila sektor perusahaan mampumenggunakan kombinasi inputnya secara efisien maka produsen akan mengeluarkan biaya produksi yanng lebih murah dan apabila biaya produksinya lebih murah maka perusahaan akan memiliki daya saing yang kuat dan lebih unggul dari pada sektor  perusahaan lain yang tidak mampu menggunakan kombinasi inputnya secara tidak efisien.
1.4DERIVED DEMAND
Permintaan terhadap input merupakan permintaan turunan (derived demand).Artinya, permintaan perusahaan untuk sebuah faktor produksi diturunkan dari keputusan perusahaan tersebut untuk menawarkan barang di pasar yang lain, sebagai contoh permintaan untuk hardware computer tidak dapat dipisahkan dari penawaran softwarecomputer, dan permintaan untuk karyawan SPBU tidak dapat dipisahkan dari penawaran bensin.Input dibutuhkan dalam perusahaan, karena perusahaan dalam melakukankegiatan produksinya menghasilkan output yang berupa barang dan jasa. Input-inputsangat dibutuhkan sebagai langkah awal dalam pelaksanaan output, input yang baik akan menghasilkan output yang baik pula kualitasnya. Sehingga input sangat diperlukanoleh perusahaan sesuai jenis output apa yang ingin mereka hasilkan.
3

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
carrony liked this
Qorry Husein liked this
Vendre Virgorita liked this
diah_larasati_2 liked this
Ariesta Viyu liked this
Zaid Barca liked this
Fathia Setia liked this
Rthudy Fast liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->